Warga Masih Enggan Isi Blanko

Rabu, 24 Oktober 2007
BATAM (BP) – Program pemerintah untuk mengakuratkan data penduduk di Kota Batam terus menemui kendala. Kendala itu datang dari masyarakatnya sendiri, yang enggan mengisi blanko Sistem Informasi dan Administrasi Kependudukan (SIAK) Plus yang dibagikan lewat ketua RT/RW yang ada.“Sebagian warga masih enggan mengisinya,” ujar Lurah Tembesi, Drs Tukijan, menirukan jawaban warga ketika blanko itu dibagikan, di ruang kerjanya, Selasa (23/10) kemarin siang.
Dikatakan Tukijan, warga justru bertanya buat apa pendataan itu. “Tak perlu banyak-banyak pendataan,” tambah Tukijan menirukan kembali ucapan warganya.
Untuk Kelurahan Tembesi, Kecamatan Sagulung pihaknya menemukan sebanyak 17 kepala keluarga yang tidak mau mengisi blanko. Selain enggan mengisi, sebagian warga masih ada yang belum mengembalikan blanko pada masing-masing RT/RW.
“Masih belum pulang mudik Lebaran, dan RT/RW juga masih mudik,” tambah salah seorang Ketua RW di Sagulung, Rusdianto Tanjung pada Camat Sagulung.
Blanko itu juga menuai beberapa protes, yakni kurangnya nama suku yang tercantum di blanko. Mendapat protes ini, Camat Sagulung, Zulkifli meminta agar dibuat surat pernyataan dari Dinas Kependudukan Kota Batam. “Kita sudah sampaikan hal ini kepada kepala dinas pendudukan (Sadri, red) dan masukan itu ditampung,” katanya.
Meski ada yang engga mengisi, namun sekitar 60 persen sudah mengembalikan blanko berisi lengkap data-data itu. Awal November blanko yang diprediksikan mencapai 90 persen itu sudah harus tiba di kantor camat dan selanjutnya diserahkan ke Dinas Kependudukan.

“Melalui data ini maka validasi jumlah penduduk Batam sudah bisa lebih akurat,” tukasnya.
Tentu, validasi ini juga bermanfaat untuk pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) ke depannya. Sebab dalam blanko sudah lengkap kolom yang untuk diisi. Dengan info itu pemerintah tentu ke depannya bisa mengalokasi dana untuk programnya dengan tepat dan akurat. (ray)

Advertisements

2 thoughts on “Warga Masih Enggan Isi Blanko

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s