Dewan Setuju Airport Tax Rp25 Ribu

Rabu, 14 November 2007
BATAM CENTRE-Kalangan anggota DPRD Kota Batam sepakat jika pajak penumpang bandara (airport tax) dinaikkan dari Rp13.000 menjadi Rp25.000. Menurut mereka hal itu tidak terlalu memberatkan masyarakat sebab penumpang pesawat biasanya berasal dari kalangan menengah atas.“Menurut saya kenaikan menjadi Rp25 ribu itu wajar.Bahkan bisa lebih atas lagi, coba bandingkan dengan daerah lain. Saat ini dengan airport tax Rp13 ribu saja, kita yang termurah se Indonesia. Menurut saya ini tidak akan terlalu memberatkan masyarakat. Apalagi mereka yang menggunakan jasa pesawat biasanya dari golongan tertentu, tidak semua golongan masyarakat,” ujar anggota Fraksi Demokrat, Bastoni Solihin saat dimintai pendapatnya tentang rencana Pemerintah Kota (Pemko) Batam dan Otorita Batam (OB) menaikkan airport tax.

Apalagi, kata Bastoni, dibandingkan dengan bandara lain, maka bandara Hangnadim termasuk bandara kelas Internasional, sehingga angka Rp25 ribu itu menjadi relatif. Di mana-mana kata Bastoni orang sudah tahu bahwa pajak penumpang bandara selalu diatas Rp25 ribu.

“Langkah menaikkan ini bukan sekedar upaya Pemko untuk meningkatkan PAD Batam saja, tetapi lebih dari itu, kita juga ingin meningkatkan pelayanan dan pemeliharaan Bandara. Jadi, angka Rp13 ribu itu tidak cukup untuk merawat bandara, sehingga kita tidak semena-menan menaikkan tapi juga diikuti dengan peningkatan pelayanan,” ujarnya lagi.

Pendapat yang sama juga disampaikan H Irwansyah dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Bahkan Ketua DPC PPP ini menilai seharusnya kenaikan itu tidak Rp25 ribu tetapi Rp35 ribu. Hal itu didasarkan bahwa rata-rata penumpang pesawat berasal dari golongan menengah dan atas.

“Tidak, tidak, kenaikan itu tidak memberatkan masyarakat sebab yang naik pesawat itu kan ada kelasnya,” kata adik ipar Ria Saptarika, Wakil Walikota Batam ini.

Justru angka Rp25 ribu menurutnya merupakan opsi yang sangat akomodatif, sebab di berbagai daerah sudah menerapkan antara Rp30 ribu sampai Rp35 ribu. Bahkan sebut Irwansyah lagi, Bandara Cengkareng sedang mengusulkan agar kenaikan airpor tax menjadi Rp60 ribu.

Berapa pendapatan Batam jika tarif dinaikkan? Menurut Irwansyah dia belum mengatahui formulasi pastinya, namun dari apa yang didengarnya sementara ini, jika airport tax naik menjadi Rp30 ribu, Batam kebagian Rp10 ribu.Namun jika tarifnya hanya Rp25 ribu, kemungkinan Batam akan mendapatkan Rp7 ribu.

“Untuk mengetahui berapa total pendapatan yang akan didapat Batam selama setahun, kita tinggal kalikan saja berapa jumlah penumpang selama setahun. Saya sendiri belum punya data yang cukup valid tentang itu, nanti kalau rencana ini memang berjalan lancar semuanya dapat kita prediksikan,” pungkasnya.

Dishub Belum Tahu

Meski rencana kenaikan airport tax bandara diberlakukan OB akhir tahun 2007 dan secara lisan sudah disetujui Pemko Batam, namun hingga kini Dinas Perhubungan (Dishub) belum mengetahui jumlah pasti yang akan didapat Pemko untuk menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) Batam.

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Batam, M Yazid mengatakan selama ini Pemko tidak pernah mendapatkan kontribusi sedikitpun dari pungutan sebesar Rp13 ribu yang dilakukan pihak bandara. Namun demikian saat ini, pihaknya tengah membicarakan dengan instansi terkait akan rencana dan berapa kontribusi yang akan didapatkan dari kenaikan tersebut.

“Kita belum bisa mengatakan berapa berapa persen,Pemko mendapat dari kenaikan ini, kami sedang membicarakannya dengan pihak terkait,” ujarnya.

Sebelumnya kenaikan airport tax ini dinilai Wali Kota Batam, Ahmad Dahlan merupakan hal yang wajar. Sebab tarif yang ada saat ini merupakan harga terendah dibandingkan airport sekelas bandara Hangnadim di Indonesia. Rencana kenaikan yang telah diusulkan oleh OB sejak tiga tahun lalu ini sudah disetujui oleh Departemen Perhubungan (Dephub) RI dan akan diberlakukan akhir tahun 2007 ini. (sm/uj/04)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s