Wawako Pun Punya Blog

Friday, February 15, 2008

By Citra Pandiangan (Batam News)

Kebutuhan akan teknologi tidak bisa dipungkiri lagi. Informasi semakin cepat di akses hanya dalam hitungan detik. Internet merupakan bagian dari perkembangan teknologi. Sehingga tidak heran banyak orang yang mengakses internet. Apalagi mengakses internet bisa dilakukan dimana saja.

Tidak heran, perkembangan teknologi satu ini banyak digunakan sebagai wadah penyimpanan data hingga pertukaran informasi. Hal itulah yang dilakukan Ria Saptarika, Wakil Wali Kota Batam. Pria yang memiliki empat anak itu mengaku mengenal blog sebelum menjadi wawako kota Batam. ”Saya sudah mengenal membuat blog sejak 1999. Pertama kali saya membuat web menggunakan layanan geocities, hingga sekarang blog saya masih aktif,” ujar Ria.

Blog atau web pria berbintang Virgo itu berdomain http://www.riasaptarika.com, http://www.riasaptarika.web.id, http://riasaptarika.tripod.com dan http://riasaptarika.wordpress.com. Kebanyakan isi dari keempat blog yang sudah aktif di tahun 2005 dan 2006 itu kebanyakan berisi tentang kliping koran lokal, nasional dan Internasional hingga kegiatan seputar dirinya.

”Untuk blog domain sendiri, saya buat semenjak saya menjabat di Pemerintah Kota Batam. Web ini diluar dari web resmi pemko Batam. Karena isinya seputar kliping koran yang berhubungan dengan saya dan seputar kegiatan saya yang sedang berlangsung,” ungkap pria kelahiran Tembilahan itu.

Diakuinya, saat ini postingan yang ada di web maupun blognya di bantu oleh staffnya. Karena dirinya tidak sempat mengisi sendiri, dikarenakan kesibukannya. Namun, bukan berarti ia tidak pernah memposting artikel di blog atau pun webnya sendiri.

”Bila ada waktu luang. Misalnya saat saya sedang di bandara menunggu pesawat, biasanya saya memposting artikel sendiri,” katanya. Selain mengenal blog atau pun web, anak dari Masfar Saleh itu pun merupakan perintis milis keadilan Batam. Hingga sekarang milis keadilan Batam itu masih eksis, hanya saja yang mengelola milis tersebut sudah bukan dia lagi, tetapi kawan yang dipercayakan untuk mengurus milis tersebut.

”Saya mulai membuat milis keadilan batam tahun 1997, sampai saat ini masih aktif dan kawan saya yang sekarang menjadi mediatornya dan saya tetap sebagai pemilik milis keadilan Batam,” ujarnya sambil tersenyum.

Website domain yang dibuat melalui program wordpress itu banyak di respon masyarakat. Banyak komentar-komentar yang diberikan mengenai artikel yang sedang di posting. Tidak jarang komentar yang diberikan pengunjung kritikan maupun keluhan dari masyarakat. ”Kritikan dari pengunjung gak bisa dibedakan antara website remsi dan pribadi. Karena saya ingin tampil seutuhnya individu dan pejabat,” ujarnya mengakhiri.

Sekedar diketahui website orang nomor dua di Batam dengan domain http://www.riasaptarika.web.id masuk dalam urutan ke 16 menurut hasil Warta eGov dalam katagori website atau weblog pejabat pemerintah.

Author: Citra Pandiangan

6 thoughts on “Wawako Pun Punya Blog

  1. terimakasih atas kunjungannya di blog citra pak Ria… btw, kami mau mengadakan kopdar Sabtu (23/2) ini. Mudahan saja pak Ria ada waktu untuk bergabung di komunitas BBD
    ———
    Ok, ditunggu waktu/tempat fixed nya
    Wassalam
    Ria

  2. salute buat pak Ria jarang ada pejabat seperti bapak so langkah apa lagi pak setelah HOTspot di taman Pemko di tunggu pak langkah selanjutnya ..

    sekedar saran pak … hotspotnya terlalu di bebaskan pak kalau bisa yaah di blok unutk browsing ke situs xxxx
    —–
    Terimakasih dan mohon dukungannya… soal situs xxx akan kita upayakan pemblokirannya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. mba Citra jgn lupa minta juga Pemko jadi sponsor Blogger Batam Direktory (BBD)

    Pa Ria, pengurus BBD sudah terbentuk. Ridwan Rambe ketuanya. Mohon dukungan Pemko Batam dalam bentuk sponsor agar pengurus dapat merealisasikan programnya.

    Waktu mau Launching Taman Internet Engku Putri saya lupa menyampaikan saat bertemu pa Ria.

    Beberapa institusi yg sudah mendukung BBD :
    Batam Pos
    Pos Metro
    Batam News
    Seila Radio
    PT Telkom
    —-
    Ok aja…!!
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Wah, senang sekali bisa mengetahui lebih jauh aktifitas pak Ria melalui blog ini. Sekalian saya link di blog: http://manusiaikanmenulis.blogspot.com/
    Terima kasih. Tetap semangat pak ya!
    ——-
    Hi Mas Deni Assalammu ‘alaikum wrwb. Apa kabar?…terimakasih atas kunjugan dan komentarnya di Blog saya demikian juga telah membuat Link pada Blog anda…saya sudah berkunjung ke Blog nya lho! dan cukup menarik…he he 🙂 kesan pertama langusng teringat masa2 di Banana Leaf… he he… koordinasi persiapan Demo…ha ha..Nice to see you again.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  5. Wa’alaikum salam pak Ria. Kabar baik. Terima kasih. Semoga dengan ini silaturahim kembali terjalin. Tetap semangat untuk berkiprah membangun Batam pak ya… !
    ——
    Amiin…Terimakasih
    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

