Dahlan-Ria Tak Satu Kata

Rabu, 13 Pebruari 2008
Soal Segayang jadi Kawasan Pariwisata
BATAM (BP) – Pemko Batam rupanya tak satu kata soal Pulau Segayang. Jika Wali Kota Ahmad Dahlan memasukkan Segayang sebagai kawasan pariwisata dalam Rancangan Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) Kota Batam 2004-2024, Wakil Wali Kota Ria Saptarika justru menolak.Padahal, rencana itu sudah diajukan Wali Kota ke DPRD Batam. Bahkan, dalam pembahasan Pansus DPRD Batam Rancangan Perda RTRW itu sudah hampir rampung.
Ditemui kemarin, Ria mengatakan usulan Segayang sebagai kawasan wisata, sebaiknya tidak disetujui. Pasalnya, pulau ini jauh dari pengawasan Pemko Batam.
Tambah lagi, katanya, ia tahu persis kondisi pulau ini ketika turun langsung meninjau ke Segayang, tepatnya saat isu Segayang mulai merebak. Jauhnya letak Segayang dari Pemko Batam, akan menyulitkan pengawasan.
Dikhawatirkan, aset-aset yang ditempatkan di sana akan hilang. Sebab, pernah pihaknya terpaksa menyita alat selam dari pengusaha setempat. Pasalnya, Ria menilai alat tersebut bisa digunakan sampai kedalaman sangat jauh. Sehingga dikhawatirkan alat ini akan digunakan untuk tujuan yang keliru.
Ria berharap, mestinya pengusaha di sini melakukan presentasi dulu sebelum Segayang yang di dalam peta dinamakan Pulau Anak Petong diusulkan menjadi kawasan wisata. Selama ini, katanya, pengusaha tidak pernah melakukan presentasi. “Kita ingin punya alasan merestui mereka (sebagai kawasan wisata, red),” katanya.
Pemko sendiri, imbuh Ria, tidak akan menyetujui Segayang sebagai kawasan wisata tanpa ada penjelasan yang cukup. Soal RTRW yang diisukan untuk memutihkan tindakan pihak melanggar aturan, dibantah tegas oleh Ria. “Tidak begitu. Kita coba koreksi dengan mengkaji kriteria lain seperti AMDAL dan sebagainya,” katanya.
Tadinya, Segayang merupakan kawasan hijau, bebas dari pengembangan industri maupun pariwisata. Namun, dalam usulan RTRW baru, pulau tersebut masuk dalam pengembangan kegiatan pengamatan pemandangan alam laut dan wisata bahari lainnya. (cr6)

2 thoughts on “Dahlan-Ria Tak Satu Kata

  1. hahaha ini bukan ngeles/menghindar kan pak🙂
    ah sudahlah itumah sudah biasa dlm berpolitik ria kali🙂 , lawong sby sama jk juga pernah🙂
    —-
    Bisa aja!😉
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s