Sehari Rampungkan 30 Berkas

Rabu, 13 Pebruari 2008Sehari Rampungkan 30 Berkas

Sehari Rampungkan 30 BerkasBATAM, TRIBUN – Pelayanan pembuatan kartu tanda penduduk (KTP) dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) terus menjadi perbincangan. Ketua Fraksi PPP Plus DPRD Batam Irwansyah menilai, sepatutnya pembuatan KTP bisa dirampungkan dalam tempo tiga hari atau maksimal seminggu.

Penegasan itu menyusul inspeksi mendadak (sidak) ke Kantor Kecamatan Sekupang, Selasa (12/2). Irwansyah menilai, batasan waktu tersebut dapat dipenuhi mengingat lengkapnya sarana dan prasarana pembuat KTP.

“Dengan sistem komputerisasi dan anggaran yang sudah diberikan, 2 minggu terlalu lama. Sepatutnya bisa dalam 3 hari atau maksimal 1 minggu,” kata Irwansyah.

Sebelumnya Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika menargetkan pembuatan KTP bisa diselesaikan dalam tempo dua minggu. Namun batasan waktu tersebut dinilai masih terlalu lama.

Irwansyah yang datang sendirian, mengecek kinerja mulai dari petugas penerima permohonan pembuatan KTP sampai ke bagian input atau proses pencatatan data pemohon ke komputer dan percetakan.

Dari pengakuan Indra Jaya, petugas penerima permohonan pembuatan KTP, ia mampu menyelesaikan sekitar 30 berkas.”Kami berdua setidaknya mampu menyelesaikan 25-30 berkas Pak,” kata Indra.

Abdul Malik melalui Kepala Seksi Pelayanan Umum Titin Yuniarti mengatakan, 20 berkas yang hanya bisa diselesaikan petugas inputnya dikarenakan sering kalinya dijumpai berkas yang tulisannya susah untuk dibaca.

“Tulisan yang susah dibaca tersebut nantinya juga mengakibatkan kesalahan pada pengetikan data pada blanko yang akan dicetak. Akibatnya petugas harus diulang lagi,” kata Titin.

Lebih lanjut Titin mengatakan setiap harinya mereka menerima 50 permohonan pembuatan KTP pada hari Senin dan 10-15 pada hari lainnya. Sementara untuk pengurusan kartu keluarga (KK) menerima 40 berkas permohonan setiap harinya.
“Dengan telah masuknya kertas blanko sebanyak 800 blanko untuk KTP dan 125 untuk KK, kami akan segera menyelesaikan 133 permohonan pembuatan KK, 16 pembuatan KTP baru dan 171 untuk perpanjangan KTP dari tanggal 4-8 Februari,” ujar Titin.(yah)

One thought on “Sehari Rampungkan 30 Berkas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s