Petinggi Kota Batam Dapat Mobil Dinas Baru

Kamis, 24 Januari 2008
Anggaran APBD Tahun 2007BATAM-Diam-diam lima pejabat tertinggi di Kota Batam mendapat jatah mobil dinas baru. Tanpa banyak ribut-ribut, mobil dinas mewah itu bahkan sudah dibagikan Desember 2007 lalu. Walikota Batam Ahmad Dahlan dan Ketua DPRD Kota Batam Soerya Respationo memperoleh jatah mobil dinas jenis Toyota Fortuner. Harga mobil ini di pasaran hampir mencapai Rp400 juta per unit. Sementara Wakil Walikota Batam Ria Saptarika, Wakil Ketua I DPRD Kota Batam Aris Hardi Halim dan Wakil Ketua II Chablullah Wibisono kebagian Nissan X-Trail.

Kelima pejabat ini juga masih bisa menggunakan mobil dinas lama karena belum ditarik. Dahlan dan Soerya sebelumnya mendapat mobil dinas sedan mewah jenis Toyota Crown. Sedangkan Ria Saptarika memiliki mobil dinas lama sedan mewah Toyota Camry. Adapun mobil dinas lama Aris Hardi Halim dan Chablullah Wibisono adalah sedan mewah Nissan Cefiro terbaru.

Mobil dinas baru kelima pejabat itu telah diberi nomor polisi. Toyota Fortuner untuk Walikota Batam mendapat nomor polisi BP 1 C, Ketua DPRD Kota Batam memiliki nomor polisi BP 2 C. Mobil dinas baru Wakil Walikota Ria Saptarika kebagian BP 5 C, Wakil Ketua DPRD I Aris Hardi Halim BP 7 C dan nomor polisi BP 8 C untuk mobil dinas baru Wakil Ketua II DPRD Chablullah Wibisono.

Mantan Kepala Bagian Perlengkapan dan Aset Pemerintah Kota (Pemko) Batam Muramis mengatakan dana untuk pengadaan mobil dinas itu dianggarkan dalam APBD Kota Batam 2007. Namun pria yang baru saja dipromosikan menjadi Kepala Badan Kominfo Kota Batam ini tidak bersedia menyebut berapa total dana yang dihabiskan untuk pengadaan kelima mobil dinas itu. “Untuk mobil baru bagi pimpinan memang kita anggarkan melalui dana APBD Kota Batam tahun 2007. Sementara untuk tahun 2008 ini, kita tidak ada menganggarkan mobil baru bagi anggota DPRD,” ujar Muramis saat dijumpai di Kantor Walikota Batam, Batam Centre, Rabu (23/1).

Muramis mengatakan pembelian mobil dinas baru kelima pejabat ini dilakukan karena mobil lama sudah terlalu tua. Mobil-mobil dinas lama itu, kata dia, sudah berusia 7 tahun karena pengadaannya tahun 2000 lalu.

Tahun 2006 lalu, saat banjir kerap melanda Kota Batam, Walikota Batam Ahmad Dahlan pernah mengajukan pembelian mobil dinas jenis Toyota Fortuner untuk dirinya. Kala itu, ia beralasan mobil jenis itu sangat diperlukan untuk menunjang mobilitas walikota ketika meninjau daerah-daerah yang sulit dilalui kendaraan jenis sedan saat dilanda banjir. Dana pengadaan mobil tersebut sudah sempat dianggarkan namun batal dibeli karena mendapat penolakan dari banyak kalangan.

Mobil Dinas Baru

Soal pembelian mobil dinas baru tahun 2008, Muramis berbeda pendapat dengan Kabag Perlengkapan dan Aset Pemko Batam yang baru Salim. Menurut Salim, Pemko Batam masih akan mengadakan mobil dinas baru jenis Toyota Kijang Innova pada tahun 2008. Mobil dinas baru yang akan dibeli itu antara lain diperuntukkan bagi Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB, Kepala Badan Kesbanglinmas, Kepala Dinas Tata Kota, Kepala Badan Pemadam Kebakaran, serta untuk kepala bagian yang belum memperoleh jatah mobil dinas.

Total anggaran pengadaan mobil dinas baru untuk tahun 2008, kata Salim, mencapai Rp1,08 miliar. Namun hingga saat ini, proses pelelangan pengadaan mobil itu belum dilakukan. Dia memperkirakan bulan Februari 2008 mendatang baru akan dimulai proses pelelangan, yakni dengan membentuk Panitia Lelang yang harus di-SK-kan oleh Walikota Batam Ahmad Dahlan. Setelah itu, proses lelangnya sendiri baru akan dilanjutkan sekitar Maret. Bulan Juni 2008 mendatang, ditargetkan sudah bisa selesai secara keseluruhan. (sm/ra)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s