Pesta Kembang Api Batam Spektakuler!

Rabu, 02 Januari 2008

Penyambutan Tahun Baru 2008
BATAM-Penyambutan tahun baru 2008 di Kota Batam, pada Senin malam (31/12) luar biasa meriah. Tidak seperti tahun-tahun terduhulu. Di menit-menit pergantian tahun 2007 ke 2008, langit Batam berwarna-warni oleh percikan kembang api. Nyaris di semua penjuru Batam ada pesta kembang api, baik yang diselenggarakan pihak swasta maupun perorangan. Sedangkan pesta kembang api terbesar dilaksanakan di Dataran Engku Putri Batam Centre.

 
ImagePesta kembang api yang digelar Pemko Batam tersebut berhasil memukau puluhan ribu warga Kota Batam yang memadati Dataran Engku Putri Batam Centre dan sekitarnya. Bagi warga yang khawatir terjebak macet, juga dapat melihat cahaya kembang api dari kejauhan, karena tinggi kembang api yang ditembakkan mencapai ketinggian 250 meter.

Sejak pukul 15.00 WIB, Dataran Engku Putri Batam Centre sudah mulai disesaki warga Kota Batam yang berasal dari berbagai penjuru. Terutama dari daerah hinterland seperti Kecamatan Belakang Padang, Kecamatan Galang dan Kecamatan Bulang. Warga sudah tidak sabar untuk menyaksikan rangkaian kegiatan menyambut Tahun Baru 2008 yang dikemas rapi oleh pemerintah.

Di sisi lain, kehadiran warga sejak sore itu juga menguntungkan keberadaan para pedagang makanan ringan yang sudah mulai tampak menghiasi pinggiran halaman, sesuai yang telah diarahkan oleh petugas Satpol PP Kota Batam. Barang dagangan laku habis. Bahkan tak tanggung-tanggung pedagang membuat kembali barang dagangannya.

“Alhamdulillah mbak, dagangannya laris. Ini saja saya mau pulang, mau mengambil bahan mie dan bakso,” ujar salah seorang penjual bakso bernama Asep.

Di tengah-tengah puluhan ribu warga Kota Batam, tampak hadir Walikota Batam Ahmad Dahlan dan Ria Saptarika. Juga hadir para mantan Walikota Batam, mulai dari Usman Rahman, RA Aziz, Nazief Susilo Dharma, Nyat Kadir dan Manan Sasmita. Begitu juga seluruh mantan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri dalam hal ini diwakili Eddy Wijaya.

Tepat pukul 20.00 WIB, para pejabat daerah Kota Batam beserta unsur Muspida Kota Batam berkumpul di tenda terpisah yang letaknya bersebelahan dengan ruang Humas Pemko Batam. Tampak juga artis ibukota Maya KDI di dalam acara Tamah Ramah HUT Penyelenggaraan Pemko Batam ke-24, yang acara puncaknya telah diperingati pada tanggal 28 Desember 2007 lalu.

Wakil Ketua Penyelenggara HUT Pemko Batam yang juga menjadi Koordinator Pesta Kembang Api Buralimar mengaku bangga dengan suksesnya pelaksanaan pesta kembang api menyambut Tahun Baru 2008 Senin malam kemarin. Sejak awal, pemerintah bersama Event Organizer (EO) No Limits memang sudah menyiapkan segala sesuatu perencanaan dengan baik. Hasilnya memang menggembirakan dan spektakuler.

Image

“Pesta kembang api tahun ini lebih baik dari sebelumnya, dan sangat spektakuler. Pelaksanaanya sukses. Dan saya senang warga Kota Batam terhibur ketika menyaksikan pesta kembang api dengan berbagai warna dan beragam corak itu,” ujar Buralimar yang pada malam Tahun Baru 2008 kemarin terlihat kelimpungan mengecek segala sesuatunya.

Selama 15 menit, kembang api dengan berdiameter 0,5-8 inci diluncurkan ke udara dan meledak pada ketinggian sekitar 250 meter, membuat warga berteriak histeris menyaksikan pesta kembang api dengan 1,150 tembakan.

Bahkan, Walikota Batam Ahmad Dahlan saat memberikan sambutan menjelang detik-detik pergantian Tahun Baru 2008 tidak bisa berkata banyak. Selain haru, Dahlan tampak gembira dengan terlaksananya pesta kembang api dengan baik dan spektakuler.

“Semoga dengan pergantian tahun ini, semua kegiatan yang kita laksanakan akan lebih baik lagi. Selamat Tahun Baru 2008 buat masyarakat Kota Batam,” ujar Dahlan.

Meski selama pesta rakyat dengan sejumlah artis ibukota sempat terjadi kesalahan tekhnis di bagian sound sistem, namun pelaksanaan tetap berjalan lancar. Warga yang sempat kecewa, kembali terhibur ketika MC membuat suasana panggung menjadi heboh dengan berbagai aksi. Termasuk juga diamankannya tiga pemuda yang kedapatan membuat rusuh selama pesta berlangsung, tidak sampai menganggu jalannya perayaan.

Mantan Kabag Humas Pemko Batam Guntur Sakti yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris DPRD Kota Batam ikut menjadi MC dalam kegiatan Pesta Rakyat Menyambut Tahun Baru 2008, sekaligus malam ramah ramah HUT Penyelenggaraan Pemko Batam ke-24 itu.

Jalanan Macet

Sementara itu jalanan dari Tumenggung Abdul Jamal hingga Bundaran Otorita Batam macet total, bahkan lampu merah yang telah difasilitasi Automatic Traffic Control System (ATCS) di setiap persimpangan seperti simpang yang menggunakan sensor dan kamera tidak bisa berfungsi dengan baik, karena para pengendara banyak yang menerobos lampu merah.

Pelanggaran lalin yang lebih parah terjadi di simpang Mesjid Raya Batam Centre, meskipun empat orang polisi lalu lintas sudah bertugas untuk mengamankan lalulintas, akan tetapi macet total yang terjadi masih berlanjut.

Menurut Irvan, Polisi lalu lintas yang bertugas, kemacetan terjadi semenjak pukul 19.00. Menurutnya, macet terjadi akibat adanya sejumlah kendaraan umum yang berhenti dibadan jalan, sehingga mobil yang antri dibelakangnya harus berhenti untuk menunggu. Disamping itu, terjadinya kemacetan total dijalan tersebut juga diakibatkan ketidak sabaran pengendara untuk segera meninggalkan kawasan tersebut, sehingga aksi saling mendahului terjadi.

Kemacetan tersebut semakin menjadi setelah acara acara pelepasan kembang api usai, yakni sekitar pukul 00.30. Untuk mengatasinya, petugas yang bertugas disimpang tersebut terpaksa hanya membuka dua jalur, dan menutup jalur lintasan. Meskipun begitu, simpang Masjid Raya tersebut tetap macet hingga satu jam setelah acara benar-benar usai. (sm/ra/04)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s