(Yang Tepat Mengelola Pasar Induk) Ria Ingin Karto

Jumat, 2008 Januari 18

Pengelolaan Pasar Induk mengecewakan. Pasar terbesar yang diharapkan menjadi pasar yang teramai, ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan pemerintah. Terbukti, hingga saat ini kondisi pasar yang dikelola oleh PT Golden Tirta Asia (GTA) itu masih sepi dari kunjungan pembeli. Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika mengatakan, yang tepat mengelola Pasar Induk adalah Karto.
“Pantasnya yang mengelola pasar itu adalah mereka yang benar-benar pedagang. Jika dievaluasi, pemerintah akan menawarkan ke masyarakat untuk mengelola,” ungkap Ria di ruang kerjanya, Rabu (16/1).
Ria mengakui, sepanjang tidak ada grosir yang menempati Pasar Induk, ia tetap pesimis dengan Pasar Induk.
Untuk meramaikan Pasar Induk, kata Ria, Pemko sudah gencar melakukan penggusuran pedagang.
“Kita akui, kita masih ada kekurangan. Tapi pemerintah memberikan dukungan,” jelasnya lagi.
Diharapkan, dengan dikelolanya Pasar Induk oleh pihak swasta, diharapkan, Pemko akan mendapatkan pemasukan dari pasar tersebut. Sayangnya, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp500 juta dari pasar itu tidak terealisasi.
Namun, menurut Ria, Karto selaku pengelola Pasar Toss 3000, setuju untuk bekerja sama meramaikan Pasar Induk. Hanya saja, antara pengelola Toss 3000 Karto dan Dorlan selaku Direktur PT GTA terjadi perbedaan pendapat.
“Saya sudah beberapa kali bicara dengan Karto. Dia setuju. Hanya saja, Dorlan ingin aset yang sudah ia bangun diperhitungkan. Itu yang Karto tidak mau. Jadi, hal semacam ini yang menyebabkan tidak adanya kerjasama,” ujarnya.
Meski pengalihan Pasar Induk ke pihak swasta ini membebani APBD, tapi target Pemko punya target lain, yakni meramaikan Pasar Induk hingga nanti ada pemasukan dari pasar ini.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s