Jatah Pemko Bebas Pajak

Selasa, 12 Pebruari 2008BATAM, TRIBUN – Setelah melalui perdebatan panjang, akhirnya Otorita Batam dan Pemko Batam sepakat dalam penentuan besaran donasi. Pemko Batam mendapatkan jatah Rp 3.000 per tiket dari bandara dan 1,5 dolar Singapura dari pas pelabuhan.

Besaran kesepakatan tersebut lebih kecil dari usulan Pemko Batam yakni Rp 5.000 per penumpang dari bandara dan dua dolar Singapura dari pelabuhan laut.

Ketua DPRD Batam Soerya Respationo mengatakan kesepakatan tersebut sudah diterima pemko. “Perlu diingat enam bulan ke depan kesepakatan ini masih bisa ditinjau sehingga tidak tertutup kemungkinan untuk meningkat dari sekarang,” ujar Soerya kepada Tribun, Senin (11/2).

Kendati demikian, nilai tersebut belum bisa menutupi APBD tahun 2008 yang ditarget dari dua komponen itu sebesar Rp 34 miliar. Secara hitungan kasar passanger fee dari penumpang laut jika diterapkan mulai Februari 2008, maka dana yang terhimpun baru sekitar Rp 15 miliar. Sedangkan dari bandara diperkirakan sekitar Rp 8 miliar. Dengan perhitungan tersebut hanya mampu menyumbang PAD sebesar Rp 23 miliar.

Pertemuan tersebut dipimpin Ketua DPRD Batam Soerya Respationo dihadiri Aris Hardy Halim, Chablullah Wibisono Wakil Ketua DPRD, semua anggota Komisi II, Ketua Otorita Batam Mustofa Widjaja, Wakil Wali Kota Ria Saptarika, Dispenda dan Dishub Batam.

Wakil Ketua I, Aris Hardy Halim mengatakan sesuai pembicaraan dengan Mustofa bagian pemko itu tidak akan kena pajak. Agar tidak kena pajak pemko dianjurkan membuat loket khusus di bandara dan langsung memasukkan dana tersebut ke rekening pemko.

“Sedangkan sumbangsih dari Pemko akan melakukan penataan jalan di sekitar bandara dan pelabuhan termasuk memasang rambu jalan, lampu penerangan jalan dan menata taman menuju pelabuhan dan bandara.(hat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s