Wujudkan Batam Cyber City

Senin, 04 Pebruari 2008
BATAM (BP) – Budaya berinternet di kalangan warga Batam sudah lebih baik dibandingkan dengan kabupaten/kota lain di Provinsi Kepri. Pemko Batam mencoba memfasilitasinya dengan menyediakan taman internet Engku Putri.Langkah itu, kata Wakil Wali kota Batam Ria Saptarika, merupakan salah satu jalan mewujudkan Batam sebagai kota cyber. Mengenal internet dan teknologi informasi harus terus dikembangkan, agar membudaya di tengah masyarakat.
”Kita punya sasaran mewujudkan Batam sebagai cyber city. Ini memungkinkan untuk dilakukan, karena sesuai indeks pembangunan manusia (IPM), pengetahuan teknologi internet masyarakat Batam sudah cukup baik,” kata Ria.
Dari laporan PT Telkom Riau Kepulauan, katanya, pertumbuhan pengguna jasa internet di Batam termasuk terpadat dan tertinggi di Indonesia. ”Dan itu harus diimbangi dengan penyediaan fasilitas yang baik oleh pemerintah. Saat ini, yang kita sediakan taman internet di Engku Putri,” ujarnya.
Ke depan, lanjut Ria, ia mengajak perusahaan lain untuk membuat lagi layanan hotspot di taman-taman lain yang sudah dibangun Pemko Batam. ”Seperti di taman aspirasi di sebelah Gedung Dewan atau taman kolam di seberang Graha Pena Batam Centre,” tukasnya.
Taman-taman internet, kata Ria, bisa dimanfaatkan oleh warga Batam untuk mengakses informasi. Terutama oleh pelajar dan mahasiswa yang tak mempunyai cukup uang untuk ke warnet atau cafe.
Ajakan Ria bisa jadi bersambut dengan kesediaan PT PLN Batam menambah satu saung lagi di taman internet Engku Putri. Saat ini, taman internet Engku Putri baru memiliki satu saung.
Dengan membudayanya internet di masyarakat, kata Ria, promosi wisata di Batam bisa dilakukan dengan menjual obyek wisata digital. Ini sejalan dengan Telkom yang memperbanyak titik-titik hotspot di Batam untuk mempermudah turis mengakses internet.
Namun, Pemko Batam dan Telkom harus memperbaiki kualitas akses di taman internet tersebut. Karena, akses sering putus dan tersendat. Seperti Sabtu (2/1) lalu, misalnya. Meski awalnya aksesnya bagus, begitu pengunjung ramai, internet di taman itu langsung ngadat. (med)

5 thoughts on “Wujudkan Batam Cyber City

  1. Tidak bisa di bandingkan dengan daerah kepri yang laen, dari segi pendidikan aja sudah beda.
    perkiraanku, 50 % penduduk batam ada lah lulus SLTA, 25 % sarjana, 25 % lagi laen-lain. Dari tinggat pendidikan penduduknya Jelas internet udah mulai menjadi kebutuhan🙂 cmiiw. Sementara daerah kepri laen kondisinya berbeda.

  2. sah-sah aja pak,aslkan jangan telalu banyak lokasinya karena nanti bisa merusak penghasilan para pengusaha WARNET.
    ——
    Mas Aswan, Keberadaan warnet masih sangat dibutuhkan lho, apalagi ide Cyber City itu… Warnet adalah salah satu pelengkapnya… tentu saja kita tidak ingin Warnet lumpuh…
    namun jangan lupa, Free Hotspot kan tidak menyediakan Computer (bawa laptop masing-masing), sedangkan Warnet menyediakan Computer… jadi sy kira free Hotspot sangat beda dengan Warnet, dia tidak akan mematikan Warnet.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. Siiip! Maju terus!
    Kalo boleh usul kawasan2 terpadat, potensial atau kawasan percontohan juga dikasih free hotspot juga dong!
    Misal muka kuning (he3x gw anak mk kuning pak), katanya kawasan terbaik kok gak ada hotspotnya? (masa tiap hari hrs ke engkuputri? Gak jadi ngirit deh, uang hbs dong buat transport sm makan), kalo blm ada anggaran komporin aja pak Jhon nya!
    Masa kita harus demo dulu minta hotspot!
    (maaf pak gak bs bahasa halus)

  4. Setuju nih dg Wings.
    Semoga ada yg mau berbaik hati pasang hotspot gratis di daerah batu aji🙂
    — tapi tetap saja ga’ bisa make karena ga punya laptop

  5. sip sip sip
    kapan dimulai ini pak, oh ya katanya mukakuning mau dipasang hotspot, kapan pak ?

    koneksikan RT/RW anda dengan internet, membangun silahturahmi dan mencerdaskan kehidupan bertetangga
    http://medinet.wordpress.com
    ——-
    Mas Geblek,
    ingat aja ente! Tunggu aja Insya Allah pada waktunya akan di realisasikan
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s