Ria Saptarika : Komunitas IT di Batam Sudah Sampai ke Tingkat RT

Ditulis pada Januari 31, 2008 oleh cendanabatam

ria-saptarika.jpgPEMERINTAH Kota Batam bekerjasama dengan PT Telkom Riau Kepulauan, Kamis (31/1/2007) melaunching pemakaian layanan akses internet secara gratis di taman Engku Putri di Batam Centre. Sasaran apa yang hendak dicapai Pemerintah dengan penyediaan area akses informasi di area publik tersebut? Berikut wawancara kami dengan sang inspirator, wakil wali kota Batam, Ir Ria Saptarika usai peresmian.

Redaksi (R): Apa sasaran yang hendak dicapai melalui program ini ?

Wakil Wali Kota : Sasaran kita ingin mengembangkan tekhnologi informasi di tengah masyarakat dengan mengusung konsep Batam Cyber City. Ini memungkin dilakukan karena sesuai indeks, pengetahuan tekhnologi internet masyarakat kita sudah cukup baik. Dari laporan PT Telkom Riau Kepulauan, pertumbuhan para pengguna jasa akses internet di wilayah kita termasuk pengakses terpadat dan tertinggi di Indonesia. Artinya ini peluang. Dan sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memajukan kawasan ini sebagai kawasan emas dengan basis IT ( tekhnologi informasi). Harapan kami, kebiasaan berinternet warga ini harus terus membudaya.

R : Apa yang melatarbelakangi Anda untuk menyediakan titik Hotspot di Engku Putri?

Wakil Wali Kota : Selain mengacu ke program kerja, saya ingin memberikan warna tersendiri dalam mengembangkan fasilitas umum di perkotaan sesuai perkembangan zaman. Dasar pemikiran saya sederhana saja. Pengetahuan masyarakat atas teknologi informasi harus diimbangi dengan penyediaan fasilitas yang baik oleh pemerintah. Salah satu bentuknya, menyiapkan jaringan hotspot di area bermain bagi seluruh warga kota. Rencana kedepan, kami ingin mengajak provider-provider lainnya selain PT Telkom Riau Kepulauan, misalnya Telkomsel dan Indosat, mau bersama-sama merealisasikan langka serupa, yaitu menyediakan hotspot gratis pada sejumlah taman kota yang dibangun Pemko Batam. Diantaranya taman Inspirasi dan taman kolam seberang kantor DPRD dan Graha Pena Batam Centre.

R : Apa Sebenarnya Yang Menjadi Target Pemerintah Dalam Penyiapan Taman internet Engku Putri?

Wawako : Target kita pelajar dan mahasiswa. Kenapa, karena mereka tidak memiliki dana yang memadai untuk selalu masuk ke warnet atau cafe. Dengan penyiapan akses seperti ini, tentu membantu mereka. Selain itu, penyediaan tempat seperti ini bertujuan untuk mengakomodir kepentingan komunitas IT di Batam. Saya harapkan sekolah-sekolah atau kampus, bisa sudah memberi tugas-tugas yang bernuansa IT, sehingga tanpa harus bayar mereka bisa mengerjakan tugasnya di taman internet Engku Putri ini. Disini free.

R : Bagaimana Kondisi Komunitas-komunitas IT di Batam

Wawako : Kalau itu sebenarnya sudah banyak di Batam dan saya selalu berhubungan dengan mereka. Ada pelajar, ada masyarakat umum, ada bahkan komunitas itu di tingkat RT. Mereka bikin milis dan weblog untuk masyarakat, dan disanalah mereka saling berkomunikasi. Seperti saya katakan di awal, masyarakat Batam itu termasuk dalam kategori pengakses dan pengguna internet tertinggi di Indonesia.

R : Ada Rencana Pemko Melakukan Pertemuan Dengan Mereka?

Wawako : Kalau Tahun 2007 lalu, kita 3 kali melakukan pertemuan dengan mereka. Mengundang komunitas ini dan perusahaan yang berbasis IT. Bahkan kita memberi mereka pelatihan gratis, melibatkan perusahaan besar seperti Linux. Kondisi itu kita rancang karena kita sadar kegiatan pelatihan seperti itu biayanya cukup besar.

R : Apa Harapan Anda Atas Penyediaan Layanan Akses Internet Gratis di Engku Putri ?

Wawako : Kita berharap fasilitas yang kita sediakan bersama PT Telkom Riau Kepulauan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dalam memanfaatkan jaringan akses yang tersedia. Karena layanan ini dioperasikan selama 24 jam, harapan kami gunakanlah untuk mengetahui hal-hal positif yang memberikan manfaat. Artinya, tidak mengakses sesuatu hal yang tidak memberikan pengetahuan apa-apa bagi penggunanya. Ini penting saya sampaikan mengingat tempat ini disediakan bertujuan untuk mencerdaskan masyarakat secara keseluruhan. (*)

6 thoughts on “Ria Saptarika : Komunitas IT di Batam Sudah Sampai ke Tingkat RT

  1. Pak Wakil walikota,
    Untuk mewujudkan masyarakat Batam yang melek informasi penyediaan akses informasi internet sangatlah penting. Ini merupakan proyek jangka panjang yang artinya hasilnya akan dipetik dalam beberapa tahun yang akan datang jadi tidak instan, karena ini merupakan cara untuk mendidik masyarakat Batam agar bisa menjadi bagian dari masyarakat global.
    Saya berharap penyediaan fasilitas hotspot gratis ini bisa menjangkau daerah-daerah lain di Batam seperti Batu Aji, Bengkong, Nagoya dll yang notabene lingkungan padat penduduk, sehingga proyek ini bisa dinikmati oleh sebagian besar masyrakat BAtam. Dan bisa mewujudkan Batam sebagai wilayah Cyber city.

    Terima kasih
    ——–
    Hi Pak Wahyudi, Terimakasih atas comment dan dukungannya… Kami berusaha untuk merealisasikan hal tsb, walaupun kita akan lakukan secara bertahap, namun demikian perlu saya tegaskan bahwa itu sudah menjadi semangat kami, apalagi dengan ditambah dukungan dari Masyarakat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Pak Ria, nampaknya pejabat dari pemko dan anggota dewan ramai-ramai ke Belanda.

    Studi banding ke Luar negeri, seberapa pentingkah harus ke Belanda dengan menghabiskan uang rakyat yg begitu banyak dibandingkan dengan manfaat yg didapat ?
    ——-
    Wah kalau yang ini sy miss ini.
    Btw: Saya akan cari infonya.
    Terimakasih Mas Jenaka atas masukannya.
    Wassalam
    Ria

  3. dengan RTRW-Net mudah²an medinet bisa membantu program ini pak. Saya lagi berhayal jika setiap perumahan di batam ada RTRW-Net oh indahnya Batam ini🙂

    koneksikan RT/RW anda dengan internet, membangun silahturahmi dan mencerdaskan kehidupan bertetangga
    http://medinet.wordpress.com
    ———
    Hi Mas Geblek
    Ok dech,
    Pokoke segala upaya meng IT kan Batam saya dukung!
    Eh BTW: ini Ngiklan maksud nya???😀
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Ass.Wr. Wb.

    Pak Ria, …
    Hot Spot Engku Putri No.2 dan No.1 sekarang gangguan..
    yang sisa cuma satu (dari 3) sebelumnya..
    Karena tinggal satu, akses internet jadi melambat, bahkan kadang banyak yang tak dapat akses…

    Sekian keluhan dari saya..
    Terima kasih.

    Salam,
    ———-
    Hi Mas Yudi, terimakasih atas laporannya.
    Insya Allah akan kita tindaklanjuti secepatnya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. pak Ria, saya tinggal di bukit palem permai batam centre. saya bermimpi bisa ada hotspotnya. biar ibu2 disini melek internet. kl ditempat kerja saya di masjid nurul islam sudah oke jaringannya. terimakasih.

    salam,

    widya
    ———
    Hi Mba’ Widya, terimakasih atas kunjungan dan usulannya, secara free saat ini kami baru memiliki Taman Internet Engku Putri di Lataran Engku Putri, bila ingin tau letaknya silahkan click disini http://www.riasaptarika.com/index.php/2008/02/14/letak-free-hotspot-pemko-batamtaman-internet/
    Kami belum dapat melaksanakannya hingga di perumahan… kecuali ada sponsornya.
    Tapi sy kira di Taman Internet Engku Putri tempatnya sangat menarik.
    Biasanya pada sore hari di akhir minggu, ramai sekali warga Batam yg berkunjung dan meng akses Internet disana…bahkan ada yg membawa Istri dan Anak.
    Silahkan datang…demikian dan salam hormat.
    Wassalam
    Ria

  6. Selamat siang Pak Ria,

    Saya hanya ingin menanyakan apakah nggak di buat untuk forum2 bagi anak remaja dalam menggunaka internet, baik sbg komunikasi, berteman, ato dll d, bukan kah akan sangat bagus k dpn nya bagi anak remaja kota batam k depan nya terhadap pengetahuan IT ???

    Salam
    JHon
    ———-
    Bagus itu! sy setuju sekali.
    Kalau ada yg mau ikut ngurusnya kami siap mefasilitasi dan menaungi.

    Ayo! ditunggu respons nya!
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s