Batam Kekurangan Tenaga Guru

Sabtu, 22 September 2007
Ria: Cari Celah Angkat Guru Honor
BATAM (BP) –
Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan, banyak sekolah yang kekurangan tenaga pengajar, sehingga masih banyak juga guru yang mengajar dua rombongan belajar secara bersamaan. Parahnya, dua rombongan belajar itu dididik dalam satu ruangan. Misalnya Sekolah D, Guruasar 002 Tanjungpiayu Laut.

“Ini memang yang menjadi kelemahan kita dan bahkan jadi bahan perhatian kita ke depan. Karenanya ke depan Pemerintah Kota Batam mengadakan proyek multiyears. Sehingga ke depan kita tidak lagi disibukkan ini, dari segi phisik,” ujar Ir Ria Saptarika, usai acara serah terima jabatan Danyonif 134 TS di Mako Danyonif 134/TS Barelang, Tembesi, Rabu (19/9).

Ria Saptarika berharap proyek phisik itu bisa diselesaikan dengan cepat dan baik. Wawako juga juga menekankan tidak hanya proyek phisik, melainkan proyek pengadaan guru. Menurut Wawako, guru memang masalah nasional. “Karena memang porsinya terbatas,” tukasnya.

Terbatasnya porsi guru, sehingga menyebabkan daerah kekurangan tenaga pengajar termasuk Batam. Solusinya, lanjut Ria, di interen Pemko saat ini sedang sedang mencari cara lain menyelesaikan masalah itu. Sekarang kata Ria ada muncul wacana pemberian insentif kepada guru komite. Sebab dilapangan pendidikan Batam sangat banyak di bantu guru komite.

“Sekarang ini kita sedang mencari celah bagaimana guru komite ini sekurang-kurangnnya jadi guru honor daerah. Sebab untuk pengangkatan jadi guru honor sudah ditutup secara nasional,” ungkapnya.
Menurutnya, sekarang ini guru di sekolah-sekolah kebanyakan di bantu guru honor dan komite. Di setiap sekolah guru berstatus pegawai negeri sipil (PNS) paling banyak hanya lima orang. “Sisanya hanya guru komite dan honor. Kekurangan guru kita sekarang 50 persen dari total guru di Batam,” katanya.

Melihat minimnya jumlah guru di Batam, mestinya salah satu prioritas penerimaan PNS harus guru. Tapi persoalannya penentuan itu dari pusat. “Kalau bisa berharap media bisa membantu memberikan gambaran Batam kekurangan guru,” ujarnya.(ray)

dari Batampos

16 thoughts on “Batam Kekurangan Tenaga Guru

  1. Assalamualaikum,
    pak ria gimana khabarnya…mudah2an sekeluarga dalam keadaan sehat dan selalu dalam lindungan Allah…kita dulu pernah bertemu sewaktu ada acara jlan santai di lapangan engku putri bersama anggota PKS…tapi mungkin bapak gak ingat saya dudun tinggal disekupang, bukit tiban permai….langsung aja ya pak begini ceritanya saya mau nanya, adik saya bernama dana sun dana dia salah seorang guru honor komite dipulau ngenang dan alhamdulillah tahun ini dia lulus PGSD DII dari UT dan sudah mengabdi selama 6 tahun apakah ada harapan untuk adik saya diangkat untuk menjadi Guru honor daerah atau PNS sebelum dan sesudahnya terimakasih…Wassalam

  2. pak ria, kalau memang batam kekurangan guru kenapa tidak dibuat saja penerimaan guru khusus, melalui PEMKO atau melaui dinas Tenaga Kerja, Terus terang Saya seorang guru musik kesenian di batam tapi sampai saat ini belum ada saya lihat atau saya dengar penerimaan guru CPNS di bidang kualifikasi musik atau kesenian. mohon jawaban dan tindak lanjutnya
    terimakasih
    ——–
    Hi Pak Ronapol vinsensius SSn, Terimakasih atas comment dan pertanyaannya.
    Masalah inilah yang sedang kita bahas bahkan kami minta kepada Gubernur untuk juga mengambil sikap Inisiatif daerah… karena masalah guru ini sudah sangat mendesak… dan kita memang masih sangat kekeurangan gur… tapi memang rekrutment itu sangat di tentukan oleh pemerintah pusat… makanya sedang diusahakan untuk mencari celah hukum sehingga kita diberikan kesempatan untuk melakukannya di daerah dan tentuanya dengan melibatkan Provinsi.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. pak Ria
    bagaimana cara pak ria saptarika untuk mengklarifikasi permasalahan insentif guru yang seakan-akan dipermainkan oleh fihak-fihak tertentu khususnya fihak sekolah. apakah pemeriksaan tersebut hanya berhenti di laporan kepala sekolah atau kah ada inspeksi mendadak tentang pencairan dana insentif guru ke sekolah-sekolah? mohon segera di perhatikan permasalahan ini, karena ini menyangkut kesejahteraan pahlawan tanda jasa yang belum di sejahterakan.
    ————
    Hi Pak Ronapol, Tereimakasih atas comment dan laporannya.
    Saya tunggu info detilnya so… lebih baik masalah ini di bicarakan secara tatap muka… silahkan datang ke Kantor.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. saya sarjana kimia dari Universitas Indonesia lulusan tahun 1996. Lahir di Majalengka 2 Oktober 1970. Saya sudah 10 tahun wiraswasta, sekarang mau coba lagi cari kerja buat cari modal pengembangan usaha Pak. Barangkali di Batam ada lowongan buat orang seperti saya. Jadi guru juga boleh. Yang penting kan halal ya Pak. Kenapa saya tidak mau lama-lam di Batam, karena takut membebani Batam. DI lain pihak saya juga ingin mengembangkan daerah saya. Terimakasih Pak.
    ——–
    Hi Mas Syukru,
    Kalau anda berada di Batam sebenarnya anda bisa melakukan melamar sendiri, sebab di Batam seingat saya banyak sekolah swasta yg setiap tahun membutuhkan tenaga guru.

    Demikian infonya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. saya sarjana kimia lulusan UI 1996. lahir majalengka 2 Oktober 1970. Barangkali ada lowongan buat saya di Batam Pak RIa? Terimakasih sebelumnya
    ———-
    Hi Mas Syukur, Terimkasih atas kunjungan dan commentnya.
    Btw: Anda bisa coba melalui salah link ini: http://www.batamjobs.net/

    Adapun secara annually Pemko Batam selalu mengadakan Bursa Kerja di setiap awal bulan Agustus setiap tahun, sedangkan tahun 2008 lalu dilakasanankan pada tanggal 5-7 Agustus 2008.

    Demikian semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. Assalamu’alaikum. wr. wb
    saya lulusan S. 1 Fakultas Tarbiyah jurusan Pendidikan Agama islam. dapatkan Bapak membantu saya untuk mencari peluang mengajar di kepulauan Batam. sebagai petimbangan pengalaman mengajar kurang lebih sudah 10 tahun, terima kasih wasaalam.
    ———-
    Hi Pak Salim,
    Terimakasih atas comment nya.
    Sebenarnya memang Batam masih memerlukan banyak guru, namun jika melamarnya ke pemerintah daerah maka jalurnya adalah melalui test cpns yg dilakukan setahun sekali biasanya sekitar bulan november, silahkan saja ikuti perkembangannya di media masukkan lamaran ke BKD Pemko Batam.

    demikian semoga bermanfaat.
    Wassalam
    Ria

  7. Malam pak Walikota.Saya alumni UNIMED TEK. ELEKTRO 2002.Apakah saya bisa mengikuti tes CPNS Batam bidang Matematika.Selama ini saya bertugas mengajarkan Bidang Matematika SMK dan Privat Matematika SD dan SMP.Apa persyaratan yang harus saya perlengkapi agar saya bisa mengikuti testr CPNS tersebut?
    ——-
    Hi Pak Efendi,
    Biasanya untuk formasi penerimaan CPNS Guru, harus menggunakan certifikat/ijazah keguruan atau Akta IV, karena itu merupakan peraturan dari menpan, maka kami tidak boleh menyalahinya karena merekalah yg kelak membuatkan NIP.

    Walaupun kami tidak menyangsikan kemampuan anda dan umumnya lulusan Fakultas/Jurusan Eksakta seperti anda.

    Semoga diwaktu mendatang ada kemudahan untuk itu.

    Demikian harap maklum.
    Wassalam
    Ria

  8. kapan insentif guru Kepri periode Jan – April 2009 dicairkan?
    ————-
    Akan kami tanyakan ke Provinsi.
    Wassalam

  9. Malam pak Walikota.Saya alumni UNIMED TEK. ELEKTRO 2002.Apakah saya bisa mengikuti tes CPNS Batam bidang Matematika.Selama ini saya bertugas mengajarkan Bidang Matematika SMK di salah satu SMK swasta di Batam dan Privat Matematika SD dan SMP.Apa persyaratan yang harus saya perlengkapi agar saya bisa mengikuti test CPNS tersebut? Terima kasih banyak.
    ———
    Hi Pak Efendi,
    Biasanya untuk formasi penerimaan CPNS Guru, harus menggunakan certifikat/ijazah keguruan atau Akta IV, karena itu merupakan peraturan dari menpan, maka kami tidak boleh menyalahinya karena merekalah yg kelak membuatkan NIP.

    Walaupun kami tidak menyangsikan kemampuan anda dan umumnya lulusan Fakultas/Jurusan Eksakta seperti anda.

    Semoga diwaktu mendatang ada kemudahan untuk itu.

    Demikian harap maklum.
    Wassalam
    Ria

  10. salam sejahtera pak Ria. Saya salah satu guru di SMK Swasta di Batam.Saya mau tanya syarat mengikuti invassing guru dan apa saja syarat yang harus saya perlengkapi dan apa saja yang akan menjadi kelebihan yang saya dapatkan setelah lolos invassing tersebut. Terima kasih.
    ———-
    Hi Pak Efendi,
    Saya kira syaratnya masih standard, kami belum bisa mempublikasikannya, biasanya penerimaan CPNS itu sekitar bulan Oktober.
    Anda mungkin dapat mempersiapkan syarat sebagaimana tahun lalu.
    Demikaian & Wassalam
    Ria

    Ria

  11. Salam Sejahtera pak Ria. Saya mau tanya pak. Apakah saya bisa melampirkan pengalaman mengajar yang saya miliki dari luar kota Batam saat mengikuti penerimaan CPNS dan sertifikasi guru di PEMKO BATAM.Saya pernah mengajar selama dua tahun sebagai guru Bantu di Pemkab Samosir tahun 2003 – 2005 berdasarkan SK Mendiknas tahun 2003.Apakah SK mengajar tersebut bisa digunakan di wilayah PEMKO BATAM.Terima kasih,pak.
    ———-
    Hi Pak Efendi,
    Tentu saja bisa, sejauh persyaratan lainnya anda miliki pada penerimaan PNS 2009 mendatang anda bisa saja mendaftar dan semoga sukses.
    Wassalam
    Ria

  12. assalammualaikum.wr.wb bpk wawako batam,,sya seorang mahasiswi di salah satu perguruan tinggi islam di batm,,saya ingin menanyakan apkah tidak ada kesempatan buat mahasiswi untuk menjadi guru honorar di salah satu sekolah negeri dibatam,trima kasih atas perhatian bapak.
    wssalamualaikum.wr.wb

  13. As pak saya Asep Setia Nugraha dari Jakarta lulusan S1 PAI Akta IV saya mau membantu kekurangan guru PAI di batam apakah ada kesempatan dan sekolah mana yang kekurangan guru PAI mohon infonya terima kasih Ws.

  14. selamat siang !
    baru-baru ini saya baca di koran bahwa di daerah pesisir Batam kekurangan banyak guru.
    saya tertarik untuk mengajar disana. akan tetapi saya tidak tahu dimana lokasi itu tepatnya. saat ini saya tinggal di medan.
    saya lulusan dari UNIMED 2010, jurusan pendidikan sejarah.
    saat ini saya menagajar di BIMBEL dan private bhs inggris untuk anak SMP dan juga SMA.
    here is my phone number : 085275214704, hope that I will be useful for this state. thanks before

  15. ass , semoga pak Ria sekeluarga dalam lindungan-Nya… Pak….apakah ada lowongan guru IPS tingkat SMP buat suami saya….kebetulan suami saya sudah sertifikasi dari Pekanbaru dan udah belasan tahun mengajar …berhubung sesuatu hal…saya dan keluarga pindah ke kota batam…..jadi mohon pak bantuannya….suami saya cukup berpengalaman dalam dunia pendidikan…..wassalam…

  16. selamat siang ,saya mau melamar menjadi guru d kepri gmana caranya, kebetulan saya masih aktip menjasi guru honor d sd d medan, apakah saya bs d bantu menjasi guru d kepri, makasi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.