Puluhan Kontraktor Didenda

Senin, 2008 Januari 28

Akibat proyek molor, banyak kontraktor didenda. Jumlah proyek yang molor ini cukup banyak. Hal itu ditegaskan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika, Jumat (25/1). Hanya saja, Ria tidak ingat persis berapa jumlah kontraktor yang akan didenda itu.
”Saya lupa jumlah pastinya. Tapi, ada puluhan, mereka terlambat menyelesaikan proyek APBD 2007 di tiga dinas,” kata Ria.
Selain itu kata Ria, ia juga sudah memanggil tiga kepala dinas yakni, Kadis Kesehatan, Kadis Pendidikan dan Kadis Kimpras untuk mengetahui proyek-proyek molor itu.
Karena banyaknya proyek yang molor, Ria mengintruksikan agar masing-masing Kadis memperbaiki kinerja dan pola administrasi. Banyaknya proyek molor ini, katanya, merupakan peringatan untuk tiga kepala dinas itu.
Masih menurut Ria, perusahaan yang terancam kena denda. Tidak tertutup kemungkinan mereka dimasukkan ke daftar hitam, hingga tidak bisa ikut tender lagi di Pemko.
Yang penting, menurutnya, pemerintah melihat penyebab keterlambatan proyek tersebut. Apakah disengaja atau karena faktor teknis di lapangan.
“Bagi mereka yang mengerjakan proyeknya belum sampai 50 persen, harus dicut dan ditender ulang,” katanya lagi.
Untuk proyek yang realisasinya di atas 50 persen, katanya, masuk dalam APBD 2008. Kontraktor yang didenda harus segera membayar kewajibannya itu. Sesuai aturan, denda dibayar sebesar lima persen dari nilai proyek.
“Jika tidak dibayar, kita bisa mengambil uang jaminan yang mereka titipkan,” ungkapnya.
Ditambahkannya, seluruh uang dari denda keterlambatan proyek nantinya akan dimasukkan dalam kas daerah. Ketika disinggung mengenai anggota dewan ingin meminta laporan resmi dari Pemko tentang jumlah proyek molor, menurutnya, itu tidak perlu.
”Realisasi proyek, tiap tiga bulan kita sampaikan dalam laporan serapan anggaran. Jadi, jika ada yang molor mereka sudah tahu dari laporan yang disampaikan,” pungkasnya.(Batam News)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s