Janji 2008 Tak Ada Proyek Mangkrak

Minggu, 13 Januari 2008
BANYAKNYA proyek publik yang mangkrak atau molor pada 2007, membuat masyarakat kecewa. Kekecawaan serupa juga dirasakan oleh Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika.”Informasinya memang begitu, kebetulan saya baru pulang (naik haji di bulan Desember), tapi saya sudah terima informasi itu. Besok (14/1) saya minta penjelasan dari masing-masing dinas, apa alasannya proyek-proyek publik molor, padahal APBD diketok jauh-jauh hari,” tegasnya, Sabtu (12/1).
Ia juga membenarkan, faktor alam tidak bisa jadi kambing hitam. Semestinya, sudah bisa disiasati dengan merealisasikan pelaksanaan proyek sebelum musim hujan tiba. Ria juga tak menafikkan, kalau pengerjaan proyek molor itu, tak terlepas dari lemahnya kinerja jajarannya. Itu sebabnya, beberapa hari lalu, kembali dilakukan perombakan kabinet, dengan tujuan, agar kinerjanya menjadi lebih baik.
”Saya optimis, dengan struktur yang ada saat ini. Saya berharap tidak ada lagi program yang tak jalan, saya bersama pak Dahlan akan melakukan pengawasan ekstra ketat,” tegasnya.
Ia mencontohnya, Dinas Pendidikan Kota Batam yang saat ini komposisi kepengurusannya sudah cukup kuat, setelah dilakukan perombakan hingga ke tingkat kepala seksi (kasi). Ia juga tak menafikkan, kalau kinerja Disdik sebelum perombakan kabinet belum optimal, mengingat masih ada penem-patan SDM yang tak sesuai dengan kapablitasnya. Uraian tugasnya juga sudah diperjelas, sehingga tanggungjawab yang harus dilaksanakan juga jelas.
”Sekarang, saya melihat sudah cukup baik, sehingga ke depan tak ada lagi alasan proyek Disdik terbengkalai, ini harus jadi per-hatian,” ujar Ria.
Ia juga menghargai kritikan pedas masyarakat yang menilai dirinya dan Wali Kota Batam jarang turun langsung mengontrol pelaksanaan program di masing-masing perangkat daerah. Bahkan, hanya cenderung menerima laporan, tanpa melakukan pengecekan langsung ke lapangan, tentang kebenaran hasil kerja jajarannya itu. ”Selama ini memang kami fokus pembenahan SDM, memang banyak yang perlu dibenahi,” katanya. (nur)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s