Surat Pengantar Nikah Rp 50 Ribu

Jumat, 22 Pebruari 2008BATAM, TRIBUN – Menjelang dua tahun pemerintahan Ahmad Dahlan-Ria Saptarika, Batam ternyata belum bersih dari pungutan liar atau pungli. Terbukti masih terdapat oknum kelurahan yang terang-terangan menetapkan tarif pelayanan tanpa menyertakan kwitansi.

Penelusuran Tribun di Kelurahan Baloi Indah, Kamis (21/2), pengurusan surat pengantar nikah dipatok dengan biaya Rp 50 ribu. Padahal di beberapa kelurahan lainnya tidak menarik biaya pengurusan sejenis.

Uniknya lagi, penetapan tarif tersebut tidak disertai nota atau kwitansi. Dalihnya, penarikan sudah sesuai dengan ketentuan kelurahan.”Tanya saja pada bu lurahnya,” ucap seorang pegawai sambil menunjuk Lurah Baloi Indah di dalam ruangan yang terbuka. Bukan itu saja, bahkan ada pegawai yang melontarkan kalimat,”Nikah massal kali…gratis.”

Suasana di Kelurahan Baloi Indah di hari kerja cukup ramai. Antrean warga terlihat saat pengurusan surat resmi mulai dari kartu miskin, kartu keluarga, dan berbagai surat lainnya.

Camat Lubuk Baja Dece Awidaria mengakui pungutan tersebut di luar ketentuan. “Sudah saya telepon dan ingatkan lurahnya soal itu. Jika memang ada laporan dari masyarakat lagi akan kami berikan surat teguran pada kelurahan tersebut,” ungkap Dece ketika dihubungi.

“Sebetulnya, satu bulan sebelumnya kami juga sudah mengumpulkan dan memberi pengarahan,” kata wanita yang baru menjabat camat di Lubuk Baja satu bulan ini.
Menurut Dece, tradisi memberikan uang secara sukarela pada staf kelurahan sebetulnya sudah berlangsung lama. “Tetapi kalau memberikan sukarela kan sebetulnya tidak masalah. Kalau sampai menentukan seperti itu jelas tidak boleh. Tadi mungkin khilaf,” paparnya.(tar).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s