Novotel Peduli Pendidikan, Lakukan MOU dengan SMK Widya

Jumat, 01 Pebruari 2008
JODOH- Hotel Novotel Batam mewujdukan kepeduliannya terhadap dunia pendidikan dengan menggandeng SMK Widya berpraktek di hotel itu. Dalam rangka pengukuhan kepedulian itu, Kamis (31/1) malam, ditandatangilah Momerendum of Understanding (MoU) dengan SMK Widya, di ruangan Ramin Novotel Batam. Dari pihak Novotel diwakili oleh GM Novotel, Sigit Budiarso. Sementara dari SMK Widya diwakilo Kepala Sekolah SMK Widya, Juliusman. Penandatanganan MoU itu sendiri disaksikan langsung oleh Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika dan Ketua Dewan Pendidikan Batam, Hardi S Hood.“MoU ini adalah merupakan wujud dari kepedulian PHRI khususnya Novotel terhadap dunia pendidikan di Batam,” ujar Sigit saat memberikan sambutan.

Dijelaskannya, para siswa dan siswi SMK Widya akan di-training tentang perhotelan. Tiap Minggu, para pelajar akan diberikan kursus tentang memasak (cook), tentang dapur (kitchen), dan semua yang berkenaan dengan perhotelan. Tak hanya itu, pelajar SMK Widya juga bisa melakukan praktek langsung di Novotel.

“Intinya kita berusaha membantu pemerintah dalam peningkatan SDM pelajar Batam, khususnya di bidang pariwisata. Kalau bisa masyarakat Batam nantinya tak perlu jadi tenaga kerja di luar negeri, jadi TKI,” tutur Sigit.

Kepala Sekolah SMK Widya., Juliusman mengaturkan terima kasih kepada pihak manajemen Hotel Novotel yang telah bersedia melakukan kerjasama dengan SMK Widya. Kedepannya, ia berharap MoU ini dapat berkesinambungan dan lebih ditingkatkan lagi.

“Semoga MoU ini tidak hanya berlangsung selama satu tahun ini saja,” ujar Juliusman.

Sementara, Hardi S Hood meminta agar para pelajar SMK Widya nantinya bisa melakukan magang di Hotel Novotel. Karena hal itu sangat berdampak positif pada ilmu serta pengalaman pelajar tersebut.

“Saya sangat mengharapkan, agar dunia usaha di Batam lebih berpihak pada dunia pendidikan dan bisa memberikan peluang kepada anak didik kita,” tukas Hardi.

Di lain pihak, Ria Saptarika mengatakan dengan adanya MOU ini, sekolah kedepannya bisa mengembangkan wawasan para siswanya. Anak didik jangan diberi teori saja, tapi harus dibekali dengan keterampilan dan kepribadian sikap. Agar para pelajar bisa menjadi manusia siap kerja dan tak canggung untuk terjun ke dalam masyarakat luas.

“SMK Widya patut bersyukur bisa melakukan kerjasama dengan Novotel. Karena, Novotel merupakan salah satu jaringan dari Accor yang mempunyai standart kerja internasional. Itu harus bisa dimanfaatkan oleh pihak SMK Widya,” ujar Ria yang disambut tepuk tangan hadirin.

Ria juga mengungkapkan, jika pemerintah terus mendorong pihak swasta untuk dapat memberikan dukungan terhadap dunia pendidikan di Batam.

Dalam kesempatan itu, pihak Novotel juga memberikan penghargaan bagi dua karyawan Novotel teladan dalam bulan Januari (the best employed the month) dan satu karyawan Novotel teladan tahun 2007 (the best employed the year). Selain itu, pihak manajemen Novotel juga memberikan bea siswa kepada lima anak karyawan Novotel yang berprestasi. (sm/id)

Advertisements

One thought on “Novotel Peduli Pendidikan, Lakukan MOU dengan SMK Widya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s