Pengurusan KTP SIAK masih Lambat

Sabtu, 26 Januari 2008
BATAM – Wakil Walikota Batam Ria Saptarika mengaku hingga saat ini masih terdapat kelemahan personil-personil yang ditempatkan di pihak kecamatan, yang kemudian mengakibatkan lambatnya pengurusan KTP SIAK. Terbukti dengan tidak mampu bekerja secara efisien dan efektif, sampai menumpuknya berkas di kecamatan. Bahkan sebut Ria, dirinya selaku kepala daerah menyadari dan memahami terhadap keluhan-keluhan masyarakat atas lambatnya pengurusan KTP SIAK. Tidak hanya memakan waktu hitungan minggu, tetapi diperoleh informasi bahwa ada yang sampai satu bulan lamanya baru selesai pengurusan KTP.”Sesungguhnya saya menyadari hal itu, karena saya tahu keluhan masyarakat tidak dibuat-buat. Saya mengakui masih lemahnya personil di kecamatan. Operator yang bekerja belum berjalan lancar Termasuk juga dengan peralatan yang kita miliki, masih belum lengkap,” ujar Ria, Jum’at (25/1).

Menurutnya, sidak yang akan dilakukannya dalam waktu dekat ke seluruh kecamatan yang ada di Kota Batam, akan bisa membantu dirinya untuk mengetahui penyebab utama terhadap keterlambatan pengurusan KTP SIAK. Apakah memang disebabkan atas kelemahan personil kecamatan, atau memang sengaja diperlambat.

Jika memang kedapatan adanya unsur kesengajaan personil kecamatan atau aparat pemerintah lainnya memperlambat pengurusan KTP, Ria menegaskan tidak akan segan-segan untuk dijatuhi sanksi. Jangan sampai ada masyarakat yang menjadi korban, akibat ulah aparat pemerintah yang seharusnya memberikan pelayanan maksimal.

Meskipun begitu lanjut Ria, saat ini Kota Batam memang masih menghadapi masa transisi di dalam pengurusan KTP SIAK. Artinya, untuk pengurusan KTP memang tidak bisa diperoleh dalam hitungan dua atau tiga hari. Melainkan memakan waktu antara 1-2 minggu lamanya. Yang pasti tidak sampai berbulan-bulan lamanya.

“Pemerintah akan terus memperbaiki sistem yang ada di pemerintah itu sendiri. Jika memang berasal dari kelemahan personil kecamatan, kita akan perbaiki itu dengan kegiatan yang tepat. Tetapi jika lamanya pengurusan KTP karena disengaja, maka saya tidak akan diam. Saya akan tindak tegas orang yang bersangkutan,” tegas Ria. (sm/ra)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s