Program Sudah Diusulkan, Laporan Reses Baru Dibuat.

Jumat, 26 Oktober 2007
BATAM CENTRE-Setelah sebulan Pemko Batam menyerahkan usulan kegiatan APBD 2008 kepada DPRD, Senin (24/10) lalu, ternyata hasil reses anggota dewan baru dilaporkan, Kamis (25/10) kemarin. Ironisnya anggota dewan jusru meminta hasil reses itu dimasukkan kedalam usulan kegiatan APBD 2008, padahal Pemko sudah menyerahkan usulan yang saat ini justru sedang dibahas di DPRD Kota Batam. Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika ketika ditemui usai sidang paripurna tentang laporan hasil reses angota dewan, kemarin enggan menyalahkan DPRD Kota Batam.“Wah, untuk masalah ini, saya no comment dululah,” kata Ria dengan wajah ragu.

Namun karena terus didesak wartawan, akhirnya Ria terpaksa mengaku bahwa penyampaian laporan hasil reses sebaiknya sebelum Pemko menyampaikan usulan program kegiatan APBD 2008 ke dewan. Pasalnya laporan hasil reses itulah yang nantinya akan dibuat sebagai usulan. Namun Pemko tidak bisa berbuat apa-apa sebab yang menyusun jadwalnya ada di DPRD Kota Batam.

“Memang seharusnya ada hal yang harus diatur dalam mekanisme,”katanya.

Ria juga mengaku bingung, sebab hampir setiap fraksi meminta Pemko menindak lanjuti hasil reses mereka kedalam usulan APBD. Namun disisi lain justru DPRD menuntut mereka untuk secepatnya menyerahkan usulan kegiatan. Padahal kedua duanya merupakan hal kontradiktif,sebab mekanismenya terbalik.

“Ini kontradiktif, satu sisi kita ditekan untuk secepatnya menyerahkan usulan APBD 2008 tapi disatu sisi kita diminta untuk memasukkan usulan program kegiatan,” kata Ria dengan mimik serba salah.

Sementara itu, Ketua Panita Musyawarah , Chablullah Wibisono yang bertanggungjawab menyusun seluruh jadwal kegiatan di DPRD Kota Batam menjelaskan bahwa tidak menjadi persoalan sekiranya usulan APBD disampaikan terlebih dahulu dibanding dengan hasil reses.Sebab dalam menyusun program kegiatan, pemerintah Kota Batam merujuk pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).

Sehingga pembangunan berjalan tidak secara sporadis, tatapi berjalan secara terencana dan terarah. Selain itu juga disebutkan bahwa pembangunan yang ada juga harus mengacu dari aturan pemerintah pusat. Masukan dari masyarakat juga penting, kata Chablullah, hanya saja, tidak setiap masukan itu dapat diakomodir. Apalagi selain reses Pemko juga menyelenggarakan Musrenbang yang dimulai dari tingkat kecamatan sampai Kota, hal itu juga sebenarnya untuk menyerap masukan dari masyarakat.

Keluhan Masyarakat
==============
Dalam laporan yang yang dibuat delapan fraksi minus fraksi PKB, sebab tidak seorangpun utusan PKB yang hadir, secara umum tiap fraksi bercerita tentang keluhan masyarakat yang mereka terima. Misalnya menyangkut banjir yang tidak selesai-selesai. Terutama dikawasan Batu Aji dan sekupang. Masyarakat disebutkan pesimis Walikota dapat menyelesaikan masalah banjir dalam waktu dekat ini. Selain itu masyarakat juga mengeluhkan banyaknya jalan yang rusak dan berlobang. Hal ini diperparah dengan tidak adanya penerangan jalan, terutama di daerah pinggiran.

Sementara di bidang Pendidikan, banyak orang tua yang mengadukan anak mereka tidak tertampung terutama di tingkat Sekolah Dasar (SD). Hal itu disebabkan sekolah yang ada tidak mampu menampung jumlah anak yang mendaftar. Disebutkan juga banyak pungutan yang memberatkan masih terjadi di sekolah-sekolah dengan alasan uang kursi, uang buku masih uang seragam serta sederet nomenklatur lainnya.

Selain itu, dibidang kesehatan keluhan muncul akibat menurunnya kualitas pelayanan di Puskesmas. Pelayana Askeskin juga tidak memuaskan bahkan ada yang mengaku RSUD menolak kartu Askeskin. Pelayana KTP juga disebutkan masih menjadi kendala sebab pengurusannya masih memakan waktu yang lama. (sm/uj)

Sumber:Sijorimandiri

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s