Tiga Titik Lagi Ditargetkan Internet Hotspot

Jumat, 01 Pebruari 2008
BATAM CENTRE- Usai launching (meresmikan-red) penggunaan fasilitas internet hotspot di Dataran Engku Putri, Batam Centre, Kamis (31/1), Pemko (Pemerintah Kota) Batam, menargetkan tiga titik berikutnya akan dipasang. Namun, tiga lokasi dimaksud yang nantinya dipilih, masih belum diketahui. Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika mengatakan, beberapa waktu kedepan, pihaknya sudah memikirkan tiga titik berikutnya akan disediakan, tersebar di wilayah kota Batam ini. Sehingga, masyarakat benar-benar dapat menikmati fasilitas IT yang disediakan Pemko. Dengan begitu, masyarakat tidak lagi merasakan kesulitan untuk mengakses informasi yang terus berkembang, dalam kondisi santai sekalipun.”Kita targetkan di tiga titik lagi. Apakah di taman aspirasi atau taman kolam, masih kita pikirkan bersama PT Telkom. Jangan sampai lokasinya juga berdekatan. Tujuan kita tidak lain untuk membudayakan IT di tengah-tengah masyarakat Batam,” ujar Ria.

Peresmian fasilitas internet hotspot di Dataran Engku Putri oleh Wakil Walikota Batam itu, turut didampingi Manager DVAS Telkom Rikep Batam, Budi Prasetyo mewakili GM Telkom dan Dirut PT PLN Batam, Zainuddin kemarin, ditandai dengan pelepaan balon ke udara.

Tidak lupa pada saat bersamaan, diikuti dengan penyerahan bantuan satu unit saung dari PLN Batam yang diterima Wakil Walikota. Namun bantuan saung tersebut masih secara simbolis, dan belum lagi jadi. Akan tetapi, hal itu secepatnya direalisasikan sebagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan masyarakat saat mengakses internet.

Wakil Walikota juga berpesan kepada PT Telkom Batam, agar dalam pelaksanaan di lapangan nantinya, ada sistem pengawasan akses internet yang ketat. Tujuannya tidak lain agar terhindar dari pengaksesan untuk hal-hal yang tidak benar seperti pornografi. Mengingat, Batam menjadi daerah pengakses internet tertinggi se-Indonesia.

Manager DVAS Telkom Rikep Batam, Budi Prasetyo juga berharap, dengan adanya fasilitas internet secara gratis kerjasama pihaknya dengan Pemko Batam ini, dapat menjadikan Batam sebagai Cyber Island, yakni pulau yang penuh dengan tekhnologi canggih. Ditargetkan, 120 pengunjung setiap harinya, dan semaksimal mungkin dapat dimanfaatkan masyarakat Batam.

Faslitas internet hotspot di Dataran Engku Putri tersebut, menambahkan daftar fasilitas internet di Batam. Hingga saat ini, tercatat sebanyak 150 lokasi yang sudah terdapat fasilitas internet hotspot, dan menjadi daerah terbanyak untuk wilayah Sumatera.

“Kita bertujuan ke depannya, bagaimana menjadikan Batam ini sebagai pulau cyber. Seluruhnya serba digital, dan mencipatkn bagaimana wisata di Provinsi Kepri ini juga bisa dipromosikan melalui internet,” kata Budi.

Saat ini, saung sebagai fasilitas tambahan bagi masyarakat dalam mengakses internet berjumlah dua unit, sumbangan PT Telkom Batam sendiri. Tahap pertama, ditargetkan sebanyak enam saung.

Pemerintah berharap agar pihak swasta tertarik untuk membantu pengadaan saung internet hotspot dibutuhkan itu. Dan pemerintah akan memberikan insentif bagi pengusaha berupa pemasangan barner milik perusahaan, di saung yang dibangun mereka. Biaya pembuatan saung juga tidak terlalu mahal, sehingga dirasakan tidak akan memberatkan pihak swasta. Diperkirakan hanya sekitar Rp13 juta per satu unit-nya.

Pembangunan saung juga tidak akan sampai merubah kondisi dan kecantikan Dataran Engku Putri. Sebab, keberadaan saung sengaja dibuat non permanen. Dengan begitu, akan mudah dipindah dan digeser kemana saja. (sm/ra)

6 thoughts on “Tiga Titik Lagi Ditargetkan Internet Hotspot

  1. Sebagai warga🙂

    Saya turut mengucapken terimakasih atas di lounchingnya hotspot ini.

    Selanjutnya saya usul. Salah satu atau semua dari 3 hot spot yang akan di pasang lagi itu sebaiknya di kawasan BIP, di Comunity Center atau di tempat-tempat len yang seterategis di BIP, kenapa harus BIP?

    Sudah sangat wajar kalo pekerja di BIP mendapatkan fasilitas ini. Bukanya sebagian besar Pajak dari BIP? dari ratusan ribu perkerja di BIP situ? ini untuk meng-edukasi. Sekaligus sebagai imbal balik dari pemerintah atas besarnya pajak yang mereka setor tiap bulanya.
    ————-
    Terima kasih atas dukungannya, demikian juga usulannya, akan kami pertimbangkan….BIP kan Kota Batam juga🙂
    Thanks & Wassalam
    RIa

  2. Yup setuju…satu di antaranya harusnya di kawasan industri muka kuning….:-)

    salam.

    ——–
    Hi Mas Agus… Saya setuju idenya, namun kalau boleh kenapa tidak atas nama para tenant Batamindo, Bapak dan rekan lain disini meminta agar Batamindo yg memfasilitasinya, sebagai mana yg pemko Batam lakukan saat ini adalah dengan cera mengandeng PT.Telkom.

    Kami bersedia memback up nya silahkan buat tim dan proposal ke Batamindo.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. Bapak Saptarika yang kami hormati dan kami cintai, kami warga belakang padang banyak mengucapkan terima kasih atas inisiatif bapak untuk memasang internet hotsport, kami mengharapkan kepada Bapak untuk memperhatikan wilayah belakang padang sebagai Kecamatan tertua, kami mengharapkan Bapak dapat memasang Internet HotSport dikawasan Pemukiman Penduduk wilayah kampung tanjung karena sebahagian besar Penduduk sekitar 8.000 jiwa berada di kolasi kampung tanjung, jadi kami mengharapkan bapak dapat memasang di lokasi tersebut.
    atas perhatian Bapak kami warga belakang padang mengucapkan ribuan terima kasih
    Wassalamualaikum

  4. Terima kasih pak, karna telah membangun jaringan wireless hotspot gratis untuk warga batam.
    tapi bagaimana untuk daerah2 kepulauan batam lainnya (Belakang padang, Pulau sambu dll). kapan ya kira2 implementasi hotspot gratis ini sampai ke pulau2 tersebut?
    Internet sangat mempengaruhi perkembangan generasi muda kita, Internet juga sebagai penyampai informasi tercepat saat ini.agar generasi muda kita cepat berkembang dan melek teknologi, internet sangat membantu sekali.
    dan lagi demikian banyaknya warga kita yang sudah bekerja di luar negeri, ini juga mempermudah mereka berkomunikasi dengan keluarga yang berada disana dengan biaya yang sangat murah sekali..

    mengingat juga biaya access internet yang disediakan provider di indonesia masih sangat mahal.
    Saya mohon agar bapak juga dapat membantu untuk mengimplementasikan hotspot gratis sampai ke daerah kepulauan Batam lainnya.

    Terima Kasih
    Wassalam

    Rapa,
    Salah satu warga kepulauan kecil batam
    ———-
    Hi Rapa,
    Terimakasih atas comment dan usaulannya.
    Insya Allah itu sudah juga menjadi target kami, tunggu saja tanggal mainnya!
    Setidaknya akan kami bangun satu hotspot di Belakang Padang!
    Wassalam
    Ria

  5. Hi Pak,
    Belakang padang sudah ada satu titik hotspot.
    cuma lokasinya gak disediakan tempat khusus, seperti ti taman engku putri ini.
    karna lokasinya di dekat warung kopi, kita gak enak jg klo mo lama2 duduk di warung kopi itu hehehe

    saya dengar mo di bangun 1 titik di pinggir pantai langlang laut itu…cuma kayaknya belum di mulai ya pak…
    trus klo fasilitas ini kita sebarkan ke seluruh pulau gimana ya pak..ya mungkin pake wajanbolic ato sejenisnya. apa di ijinkan?
    ntar mungkin dari warga kalau ada yang mau. bisa beli wajanbolic atao alat lain dengan biaya sendiri.

    terima kasih
    Wassalam

    Rapa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s