KTP SIAK Mestinya Selesai Sepekan

Rabu, 13 Pebruari 2008
BATAM (BP) – Anggota Komisi II DPRD Kota Batam. Irwansyah sidak ke Kecamatan Sekupang. Irwansyah menyatakan pengurusan KTP SIAK seharusnya bisa selesai paling lama satu pekan.Irwansyah menyatakan hal tersebut, setelah melihat langsung dan mendengarkan penjelasan mengenai proses pengurusan dan penerbitan KTP SIAK di kantor Camat Sekupang, kemarin. Sekitar pukul 10.00 WIB, Irwansyah datang menyaksikan pelayanan di sana sembari mendengarkan penjelasan Sekretaris Kecamatan Sekupang, Abdul Malik. “Selama ini kami banyak mendengar keluhan lambannya pelayanan dan penerbitan KTP SIAK ini,” kata Irwansyah.
Abdul Malik mengatakan keterlambatan pengurusan KTP SIAK beberapa hari terakhir ini akibat kekosongan blangko. Input data kependudukan masih berlangsung sehingga data harus diverifikasi lebih dulu ke Dinas Kependudukan. “Belum lagi data yang kadang tidak lengkap. Tulisan yang kurang jelas sehingga kami harus membuka file lagi. Seharusnya hal itu disaring di tingkat kelurahan,” jelas Abdul Malik.
Setelah di ruang pelayanan umum, Irwansyah menuju ruang administrasi. Di sana, Irwansyah mendapat penjelasan dari Kasi Pelayanan Umum Titin Yuniarti. Setelah melihat dan mendapat penjelasan Irwansyah pun berkesimpulan, jika satu berkas bisa selesai satu hari, KTP bisa selesai cetak dalam tiga hari. “Bisa kalau ada blanko,” timpal Titin buru-buru.
Menurut Irwansyah, kendala kekosongan blangko seharusnya tidak perlu terjadi. Kendala seperti ini, lanjutnya sudah selesai karena itu ada anggarannya. “Kalau kata Wawako KTP paling lambat dua minggu selesai, saya katakan itu juga terlalu lama. Seharusnya ya maksimum satu minggu,” katanya.

Ria Jamin Sehari Selesai
Sementara itu, di gedung Dewan, Wakil Wali Kota Ria Saptarika menjamin penerbitan KTP SIAK bisa sehari selesai, jika database kependudukan yang sedang berjalan selesai validasinya. “Saya jamin, satu hari selesai. Itu, jika validasi data penduduk yang sedang kita lakukan selesai,” kata Ria, kemarin. (uma/med)

9 thoughts on “KTP SIAK Mestinya Selesai Sepekan

  1. Pak Ria,
    mohon ma’af. Saya mau menanyakan soal KTP (agak sedikit keluar dari bahasan diatas).

    Waktu tahun 2005, saya sudah memiliki KTP nasional dari jawa dan sampai sekarang masih aktif. Saat ini saya tinggal di batam.

    Setahu saya KTP Batam sedang digalakkan KTP Nasional juga (warna biru).

    Apakah itu berarti KTP saya bisa akses di Batam? (untuk buat SIM Batam, atau KK di Batam)?

    Mohon penjelasannya.

    Salam,
    Bambang. S

    http://www.lupus.co.nr
    ——
    Hi Bambang, KTP sekarang memang merupakan KTP Nasional, karena dalam KTP tsb terdapat NIK/SIN (Nomor Identitas Kependudukan/Single Identity Number) yang unik dan berlaku hingga meninggal dunia, tapi hak dan kewajiban terhadap penggunaan KTP tersebut terikat pada tempat asal KTP dikeluarkan.. kecuali bila ybs memindahkannya ke alamat tempat ybs tinggal saat ini… jadi untuk memperpanjangnya harus ketempat asal.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. hemm manggut manggut ah, tapi kok masih seminggu juga yah, apa gak bisa di buat langsung jadi pak, apa sih bedanya ktp siak sama ktp nasional yg dr kampungku itu pak [yg warna biru pakai poto berwarna], soalnya di kampung gak sampe setengah hari dah jadi🙂

    sekedar unek2 saja ya pak, ini diluar conten loh, waktu ngurus bpkb saya di suruh nunggu semingguan lebih, setelah giliran waktu pengambilan eh bpkb saya malah raib:) [malah ada yg berubah jadi bpkb mobil] dan sampai skg blm ada kejelasan sama sekali, padahal sudah kutinggalin no kontak saya.

    nah apa gak takut ktp siak spt itu juga pak🙂 semoga tidak terjadi dalam pengurusan ktp siak ini.
    —-
    Geblek ni siapa sih namanya?… kan ngak enak, saya manggilnya; Mas Geblek..Pak Geblek atau Bu Geblek🙂 Kalau boleh tulis donk namanya di penutup comment nya…
    BTW: Perlu saya jelaskan bahwa sesungguhnya Kondisi KTP SIAK di Kota Batam masih dalam transisi penyempurnaan… kita maih terus menyempurnakan beberapa hal, antara lain:

    1. Data Base yang valid dan Lengkap
    2. Entry Data
    3. Hardware System Online
    4. Software Siak Plus.
    5. Penyiapan SDM yang Baik dan memiliki Komitment pelayanan yang baik

    Bila hal ini sudah rampung Insya Allah saya jamin Pembuatan KTP akan sangat cepat..secara teknis satu Jam atau kurang juga biasa selesai… tinggal nanti gimana kesepakatan kita… untuk itu saya saat ini sedang terus mem Push agar ke-5 hal tsb agar cepat selesai…mohon dukungannya.. termasuk kritik yang konstruktif.
    Demikian Thanks & Wassalam
    Ria

  3. hahahaha panggil mas atau kang saja pak
    la habisnya kolom url di form komentarnya di disable si pak, secara ini blog masak form di kurangi dan meski pakai signature lagi🙂

    terimakasih
    http://jokosupriyanto.com
    xixixixi kesane gimana getu pak, masak komen pakai signature, maapin daku klo gitu🙂
    —-
    Iya deh!!😉
    Wassalam Ria

  4. Pak ria, kenapa jalan yg baru dibangun di batuaji mulai dari simpang kampus rumah makan tobing sampai simpang putra batam belum dibuat tanda marka jalan sebagai pemisah jalan. Kenapa simpang putra batam belum dibangun juga traffic light sebagai pengatur lalu lintas jalan krn di persimpangan tsb lumayan banyak kendaraan yg lalu lalang. dan juga kalo bisa traffic light yg disimpang kampus rumah makan tobing supaya jedah waktu lampu dibuat lebih bagus untuk pengendara, kadang lampu merahnya terlalu lama atau juga lampu hijaunya terlalu lama. sebaiknya dibuat pengaturan lampu tsb secara ideal, mungkin bapak bapak yg dari dinas perhubungan mengetahui mengenai ini. jika tidak mengerti membuat pengaturan lampu tsb bisa dilakukan kerjasama dengan kampus terutama yg ada teknik sipilnya.
    Satu lagi pak kenapa pak walikota tidak punya website seperti ini, jadi masyarakat bisa lgsg menyampaikan keluhannya, krn kita tahu sendiri protokoler pemko sulit sekali untuk bertemu lgsg dengan walikota.
    Tolong jawabanya
    Salam Hormat
    Johannes sidabutar
    —-
    Semoga Pak Johannes sdh terima email sy berkenaan pertanyaan ini…walaupun agak lambat mengupdate comment ini, btw: Info ini sy tindak lanjuti dgn menyampaikan laporan ini ke KADISHUB untuk di tindak lanjuti.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. Pak Ria,
    Maaf yach…saya mau tanya nih. Apa benar tanggal 29-30 Mei 08 mati Listrik secara total.
    Coz, isu ini udah merebak dari mulut ke mulut.
    Wah…kalau gitu batam gelap gulita dong….

    Makasih yach pak buat informasinya.

    =lenny=
    ——-
    Hi Mba’ Lenny, terimakasih atas kunjungan dan comment nya di Blog ini.
    Mengenai rencana Pemadam Lisitrik, (sama dgn pertanyaan pak Joni di bawah) Kami dari Pemko Batam belum mendapatkan pemberitahuan resmi dari PLN, jadi saya belum dapat memastikannya… saat menjawab ini pukul 00.38wib dinihari… so give me time to confirm with PLN on tomorrow Morning.
    Salam beat teman2 lama.
    Thanks & Wassalam
    Ria


    Hi Mba’ Lenny, Terimakasih atas kesabarannya, Kami baru siang ini mendapat kepastian dari direktur utama PLN Batam, bahwa untuk Listrik yg di supplied dari PLN Batam, tidak akan terjadi Pemadaman 100% bahkan mulai besok sampai setidaknya dua hari kedepan, PLN karena mendapat sedikit tambahan supply Gas maka lama mati listriknya akan berkurang.

    Keculai untuk Kawasan Industri yg menggunakan listrik dari GAS yg tidak dari PLN, maka akan memang terjadi pemadaman 100%.

    Demikian semoga maklum adanya,
    Thanks & Wassalam
    Ria

  6. Pak, mohon bantuannya …….
    Untuk lampu merah di Seraya Atas itu sering kali dilanggar oleh pengemudi ( kendaraan ) yang lewat. Sehingga sering terjadi kecelakaan kalau tidak ada polisi piket yang menjaga, terutama dari arah Pelita. Walaupun lampu merah mereka tetap saja lewat, ini sangat menyulitkan kami menyeberang dari arah seraya atas kearah bengkong dan sebaliknya. Kebanyakan masyarakat seraya atas harus menyeberang ke arah bengkong, tapi kendaraan dari arah Pelita seakan tidak perduli terhadap kami warga seraya atas yang ingin menyeberang. Solusi yang saya inginkan, tolong dibuat plang otomatis dipersimpangan dari arah pelita agar pengemudi ( kendaraan ) yang lewat bisa berhenti pas lampu merah menyala, Kami mohon sekali bantuan dari Bapak, karena kami dahulu juga pendukung Bapak sebelum Bapak menjadi seperti sekarang ini. Bukannya menunjuk-nunjuk, tapi sekurang-kurangnya kami punya jasa juga kepada Bapak. Terima kasih

  7. Pak Ria yang terhormat,
    Maaf saya ingin mengeluarkan aspirasi saya kembali. Karena itu adalah tanggung jawab Bapak untuk menampung aspirasi masyarakat Batam.
    Pak Ria yang terhormat, di seraya atas kami sangat membutuhkan PLN karena biaya listrik untuk malam saja kami harus mengeluarkan uang Rp.200.000,00 belum lagi bila tidak ada hujan, kami mesti mengeluarkan uang membeli air Rp. 8500,00 sedrum dikalikan 30 hari bila musim kemarau. Bisa dibayangkan berapa pengeluaran kami sebulan, kadang tidak cukup gaji kami yang hanya bekerja di perusahaan2 kecil. Biasanya setiap hampir pemilu banyak sekali partai2 yang menjanjikan masuk listrik ( PLN ) kekami, seperti tahun ini tapi janji itu hanya tinggal janji, hingga sekarang mereka tidak pernah menetapi janjinya walaupun mereka telah menduduki jabatannya yang memang menghasilkan banyak uang, Jujur, kami sangat mengharapkan sekali bantuan Bapak karena kami sudah muak dengan janji partai-partai yang hanya ingat kami warga kecil ini sekali dalam 5 tahun. Semoga dengan dikabulkannya permintaan kami warga seraya atas ini bisa membuat Bapak terpilih kembali tahun depan, terima kasih, wassalam🙂

  8. yang terhormat pegawai dinas kependududkan di batam.
    mohon ditinjau bahwa pembuatan KTP Siak dan KK di percepat atau dipesingkat karena sangat penting bagi
    kami pencari kerja yang hanya mengandalkan tenaga bukan skill /pendidikan.
    .-= nikolaus lada ´s last blog ..Our Little Cinderella =-.

  9. siang pak Ria

    saya mau tanya tentang pembuatan ktp katanya siap dalam 14 hari. saya perpanjang ktp dari tgl 1 Maret sampai sekarang sudah 45 hari tapi belum selesai, saya cek via internet masih di entre belum di cetak…jadi harus nunggu berapa hari lagi bisa siap…..tapi ada yang saya liat cuma 10 hari sudah siap, bagai mana ini……..

    saya tunggu penjelasannya

    terima kasih

    Imam Rohman
    legenda malaka

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s