500 Ribu Data Sudah Masuk

Senin, 18 Pebruari 2008
Data Kependudukan Dikirim ke Depdagri
BATAM (BP) – Meski pengembalian blangko validasi penduduk oleh warga Batam baru mencapai 95 persen, namun Pemerintah Kota Batam yakin, akhir Februari ini data kependudukan bisa dikirim ke Departemen Dalam Negeri. Keyakinan ini diungkapkan Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika, setelah melihat data entri penduduk sudah mencapai 85 persen.“Melihat angka yang sudah di-entry, saya yakin dalam waktu dekat data kependudukan ini sudah dapat dikirim ke provinsi kemudian dikirim ke Depdagri,” ujar Ria Saptarika, kemarin.
Jumlah data kependudukan yang sudah dimasukkan jelas Ria, sudah mencapai 500 ribu data. Bagi Ria ini merupakan prestasi yang luar biasa. Karena itu ia optimis data kependudukan Kota Batam dapat diserahkan ke Depdagri akhir Februari ini.
Meski proses pengentrian data sulit mencapai 100 persen namun pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Sehingga, pada pelaksaan Pemilu mendatang, semua masyarakat di Batam memperoleh haknya sebagai pemilih. “Yang belum di-entry ada 15 persen lagi,” katanya.
Sementara itu, pengembalian blangko validasi kependudukan telah mencapai 95 persen. Hari terakhir pengembalian, Rabu (13/2) lalu, terjadi lonjakan. Sisanya yang lima persen, Pemko tidak terlalu banyak berharap.
Ria memperkirakan, sisanya itu bisa saja karena masyarakat benar-benar tidak mengisi blangko kependudukan itu atau sudah mengisi namun tidak mengembalikannya. Namun, pemerintah tidak mungkin memperpanjang lagi masa pengembalian blangko. “Kalau diperpanjang lagi, kita bisa terlambat mengirimkan data itu ke Depdagri,” katanya. (uma)

2 thoughts on “500 Ribu Data Sudah Masuk

  1. Assalamualaikum pak ria..

    Maaf sebelumnya saya perkenalan dulu saya Iqbal Pekerjaan Dosen (Poltek) dan Sekolah Tinggi Muhamadiyah Batam dan kebetulan Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Batam.

    1. Pak Ria Blangko Pengisian SIAK sangat Ribet, sulit diisi, apalagi bagi orang awam, tolong dianalisa lagi formatnya atau minimal dilampirkan contoh pengisian yang benar. jangan hanya untuk orang pintar saja, sehingga banyak penduduk yang mengisinya asal-asalan, yang penting ngumpul sehingga datanyapun akhirnya tidak akurat, dan silahkan bapak croscek ke lapangan saya kira 50 % datanya salah isi. Padahal datanya akan di Analisa Oleh Software.

    2. Pak Ria Pengentryan Data SIAK mengapa harus ke Siduk dulu, Mengapa tidak di Kelurahan saja, kalau memang Softwarenya online Internet (pakai Password), kalau tidak online internet saya rasa software tidak akan menjamin data kependudukan indonesi akan benar dan akurat. sehingga di kelurahan Tinggal dipasang Speedy. Dan kelurahanpun lebih memiliki akses data ke Masyarakat yang lebih cepat dan akurat. Kan Nilai Proyeknya software kayak gini kalau milik Pusat bisa bernilai Milyaran, masak tidak online.

    3. Kalau SIAK tidak Online intenet (pakai password) maka data Batam akan sulit di Update. ini artinya Proyek buang uang lagi.
    —–
    Hi Mas Iqbal, Assalammu ‘alaikum wr.wb.
    Terimakasih atas perhatiannya… gitu donk harusnya di keluarkan ilmunya buat bantuin Pemko, jangan sudah selesai baru diusulin… jadi kan sulit di implementasikan…
    coba dari kemarin saat masih heboh sosialisasi pendataan ulang tsb… sekarang malah saat sy menjawab ini sy sdng berada di Dirjen ADMINDUK, untuk menyerahkan data Kependudukan yang sudah kita entry tsb.

    Perlu sy jelaskan pula SIAK ini adalah program pemerintah pusat dengan perintah Keputusan Presiden… didaerah kita hanya menjalankan saja dan tidak bisa menolak karna berlaku secara nasional.

    Sedangkan sistem online nya sangat ketat tidak dapat dilakukan melalui Speedy karna data tersebut dilindungi secara undang-undang jadi tdk bisa menggunakan jalur publik seperti speedy… kalau pun pakai milik pihak ketiga harus merupakan Dedicated Line.

    Sy tunggu masukan2 real time berikutnya.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Assalamualaikum.

    Terima kasih banyak atas balasannya pak, Diluar dugaan saya,seorang wakil wali kota masih sempat membalas pesan dari orang kecil. Saya kira blok ini hanya untuk show saja. Saya salut dengan bapak,

    Oya pak , kebetulan saya baru tahu blok bapak ini. Makanya saya langsung kirim pesan.ternyata bapak langsung tanggap. Jadi saya salut sekali lagi.

    Saya udah memperkirakan software itu dari pusat, memang sih teman teman pemuda muhammadiyah pusat ngasih tahu..

    Pak kalau mengenai alasan teman teman disduk pusat menyatakan datanya sangat penting. dan tidak boleh pakai jalur publik, itu alasan orang bodoh pak. Bilang sama mereka kalau bodoh jangan lebih membodohi masyarakat umum. katakan saja sama mereka mau mengambil uang dari kantong Negara lagi. Makanya pakai jalur khusus untuk pengiriman data.

    Kalau gitu Lebih parah lagi data transaksi bank yang berhubungan dengan uang. justru kita bisa pakai transaksi pakai warnet. Maafpak saya bukan menggurui bapak, tapi saya kesal sama teman-teman yang dipusat yang hanya alas sekurity tidak masuk akal.
    Apalagi kiriman datanya harus dikirim langsung dan tidak pakai internet. Dan yang kirim harus pejabat penting. itu malah lebih lawak lagi.
    Memang sih pak teman-teman pusat sering mempermainkan kondisi ini. Bapak jangan menyerah begitu, kalau masalah undang-undang security data kan disahkan sama teman-teman DPR . Tolong minta Ahli IT jelaskan sama anggota masalah Security data.
    Kalau boleh, tolong kasih no email saya sama teman disduk.. : rnpanay@yahoo.com atau email programmernya disduk..
    Kalau menurut saya kemungkinan besar projeknya software ini setelah di ambil oleh konsultan dan disubkan lagi.
    Jadi ada kemungkinan projek SIAK ini berikutnya akan on line internet( Uang keluar lagi) karena biasanya dipemeritahan selalu begitu.

    Wassalam
    Fastabiqul Khairat
    Ketua Pemuda Muhammadiyah Batam
    Iqbal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s