Tiga Kepala Dinas Dipanggil

Sabtu, 26 Januari 2008
Puluhan Kontraktor Terancam Didenda
BATAM (BP) – Saat ini, Pemko Batam telah mengantongi daftar proyek molor berikut kontraktornya. Puluhan kontraktor yang proyeknya bermasalah, terancam dikenakan denda.Terkait masalah ini, Kamis (24/1) lalu, Wakil Wali Kota Ria Saptarika telah memanggil tiga kepala dinas yang disebut-sebut memiliki banyak proyek molor. Kepala dinas yang dipanggil; Kadis Pendidikan Muslim Bidin, Kadis Kimpras Harry Roekamto, dan Kadis Kesehatan Mawardi Badar.
Namun Ria tak merinci dinas mana yang proyeknya paling banyak bermasalah. “(Jumlahnya) hampir sama lah,” katanya sesaat sebelum melaksanakan Salat Jumat, kemarin.
Masing-masing Kadis, diminta dapat memperbaiki kinerja termasuk penertiban adminstrasi. Perusahaan yang terancam membayar denda itu, sebut Ria, sudah didaftar dan bisa jadi kemudian di-blacklist dari pelaksana proyek Pemko selanjutnya. “Tapi kita lihat lagi alasannya,” katanya.
Proyek yang pengerjaannya belum sampai 50 persen, dapat saja diputus dan pengerjaannya ditender ulang. Sedangkan, proyek yang sudah di atas 50 persen, akan masuk dalam APBD.
Ria sama sekali tidak khawatir jika nanti kontraktor-kontraktor ini tidak bisa memenuhi kewajibannya membayar denda. Sebab, setiap perusahaan memiliki dana cadangan yang bisa diambil sebagai pembayaran denda mereka. Nantinya, denda ini akan menjadi tambahan untuk kas daerah.
Terkait keluhan anggota dewan bahwa Pemko tidak memberi laporan proyek molor, Ria tidak menyangkalnya. Pemko, katanya, memang tidak memberi laporan resmi. Sebab, setiap tiga bulan sekali, Pemko telah memberikan laporan dana yang terserap. “Dari sana Dewan bisa tahu kalau ada proyek yang molor,” katanya. (cr6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s