Penghasilan Rp2,1 Juta Wajib Zakat

Sabtu, 28 Maret 2009
BATAM (BP) – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pengelolaan Zakat akhirnya disahkan menjadi Peraturan Daerah (Perda), Jumat (27/3) kemarin.
Kepala Kantor Departeman Agama (Depag) Kota Batam Khudri Syam menyatakan dalam Perda ini diatur, warga yang memiliki penghasilan minimal Rp2,1 juta per bulan dan Rp15 juta setahun, wajib membayar pajak.
Menurut Khudri, zakat warga akan dikelola oleh Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat, maupun lembaga zakat lainnya yang ada di Batam. Semua dana yang terhimpun dari pemberi zakat tersebut akan dipertanggungjawabkan ke Pemko dan DPRD Batam, serta diaudit.

Dana tersebut, katanya, akan diberikan kepada pihak yang berhak menerima dengan tujuan mengentaskan kemiskinan. Banyak program bisa diperbuat dari zakat yang ditarik dari 440 ribu jiwa warga Batam yang wajib mengeluarkan zakat.
”Perda Zakat ini sebenarnya sudah diusulkan 10 tahun yang lalu dan baru sekarang terialisasi. Ini kado istimewa dari Dewan saat ini,” katanya, usai sidang paripurna pengesahan Ranperda Pengelolaan Zakat ini disahkan menjadi Perda, kemarin.
Dua Fraksi Menolak

Pengesahan Perda Pengelolaan Zakat ini, kemarin, dilakukan melalui voting karena ada dua fraksi yang menolak. Dua fraksi yang menolak ini, yaitu Fraksi Aliansi Nasional (F-AN) dan Fraksi Partai Damai Sejahtera (F-PDS). Sedangkan tujuh fraksi lainnya seperti F-PDIP, F-PKS, F-PAN, F-Golkar, F-PPP Plus, F-Demokrat dan F-PKB, menerima. Saat voting, dari 35 anggota dewan yang hadir, 31 orang menyatakan menyetujui. Sedangkan empat orang anggota dewan, Onward C Siahaan (Partai Pelopor), Johanes (PIB), Rinaldi (PDS), dan Rinoto Wijaya (PDS) tetap menolak. Setelah sebagian besar menyetujui, Ketua DPRD Kota Batam Soerya langsung mengetuk palu sebagai tanda disahkannya Ranperda Pengelolaan Zakat menjadi Perda. Teriakkan ”Allahu Akbar” pun menggema di dalam ruang paripurna. Wali Kota Batam Ahmad Dahlan, Wakil Wali Kota Ria Saptarika yang hadir terlihat senang dengan disahkan perda tersebut.

Ahmad Dahlan mengaku bersyukur atas disahkannya Perda tersebut. “Diharapkan bisa meningkatkan kemakmuran umat Islam dan warga Batam pada umumnya,” kata Dahlan. (rob)

About these ads

2 thoughts on “Penghasilan Rp2,1 Juta Wajib Zakat

  1. saya setuju pa’ dengan program itu. tapi saya belum ada dua juta gmana ya..?
    ———-
    Subhanallah, luar biasa!
    Semoga Allah memberkahi anda.

    Tapi memang Zakat itu punya nisab dan takarannya, kecuali Infaq.
    Jadi anda sebaiknya mengkonsultasikan kepada BAZ atau LAZ yg ada.
    demikian & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s