BUMD Kembali Jadi Sorotan

Selasa, 13 November 2007
BATAM (BP) – Kiprah Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Batam atau PT Pembangunan Batam kembali disorot. Pasalnya, setelah tahun ini tak terdengar kiprahnya, tahun 2008 BUMD tersebut juga sama sekali tak masuk dalam institusi yang memberi sumbangsih pada penerimaan APBD Batam 2008.Ketua Fraksi PKB DPRD Batam Tarmani mempertanyakan komitmen Pemko Batam dalam menghidupkan kembali BUMD tersebut. Dalam kondisi APBD yang terpuruk, kata Tarmani, BUMD harus dimaksimalkan. “Atau kalau memang tak dibutuhkan, bubarkan saja,” katanya.
Ketua Fraksi PDS Reinhard Hutabarat juga menyentil hal yang sama. “BUMD harus diaktifkan dan digerakkan untuk menjadi penghasil PAD,” kata Reinhard.
Menanggapi sorotan ini, Wakil Wali Kota Ria Saptarika terlihat hati-hati. Ia memilih tersenyum. “Masih dalam evaluasi,” katanya.
Sebelumnya, sempat terjadi perbedaan pandangan soal BUMD itu antara Ria Saptarika dan Wali Kota Ahmad Dahlan. Ria mengatakan, direksi BUMD yang dipimpin Hari Basuki gagal dan harus diganti.
Namun kemudian, Dahlan mengatakan, keberadaan PT Pembangunan Batam termasuk Hari Basuki masih dalam evaluasi. “Evaluasinya belum selesai. Masih dalam proses,” kata Dahlan.
Jika merujuk pada Perda Nomor 1 Tahun 2002 tentang BUMD Kota Batam, BUMD didirikan dengan tujuan meningkatkan PAD, berperan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, memperluas pemerataan pembangunan dan hasil-hasilnya termasuk memperluas kesempatan berusaha dan lapangan kerja.
Bidang usaha yang bisa dilakukan PT Pembangunan Batam, ruang lingkup usahanya cukup banyak. Seperti perdagangan umum, pertambangan, pertanian, pariwisata, kepelabuhanan, transportasi, pembangkit listrik, perumahan dan keuangan. (med)

2 thoughts on “BUMD Kembali Jadi Sorotan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s