Batam Kota Jadi Pilot Project

Batam Kota Jadi Pilot Project

Selasa, 12 Pebruari 2008

BATAM, TRIBUN – Kecamatan Batam Kota, dalam waktu dekat akan menjadi pilot project membuat kartu tanda penduduk (KTP) Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) di Batam. Proses pembuatannya akan langsung online ke kantor Dinas Kependudukan di Sekupang. Namun saat ini proses pengurusan KTP masih off line karena perangkatnya masih terbatas.

Rencananya Pemko Batam akan menggandeng Telkom dan Kominfo untuk merealisasikan pembuatan KTP SIAK itu.

Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika mengatakan, dari semua kecamatan yang ada di Batam, Batam Kota dianggap paling layak dijadikan pilot project. “Apabila berhasil maka semua kecamatan di Batam akan menerapkan online ke Dinas Kependudukan,” jelasnya dihadapan para camat di Kecamatan Batam Kota, Senin (11/2).
Ria mengatakan Batam Kota dipilih agar lebih cepat pengawasan terhadap terwujudnya standar pelayanan minimum.

“Selama ini saya mendengar keluhan dari masyarakat yang masuk ke hanphone saya mengurus KTP sangat sulit. Saya ingin memberi kesempatan kepada para camat untuk melayani dengan serius dan komitmen. Keterlambatan ini jelas di pihak internal kita karena saat pemohon mengajukan berkas apabila tidak lengkap, sudah langsung kita tolak,” kata Ria.

Hadir dalam pengarahan itu, Kepala Inspektorat Daerah Hartoyo Sirkoen, Kepala Disduk Sadri Kairuddin, Kepala Kominfo Muramis, Kepala Satpol PP, Azwan dan para camat se- Batam. Dalam pertemuan tersebut para camat mengeluhkan penyebab menumpuknya KTP dan KK akibat balngko yang tidak ada. Selama dua minggu terakhir ini sekitar 3.000 permohonan KTP dan KK menumpuk, namun sudah bisa diatasi karena blangko tiga hari lalu sudah masuk ke Batam.

Para camat mengeluhkan lambatnya masuk blangko, sehingga proses pembuatan KK dan KTP, menjadi terlambat. Ria menyebut, kalau keterlambatan pembuatan KTP dan KK karena faktor blangko yang kosong, masih bisa ditoleransi.

“Saya dan Pak Hartoyo akan sering turun ke lapangan untuk melihat secara langsung. Apabila ini disengaja akan dilakukan tindakan tegas. Hanphone saya buka 24 jam. Silahkan hubungi seperti apa yang terjadi dilapangan. Jangan sampai keluhan dari masyarakat dulu yang masuk. Saya minta jika ada kendala seperti kekurangan blangko laporkan segera ke saya,” kata Ria.

Kepala Disduk Sadri Khairuddin mengatakan agar tidak terjadi permasalahan pengurusan KTP dan KK, dia sudah minta pengiriman blangko dari pusat. “Kita sudah dapat info, dalam minggu depan akan masuk blangko KK dan KTP sebanyak 10 ribu lembar,” kata Sadri.(hat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s