Dahlan: Tak Sanggup, Mundur

Jumat, 11 Januari 2008Pelantikan Eselon II di Lingkungan Pemko Batam
Febrialin Geser Makmur, Pirma Kembali ke BPM

BATAM CENTRE-Walikota Batam Ahmad Dahlan dan Wakil Walikota Batam Ria Saptarika merombak habis kabinet mereka yang sudah memasuki usia dua tahun itu pada Rabu (9/1) kemarin di Kantor Walikota Batam. Wajah-wajah baru dan rotasi sesama kepala dinas pun tampak menghiasi kabinet Dahlah-Ria. Secara tegas Dahlan meminta kepada kepala dinas maupun kepala badan yang baru dilantik untuk mundur, jika memang tidak sanggup mengemban tugas dan berkomitmen kepada pemerintah.
Pelantikkan terhadap 193 pejabat di lingkungan Pemko Batam kemarin itu berasal dari pejabat eselon II termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, eselon III, dan para camat itu. Selain Walikota Batam Ahmad Dahlan melantik para pejabat baru yang dipromosikan, sekaligus juga melantik ulang pejabat yang tidak mengalami perubahan posisi alias tetap. Dengan alasan, mengacu PP No 41 tahun 2007 tentang SOT Pemko Batam yang baru.

Dari eselon II, selain Febrialin yang dipromosikan dari Kabag Perekonomian menggeser posisi Makmur sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan UKM Kota Batam, terdapat lima nama lainnya yang naik jabatan. Yakni Kabag Hukum Rudi Syakyakirti menggantikan Pirma Marpaung, Muramis menggantikan Nurman sebagai Kepala Badan Kominfodan Suhartini menggantikan Abang Muzni sebagai Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, Pertanian dan Kehutanan (KP3) Kota Batam.

Pirma Marpaung kembali lagi ke jabatan awalnya, yakni sebagai Kepala Badan Penanaman Modal (BPM) Kota Batam menggantikan posisi Suzairi yang dirotasi ke Kepala Dinas Sosial dan Pemakaman Kota Batam.

Sedangkan dua nama lagi yakni Nurmadiah dan Zulhendri, sudah sejak awal memang dijangkakan akan secara langsung menduduki jabatan eselon II. Mengingat, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang diembannya yakni Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Kantor Kesbanglinmas ditingkatkan menjadi badan.

Nama Nurman, Makmur, Abang Muzni, Anwar Ujang dan nama Yusron Roni masuk dalam daftar Staf Ahli Pemko Batam. Meskipun berstatuskan staf ahli, namun untuk SOT Pemko Batam yang baru ini, posisi staf ahli sejajar dan setingkat dengan eselon II. Staf Ahli akan bekerja layaknya kepala dinas, karena diberikan tugas sesuai keahlian yang dimiliki.

Walikota Batam Ahmad Dahlan mengatakan, dua tahun masa kepemimpinannya bersama Wakil Walikota Batam Ria Saptarika sudah dianggap sebagai waktu yang tepat untuk mengevaluasi secara besar-besaran. Tujuannya tak lain untuk menuju ke perubahan yang lebih baik lagi.

Bahkan secara tegas, Dahlan mengatakan dirinya bersama Wakil Walikota Batam akan melakukan evaluasi tiga bulan sekali terhadap kepala SKPD dan seluruh pegawai di SOT Pemko Batam yang baru dilantik kemarin. Kebijakan ini sebagai komitmen untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan terwujudnya perubahan yang baik pula.

“Jika memang tidak siap menjalankan komitmen, silahkan mundur. Tugas yang diberikan ini adalah tantangan bagi para pegawai di Pemko Batam. Daripada bekerja tanpa ada komitmen, silahkan mundur sejak awal. Saya bersama Pak Ria, akan mengevaluasi saudara setiap 3 bulan sekali,” ujar Dahlan.

Dalam pelantikan kemarin juga, ada sedikit yang berbeda. Meskipun sudah dibentuk SKPD baru yakni Dinas Tata Kota, namun belum ada pejabat yang dilantik menjadi kadisnya. Dahlan hanya melantik Gintoyono yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Pembangunan sebagai Sekretaris Dinas Tata Kota.

Menurut Dahlan, jabatan Kadis Tata Kota memang sengaja dikosongkan. Itu dikarenakan Gintoyono belum memiliki persyaratan kepangkatan yang layak, untuk langsung diangkat sebagai kadis. Gintoyono harus dirotasi terlebih dahulu ke eselon III sebelum dipromosikan ke eselon II. Itu berarti dalam waktu dekat, akan ada pelantikkan kembali untuk posisi Kadis Tata Kota Batam.

“Saya ingin yang duduk di sana orang yang berpengalaman di bidang itu dan sudah terbukti kemampuannya. Saya rasa teman-teman juga sudah tahu untuk hal itu,” kata Dahlan.

Rombak Eselon III dan Camat

Walikota Batam Ahmad Dahlan dan Wakil walikota Batam Ria Saptarika juga merombak secara besar-besaran eselon III dan camat. Hanya beberapa saja yang tidak berubah seperti Kabag Protokol Martin Maromon dan Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri. Yang lainnya, mengalami perubahan kursi dan kantor.

Sebut saja Kabag Umum Amsakar Achmad yang dirotasi sebagai Kabag Organisasi Pemko Batam, digantikan Firmansyah yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag TU BKD Kota Batam. Salim menduduki jabatan baru sebagai Kabag Perlengkapan dan Aset, menggantikan Muramis. Serta sejumlah pejabat eselon IV yang dipromosikan naik ke eselon III.

Untuk posisi camat, mengalami rotasi secara menyeluruh. Sebagian camat pindah kecamatan, dan sebagian lainnya menjadi kabag, kabid maupun kepala kantor. Misalnya, Camat Galang Aspawi dirotasi sebagai Kabid Keuangan Sekretariat DPRD Kota Batam, Camat Batam Kota Said Khaidar dirotasi sebagai Kabag Tata Pemerintahan menggantikan Salim, Camat Sei Beduk Rudolph Napitupulu dirotasi menjadi Kabag Perekonomian Pemko Batam menggantikan Febrialin.

Camat Belakang Padang Kamarulzaman pindah menjadi Camat Sekupang, Camat Bulang Junaidi pindah menjadi Camat Galang, Camat Nongsa Dece Awida pindah menjadi Camat Lubuk Baja, Camat Lubuk Baja Dasrul Azwir pindah menjadi Camat Batam Kota. Sedangkan yang lainnya, tetap pada posisi semula. (sm/ra)

Pakai Tabel

Wajah Baru Kadis
Nama Jabatan
Pebrialin Kabadan Pemberdayaan Masyarakat
Muramis Kabadan Kominfo
Rudy Syakyakirti Kadis Tenaga Kerja
Zulhendri Kabadan Kesbang Linmas
Nurmadiah Kabadan Pemperdayaan Perempuan
Suhartini Kadis KPPK
Zulhelmi Kakan Pemadam Kebakaran

Camat Batam
-Junaidi Camat Galang
-Ruslan Camat Bulang
-Norfauzi Camat Belakangpadang
-R Kamarulzaman Camat Sekupang
-Mardanis Camat Seibeduk
-Dasrul Azwir Camat Batam Kota
-Ahmad Tarmizi Camat Nongsa
-Dece Awida Camat Lubukbaja
-Nurul Iswahyuni Camat Bengkong
Sumber: BKD Kota Batam.

One thought on “Dahlan: Tak Sanggup, Mundur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s