Dari Galang Baru Langsung ke Hongkong

Jumat, 18 Januari 2008
Tiga Kali Bintang Alfiera Panen Ikan Kerapu
BATAM (BP)-Setelah merintis usaha keramba ikan kerapu sejak 2006 lalu, PT Bintang Alfiera telah melakukan panen sebanyak tiga kali hingga saat ini. Dari hasil panen tersebut, ikan-ikan itu langsung diekspor ke Hongkong. Panen yang ketiga kalinya ini dihadiri oleh Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika dan Wakil Gubernur Kepri H M Sani, Kamis (17/1) di lokasi keramba jembatan VI Galang Baru.Menurut Direktur PT Bintang Alfiera Ali Affandi, panen kali ini dengan kapasitas produksi sekitar 6 sampai 7 ton dan jumlah sekitar 8.500 ikan Untuk dapat menghasilkan ikan siap panen, dibutuhkan waktu sebelas bulan. Pasalnya dengan waktu sebelas bulan tersebut, berat ikan bisa mencapai satu kilogram.
“Ikan kerapu yang paling diminati di Hongkong adalah ikan kerapu macan. Selain itu, ikan tidak boleh lebih dari satu kilo. Karena jika ikan yang beratnya lebih dari satu kilogram, menurut orang Hongkong dagingnya tidak terlalu gurih,” kata Ali.
Setiap mengekspor ikan, PT Bintang Alfiera mengirim 6-7 ton melalui kapal. Lalu kapal tersebut membawa ikan ke Singapura, untuk overship di sana. Sesampai di Hongkong, ikan kerapu macan tersebut harganya sekilo bisa mencapai Rp175 ribu.
Melihat dari hasil panen tersebut, Direktur Produksi Perikanan Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya Departemen Kelautan dan Perikanan RI, DR Iskandar Ismahaji mengharapkan, pemerintah setempat dan pihak pengusaha untuk dapat membantu pengusaha keramba dalam mengembang biakkan budi daya ikan kerapu ini. Pasalnya Kepri memiliki wilayah laut yang luas. Dengan begitu untuk melakukan budi daya sangat mudah.
Namun katanya, saat ini masih ada masalah yang harus dihadapi para pengusaha keramba yaitu masalah bibit. Selama ini, untuk mendapatkan bibit ikan kerapu, rata-rata mengambil dari Bali dan Jawa Timur.
Sementara itu, Ria Saptarika mengharapkan dari usaha keramba ini, dapat menimbulkan multi plier effect bagi warga Batam. Selain itu, Pemko Batam sangat mendukung sekali usaha seperti ini. Apalagi saat ini dari data yang ada, di Batam ada 150 pengusaha keramba.
Pada kesempatan itu, selain panen ikan, PT Bintang Alfiera melakukan penyerahan 30 ekor induk kerapu macan dari PT Bintang Alfiera kepada Pusat Pembenihan Ikan, Balai Budidaya Laut Batam yang terletak di Jembatan II Barelang. (cr8)

One thought on “Dari Galang Baru Langsung ke Hongkong

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s