Warga Protes Dinas Kependudukan

Jumat, 26 Oktober 2007
Pertanyakan Blanko Validasi
SEKUPANG – Khawatir tidak terdaftar sebagai penduduk Batam, Rasyid dan Ahmadi, dua orang warga dari dua kecamatan berbeda protes ke Dinas Kependudukan Kota Batam di Sekupang kemarin. Mereka mempertanyakan kenapa sampai saat ini dirinya belum mendapat blanko validasi, sementara warga lain sudah memperolehnya.Rasyid warga Batam Centre sengaja datang ke Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil dan KB, untuk mencari tahu persoalan yang terjadi, sehingga dirinya sampai saat ini belum mendapatkan blanko validasi data kependudukan. Padahal di tempatnya, sudah sebahagian warga dibagikan blanko dari RT.

“Saya belum dapat blanko Bang, padahal warga di kecamatan lain sudah pada dapat. Malah sudah ada yang mengembalikan,” ujar Rasyid

Senada dengan Rasyid, Ahmadi warga Kecamatan Lubuk Baja juga mengaku belum mendapat blanko tersebut. Dia juga mempertanyakan, kenapa belum menerimanya. Dia takut kalau sewaktu-waktu pemerintah akan mengusir dirinya dari Batam, jika tidak mengisi blanko tersebut

Kepala Bidang Pengendalian Penduduk Capil dan KB Kota Batam, Ruslan yang menjumpai kedua warga mengakui, kalau di dua kecamatan tersebut belum sepenuhnya mendapatkan blanko. Dalam pendistribusiannya, pihaknya hanya memberikan sesuai jumlah data kepala keluarga (KK) yang dilaporkan pihak kecamatan bersangkutan.

Menurutnya, tidak hanya di dua kecamatan tadi saja yang kekurangan blanko, akan tetapi hampir di setiap kecamatan juga sama. Namun Ruslan menegaskan blanko itu masih cukup tersedia banyak dan masyarakat tidak perlu khwatir.

“Ya kalau pihak kecamatan mintanya 2.000 blanko, kita akan salurkan, tapi toh ternyata setelah dibagikan ada kekurangan itu bukan salah kita. Tapi coba tanya ke kecamatannya, ” ungkap Ruslan.

Dijelaskannya, memang pengisian blanko validasi data tersebut sangat penting bagi masyarakat, namun bagi yang tidak mengembalikan blanko tersebut tidak akan diberi sanksi apa-apa. Akan tetapi nantinya secara otomatis masyarakat itu sendiri yang akan rugi.

Menurutnya, selain untuk pendataan penduduk Siak Plus, blanko itu juga berguna untuk pendataan hak pilih mereka, baik dalam Pilkada ataupun Pemilu DPR dan Presiden.

Dan batas waktu pengembalian blanko itu sendiri menurut jadwal akan berakhir pada tanggal 31 Oktober mendatang. Namun menurutnya hal tersebut tidaklah mutlak, ini berarti masih ada tenggang waktu pengembaliannya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat jangan khawatir apabila belum mendapat blanko. Dalam waktu dekat semua masyarakat yang sudah terdaftar di kecamatan akan mendapatkan blanko tersebut.

“Sebaiknya masyarakat jangan khawatir dan memang sebaiknya mengisi blanko tersebut, agar hak pilihnya juga tidak dibaikan,” katanya. (sm/10)

One thought on “Warga Protes Dinas Kependudukan

  1. Apakah pembuatan akte kelahiran yang sudah diajukan dan kita batalkan kepengurusannya maka uang yang sudah kita setorkan tidak bisa kembali?Saya sudah mengajukan selama >2 bulan tetapi tidak selesai juga?Bagaimana ini ? Apa perlu saya publikasikan di koran,televisi dan radio ?tolong berikan lasan yang jelas dan jangan berbelit-belit saya sudah muuuaaaakkkk dengan jawaban selama ini.Saya akan menunggu selama 1 minggu untuk direspon. Jika tidak tidak saya juga tidak segan untuk mempermasalahkan hal ini!!!!
    ——–
    Ibu Wati sabar ya, ngak baik emosional begitu… sy yakin ini bukan ucapan dari hati bu Wati sendiri.., Sy Do’a kan Semoga permasalahan ibu sgr selesai…
    Tapi perlu sy jelaskan bahwa Akte Kelahiran di Batam sebenarnya sdh Gratis…!! jadi sy akak heran… ibu membayar kpd siapa?
    Coba ibu lengkapi datanya, temui sy di Kantor, biar nanti sy bantu.

    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s