Taman Internet Engku Putri Siap Diresmikan

Kamis, 10 Januari 2008
BATAM (BP) – Warga Batam kini bakal bisa berinternet sambil menikmati suasana taman. Pemko Batam bersama PT Telkom menyediakan layanan wi-fi (wireless fidelity) hotspot bernama taman internet di Lapangan Engku Putri, Batam Centre. Ada dua taman internet di tengah-tengah lapangan di belakang Kantor Wali Kota itu, yang siap dilaunching. Taman internet itu berbentuk bangunan dengan tiang-tiang portable yang bisa dipindah-pindah. Untuk melindungi dari panas dan hujan, tempat duduknya dilindungi atap baja.
Satu taman internet, bisa menampung 12 orang. Warga yang ingin menikmati layanan hotspot itu tinggal membawa laptop atau ponsel yang sudah memiliki fasilitas wi-fi.
Menurut Wakil Wali Kota Ria Saptarika yang kemarin meninjau taman internet itu, rencananya Pemko Batam akan menambah empat lagi taman internet itu di Engku Putri. Pemko akan mencari sponsor lagi yang bisa menyediakan taman internet tambahan itu. “Sehingga, nantinya ada enam taman internet. Bulan ini, mungkin sudah bisa dilaunching,” katanya. (med)

9 thoughts on “Taman Internet Engku Putri Siap Diresmikan

  1. wah keren nih…
    sekalian colokan buat listriknya pak Ria?🙂

    btw, dari telkom dapet bandwidth brapa ya?
    klo 384 kbps kayak spidi ya bakal lemot klo full 12 orang.
    apalagi kalo ada taman yang lain juga..

    bisa-2 lebih lemot dari telkomnet instant atau starone-nya indosat.

    moga BW-nya 1Mbps lah kayak di mega mall..
    mosok kalah sih ama yg di mega mall..

    but ini udah good progress untuk kota Batam.

    Keep it up ya pak..
    ———
    Makasih Pak Eko, tentu colokan juga disediakan…asal jangan dipakai buat nge-cas aki mobil🙂 ….tentunya kita akan upayakan lebih baik… apabila direspon sangat baik oleh warga Batam nanti. terimakasih juga atas dukungannya.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Saya sebagai warga Batam acung jempol tinggi deeh terimakasih buat Pemko Batam dan PT Telkom yang telah progress memfasilitasi layanan wi-fi hotspot “gratis” . Jangan dibatasi waktunya ya? ntar baru asyik-asyik trus DC(Disc-connection) waah capai deehh kalau gitu. Ayo cepat dilauching, dah gak sabaran niih tuk trial, OK gitu aja semoga sukses program ini, thanks.

  3. hot spotnya sudah ada, internetnya sudah gratis, pak wawa usul nih adakan program komputer (laptop) murah untuk anak sekolah (spt OLPC nya Negroponte) atau untuk rumah tangga sekalian biar masyarakat kepri melek IT. hee… he..
    ————-
    Ide Bagus dan menarik, tapi ha ha…🙂 kan di Batam masih banyak warga kita yang ekonominya saja perlu di tingkatkan, misalnya dengan program pemberdayaan masyarakat… walaupun saya tertarik dgn program laptop tadi…tapi nanti malah didemo lagi…😉 … nah begini saja… berikutnya kalau pemerintah memberikan hadiah2 kepada masyarakat tertentu kiita ganti dengan Komputer saja…saja gimana?
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Prosedurnya gemana? soalnya hari ini nongkrong sebentar di taman tapi gak ada wifi yang bisa diakses, ato mungkin hanya bisa jam tertentu.. btw top buat Pemko Batam and Speedy😉
    ———-
    Kan belum, walaupun tempatnya sdh selesai..bentar lagi mau Launching kok. Thanks atas dukungannya Mas Keqi…

  5. Wah mantap juga nih programnya Pak Wali …
    kalau pas lewat di Engku Putri kelihatan juga tuh atap-atap Hot spotnya🙂 membuat orang yg lewat jadi pengen singgah.

    Oh iya Pak, jangan lupa juga disediakan lahan parkir yg memadai, aman & nyaman, supaya kalau singgah parkir kendaraan gak bingung & kejauhan sampe didepan Kantor Imigrasi heheheheheh …

    Oh iya … Utk kekuranga Hot spot yg bapak maksud mungkin bisa diminta ke Telkomsel, INDOSAT & XL. INDOSAT (langsung saja dikirimi surat resmi) sangat pas karena posisinya sudah dekat dengan “Core” Network mereka. Begit juga XL mereka juga punya jaringan Internet yg cukup handal. Apalagi Telkomsel … Menara & Kantornya saja paling bagus & mentereng di Batam Center, masak gak mau bantu … tul gak ???

    Kalau perlu minta minimal 2 MBps sekalian, saya yakin semua Operator akan mampu menyediakan koneksi Internet kalau cuma 2 MBps, karena semuanya sudah punya jaringan Fiber Optik di Batam yg bikin galian dimana-mana, sementara kapasitas Fiber Optik mereka semua terbilang cukup tinggi. Sehingga kalau 2 MBps akan cukup dibagi sampai lebih 12 orang sekaligus.

    Nah selanjutnya sebagai kompensasi tiap-tiap taman yg tersedia di Branding dengan logo masing -masing operator, pasti lebih meriah …

    Demikian saran saya Pak wali, sorry kepanjangan … heheheheh ….
    ——–
    Hi Mas Wisnu,
    Good Ide, Thanks atas usulannya…just info..yg di engku putri sdh di kerja samakan dgn PT.Telkom kok.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. kapan ya, pak ada acara ngeblog bareng 100 blogger dalam satu kesempatan yang difasilitasi Pemko Batam atau bapak sendiri. Batam sudah digital island, pak. Cuma gaungnya belum kedengaran. Adain acara itu pak..
    ——–
    Insya Allah Mas Ghazyan,
    Tunggu saja tanggal mainnya.

    Wassalam
    Ria

  7. selamat sora pak ria
    pak wimax sudah ditandatangi oleh menkoinfo kapan ya batam bisa menikmati layanan wimax ini?…

    sumber:www.kapanlagi.com

    Kamis, 22 Januari 2009 08:13
    Kapanlagi.com – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Mohammad Nuh, telah menandatangani dua Keputusan Menteri Kominfo mengenai persiapan seleksi penyelenggaraan jaringan tetap lokal berbasis packet switched atau WIMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) pada pita frekuensi radio 2,3 GHz.

    Kepala Pusat Informasi dan Humas Depkominfo, Gatot S. Dewa Broto, melalui siaran persnya di Jakarta, Rabu, mengatakan bahwa Menkominfo pada Senin (21/1) juga menandatangani dua Peraturan Menteri Kominfo (Permenkominfo) mengenai penataan dan penggunaan frekuensi radio untuk keperluan layanan pita lebar nirkabel (wireless broadband).

    Keputusan Menkominfo tersebut, yaitu tentang Peluang Usaha Penyelenggaraan Jaringan Tetap Lokal Berbasis Packet Switched yang Menggunakan Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel (wireless broadband) dan Keputusan Menkominfo tentang Penetapan Blok Pita Frekuensi Radio Pada Pita Frekuensi Radio 3.3 GHz Untuk Pengguna Pita Frekuensi Radio Eksisting Untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel.

    Sedangkan, Permenkominfo yang ditandatangani adalah Penetapan Pita Frekuensi Radio untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel (Wireless Broadband) Pada Pita Frekuensi Radio 2.3 GHz.

    Selain itu, Permenkominfo tentang Penetapan Pita Frekuensi Radio Untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel (wireless broadband) pada Pita Frekuensi Radio 3.3 GHz dan Migrasi Pengguna Frekuensi Radio Eksisting untuk Keperluan Layanan Pita Lebar Nirkabel dari Pita Frekuensi Radio 3.4 – 3.6 GHz Ke Pita Frekuensi Radio 3.3 GHz.

    Gatot mengatakan, tidak bermaksud menunda disahkannya empat peraturan ini yang telah mulai dibahas pada April 2006, tetapi merepresentasikan cukup tingginya kompleksitas masalah pita lebar tersebut.
    pak regulasi wimax sudah ditantangani..
    kapan ya pak batam akan ada wimax?…
    biar masyarakat batam bisa menikmati internet cepat seperti di luar negeri contohnya singapura…

    22 januari 2009
    Depkominfo menyadari bahwa penataan pita frekuensi ini sangat strategis sesuai dengan sejumlah tujuan yang mendasarinya, yaitu antara lain adalah menata penggunaan spektrum frekuensi radio menjadi lebih efisien dan optimal, serta menambah alternatif dalam upaya mengejar ketertinggalan teledensitas TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) dan penyebaran layanan secara merata ke seluruh wilayah Indonesia dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama. (kpl/roc)
    ———
    Wah Ini info bagus dan ditunggu tunggu nih!
    Pak Iskandar, Terimakasih atas update nya.
    alhamdulillah sudah saya baca http://www.kapanlagi.com/h/0000272153.html
    Insya Allah akan sy telusuri untuk kepeningan Batam
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s