Ria Saptarika Ikut Pikul Keranda

Kamis, 24 Januari 2008

Ria Saptarika Ikut Pikul Keranda Ummu

BATAM, TRIBUN – Ummu Yasmin Shafa (7), bocah cantik yang menggugah perasaan pembaca Tribun karena terdeteksi menderita tumor otak sejak September 2007, akhirnya menghembuskan napas terakhir di RS Otorita Batam, Selasa lalu, pukul 13.00 WIB.Meninggalnya Ummu membuat banyak pihak ikut berduka. Bahkan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika yang melayat Ummu di rumah duka di Griya Permata Batuaji, tidak segan ikut menyolatkan, bahkan ikut memikul keranda jenazah Ummu. Ria juga tak segan-segan ikut memanggul cangkul saat pemakaman Ummu di TPU Sei Temiang, Selasa sore.


Ditemui di rumahnya, kedua orangtua Ummu, Erwin Aprilan (37) dan Rosmalinda Poranita (28), terlihat masih berduka. Erwin yang hanya PNS golongan II Dinas Perhubungan Batam ini tidak menduga kalau banyak pihak ikut berduka dengan kepergian putri kesayangannya itu.Pemakaman Ummu dilayat ratusan orang yang Erwin sendiri tidak mengenal satu persatu. Bahkan Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika hadir diantaranya. Pelayat yang mengantar Ummu ke pemakaman memanjang mulai dari rumah duka Griya Permata Batuaji hingga ke pemakaman. “Saya banyak yang tidak kenal, saya lihat mulai dari simpang Basecamp hingga masuk makam,”kata Erwin.

Sambil meneteskan airmata, Erwin merasa tidak percaya dengan banyaknya pelayat Ummu. Erwin sangat terharu mengingat dia hanyalah pegawai biasa. “Saya bukan seorang pejabat, saya hanya orang biasa, kenapa semua ikut berduka bahkan banyak yang mengantar kepergian terakhir Yasmin (Ummu),” ujarnya.

Erwin seakan tak percaya, karena Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika dan pejabat lain ikut mengangkat keranda Ummu cukup jauh, dari rumah duka hingga ke mesjid. “Pak Ria Saptarika mau memanggul keranda anak saya,” kata Erwin yang kembali menitikkan airmata.

Melalui Tribun, Erwin mengucapkan terima kasih Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dan Wakil Walikota Batam Ria Saptarika, staf Pemko Batam, anggota DPRD Kepri dan DPRD Kota Batam, Dinas Perhubungan Batam, para dokter RSOB, RS Awal Bros, RSUD Batuaji, Tribun Batam dan media cetak lain di Batam,dan seluruh masyarakat yang telah memberi bantuan dan mendoakan.”Hanya Allah yang dapat membalas,” ucap Erwin.

Rosmalinda menambahkan, adik kesayangan almarhum, Nur Faris Akhram (3) belum mengetahui kalau kakaknya telah tiada. Rosmalinda khawatir kalau Faris menanyakan Ummu. “Faris belum sadar kalau Yasmin meninggal. Gak tau nanti saya mau jawab apa ke Faris” papar Rosmalinda.

Di mata Erwin dan Rosmalinda, Ummu yang lahir 27 Mei 2000 begitu sempurna. Semasa hidupnya, Ummu merupakan bocah yang ceria dan sejak kecil pintar. Murid kelas III SD 03 Puskopkar Batuaji yang masuk sekolah dasar di usia lima tahun ini sering mendapat juara. “Saya masih ingat bagaimana saya memohon supaya anak saya diterima di SD, kalau tidak percaya boleh di tes,”papar Erwin.

Tak hanya pintar, bocah berkulit putih ini mandiri dan disiplin.Untuk memiliki lemari dan alat sekolah, Ummu menabung uang sakunya. “Itu lemari Yasmin masih ada semuanya dari tabungan Yasmin,” ucap Erwin sembari menunjukan lemari Ummu.

Di akhir hayatnya, Ummu yang mengoleksi gambar tokoh penyihir cilik Harry Potter dan bercita-cita jadi polwan ini, selalu mengungkapkan keinginannya membeli rumah besar untuk kedua orangtuanya. “Setiap lihat rumah besar Ummu bilang mau membelinya,” kenang Erwin.

Seperti diberitakan Tribun sebelumnya, Ummu sempat dirawat di Rumah Sakit Awal Bros, RSUD Batuaji, dan RSOB. Dokter menyarankan Ummu dioperasi. Keluarga menolak karena biaya operasi mencapai Rp 150 juta, sementara dokter tidak bisa menjamin operasi tersebut bisa menyelamatkan Ummu.(ucu/ros)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s