Ria Ngaku Masih Kompak

Senin, 18 Pebruari 2008
Isu Merenggangnya Dahlan-Ria
BATAM (BP) – HUBUNGAN Wali Kota-Wakil Wali Kota, Ahmad Dahlan dan Ria Saptarika mulai digoyang selentingan merenggangnya hubungan keduanya. Pasangan yang diusung Partai Golkar-PKS dan lainnya ini mulai kerap berbeda pandangan dan jarang bertemu.Di pelabuhan internasional Sekupang, Sabtu (9/2) pekan lalu, sejumlah kepala dinas menyalami takzim tangan Ahmad Dahlan yang hendak bertolak ke Singapura. Orang nomor satu di Batam itu akan meninggalkan Batam, guna berangkat umrah bersama Mariana, isterinya.
Dahlan tak banyak meninggalkan pesan. Ia hanya bercerita soal rencana umrahnya yang lama terpendam. Rencana itu tak bisa langsung terealisasi, karena kesibukannya.
Ada Buralimar, Rudy Sakyakirti, Yusfa Hendri, Martin Moromon dan sejumlah staf lainnya yang melepas kepergian Dahlan. Ria Saptarika tak nampak.
Namun, Dahlan tak menanyakan keberadaan Ria kepada anak buahnya yang melepasnya di pelabuhan.
“Pak Ria lagi ada acara di Galang,” kata salah seorang pejabat di Pemko Batam, kepada Batam Pos, saat itu.
Tak ada yang aneh dengan keberangkatan Dahlan, itu. Namun, ketidakhadiran Ria memunculkan spekulasi lain. Kabarnya, hubungan Dahlan-Ria merenggang. Ada sejumlah kebijakan mereka yang tak sejalan.
Isu keretakan itu tak sampai menguap ke publik. Hingga, beberapa hari lalu, Ria Saptarika mengungkapkan ketidaksetujuannya Segayang jadi kawasan pariwisata sebelum memaparkan rencana itu ke Pemko. Padahal, Dahlan terang menyatakan Segayang akan dijadikan kawasan pariwisata.
Lalu, dua hari setelah itu, Ria kembali mengungkapkan statemen berbeda dengan apa yang diungkapkan Dahlan. Kali ini soal Badan Usaha Milik Daerah (BUMD). Menurut Ria, manajemen BUMD yang ada saat ini perlu diganti.
Pernyataan itu seperti mengulang statemen yang sama dengan yang diungkap Ria, pertengahan 2007, silam. Saat itu, Dahlan tak mau menanggapi. Ia hanya bilang, BUMD masih terus dievaluasi kinerjanya.
Kenyataannya, Hari Basuki yang menjadi Direktur BUMD tak pernah diganti Dahlan. Batam Pos langsung memberitakan soal Dahlan-Ria yang tak satu kata soal BUMD itu, Agustus 2007.
Dua pernyataan terbuka, tentang perbedaan pandangan Dahlan-Ria itu, tak ayal membuat isu renggangya hubungan keduanya mengental. Apalagi, konon, meski ruangan mereka hanya dipisahkan sekat dinding, Dahlan dan Ria jarang berkunjung.
Soal jarang saling berkunjung ke ruangan itu, pernah juga diberitakan media, tahun lalu. Namun, Dahlan lagi-lagi membantah kalau hubungan mereka renggang.

Ria: Kita Tetap Kompak
Di blog pribadi Ria Saptarika, http://www.riasaptarika.web.id, ada pembaca yang mengomentari soal berita “Dahlan-Ria Tak Satu Kata”, yang beritanya diambil di Batam Pos. Pembaca itu menganggap perpecahan itu biasa, karena SBY-JK pernah mengalaminya.
Namun, dalam blog tersebut, Ria membantahnya. Menanggapi komentar itu, Ria mengatakan, “Itu kan karna dibahasakan versi media…kami Pak Dahlan Saya Ria, baik baik saja kok… masih kompak dan solid. Thanks & Wassalam. Ria.”
Batam Pos yang menanyai Ria soal isu perpecahan itu, dibalas Ria dalam sebuah layanan pesan singkat (SMS). Isinya, “Tidak sama sekali. Thank’s dan wassalam.Ria.”
Lalu, dalam kunjungannya ke Pantai Bemban, Nongsa, beberapa waktu lalu, Batam Pos kembali menanyakan isu tersebut. Namun, Ria Saptarika menyangkal dengan tegas, isu itu. Sambil setengah tertawa, Ria menampiknya.
“Bukan renggang. Secara moral saya pernah ke sana (Segayang, red) dan memperhatikan titik itu. Makanya saya tahu kondisinya,” katanya.
Soal ia juga jarang terlihat bersama Dahlan menghadiri acara, Ria tak langsung menjawab. Sambil sekilas menggaruk pasir dengan kakinya, Ria lagi-lagi menegaskan itu tidak benar.
“Saya tak tahu juga ada isu seperti itu. Di website juga ada yang komentar seperti itu. Saya jawab saja, tidak ada apa-apa. Aman kok,” jawab Ria.
Tak ada yang tahu pasti soal keretakan itu. Wali Kota tak bisa dikonfirmasi karena sedang umrah di tanah suci Makkah. SMS yang dikirim Batam Pos, tak mendapat jawaban. (med/cr6)

3 thoughts on “Ria Ngaku Masih Kompak

  1. Saya selalu berharap dan berdoa agar pak Dahlan-pak Ria selalu kompak sehingga bisa melaksanakan amanah rakyat Batam dengan baik. Perbedaan pendapat itu kan masalah biasa, tapi jangan sampai dibawa ke hati lah. Kebijakan tetap harus satu kata dong. Bagaimana pak Ria?
    —-
    Setuju!! terimakasih atas dukungan moral yang cukup simpatik.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. xixixi tentang ini lagi, yasudah biar masyarakat percaya sampean sama pak dahlan baik2 saja, posting screenshot bapak sama pak dahlan yg lagi pelukan teletabis di blog ini.
    karena kata blogger🙂 tanpa screenshot adalah basbang🙂
    —-
    Ide cerdik😉 …sy akan perhatikan
    Thanks & Wassalam
    Ria

  3. ass. pak.. saya sering baca blog bapak akhir-akhir ini.. tulisanku memang sedikit nakal, tapi benar-benar untuk memenuhi keingintahuan publik…
    semoga tetap langgeng dengan pak dahlan…
    wasslam..
    —-
    Ya…no problem…saya senang ternyata masyarakat sangat peduli…Sebenarnya sy dan Pak Dahlan memang tidak ada masalah apa2.
    Sengaja saya tanggapi disini, juga karna sy ingin agar masyarakat tahu bahwa tidak ada masalah apa2 antara sy dan Pak Dahlan …kalaupun ada, itu untuk sesuatu sangat wajar…
    Dalam pandangan Islam justru perbedaan itu adalah sebuah Rahmat…artinya bila antara dua orang atau lebih dalam sebuah organisasi (jama’ah) memiliki macam-macam atau memiliki kopetensi yang berbeda-beda justru ini merupakan kekuatan…dan tentunya itu tidak perlu disoroti secara salah.
    Bahkan dalam pergaulan saya selama ini dengan Pak Dahlan, saya menemukan banyak kesamaan.
    Demikian semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s