Dahlan Optimis Batam Jadi Hijau

Kamis, 31 Januari 2008BATAM, TRIBUN – Pemko Batam akan melibatkan peran masyarakat guna mewujudkan Batam Hijau. Oleh karena itu, masyarakat diharapkan membuat kegiatan yang berkaitan dengan penghijauan.

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengungkapkan, pihaknya akan mengakomodir kegiatan yang berkaitan dengan penghijauan Batam. Ria mengatakan Batam ditarget tahun 2015 akan menjadi kota hijau. “Kita ingin masyarakat ikut menyukseskannya program ini,” kata Ria usai pelantikan pejabat eselon III, IV dan para Lurah di Asrama Haji Batam Centre, Rabu (30/1).

Sementara Wali Kota Batam Ahmad Dahlan optimis mewujudkan Batam Hijau di 2015 nanti.”Kita akan menanam pohon terus menerus terutama di jalan-jalan sehingga Batam bisa hijau dan indah,” kata Dahlan.

Seperti diberitakan, Ahmad Dahlan mengajak masyarakat melakukan gerakan Batam Menanam dan mengajak semua lapisan masyarakat untuk ikut menyukseskan program itu.

Ia menyebut lokasi pohon yang akan ditanam akan disesuaikan dengan kajian Dinas Tata Kota sehingga pohon yang tertanam punya estetika.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Yusfa Hendri, menyebutkan semua kawasan di sepanjang jalan-jalan utama akan ditanami karena merupakan jalan utama yang dapat di akses dari berbagai sudut kota. Jenis pohon yang ditanam adalah jenis pohon Pulai, yang kini tengah gencar-gencarnya dilestarikan pemerintah.

Tahun 2008 pemko berencana menanam pohon sebanyak 150 ribu batang. Pohon-pohon tersebut distribusikan ke kelurahan, selanjutnya pihak kelurahan mendistribusikannya ke warga.

Gerakan menghijaukan Batam, sudah dilakukan sejak tahun 2003. Dari data Dinas Kelautan, Pertanian dan Perikanan, hampir semua ruas jalan di Kota Batam, termasuk bahu jalan utama menuju ke Pulau Rempang dan Pulau Galang, sudah ditanami. Namun masih terlihat banyak areal yang gersang yang perlu ditanami pohon.(hat)

Advertisements

One thought on “Dahlan Optimis Batam Jadi Hijau

  1. Pak..Pak… Mau Hijau gimana wong bukit hijau digunduli dipapras sampai rata dengan jalanan, di sulap jadi Ruko, sudah jadi Ruko tidak lakum ya jadinya Tempat Jin Buang Anak, Seperti g Jauh dari simpang Jam banyak gedung Alang – alang (BIP).

    Stop pembangunan Rumah / Ruko sudah banyak komplek perumahan masih banyak yang tak berpenghuni, kebanyakan Rumah Pak.

    Kalau mau Bapak kasih penghargaan buat bapak tua yang sering menanam pohon tanpa pamrih di Perumahan dekat Kecamatan Sagulung.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s