Benahi Sekolah, Berikan Beasiswa

Senin, 25 Pebruari 2008
BATAM (BP) – Tepat 1 Maret 2008 mendatang, Wali Kota Ahmad Dahlan dan Wakil Wali Kota Ria Saptarika genap dua tahun memimpin Batam. Di bidang pendidikan, Dahlan-Ria menginginkan Batam memiliki SDM berkualitas dan siap pakai.Meski tak mudah, kata Wali Kota, selama dua tahun memimpin Batam, mereka sudah melaksanakan banyak hal di bidang pendidikan itu. “Kami masih berada di track untuk mewujudkan Batam yang madani, sekaligus mewujudkan SDM yang beriman, dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” kata Dahlan.

Data di Pemko Batam menyebutkan, sepanjang dua tahun kepemimpinan Dahlan-Ria, tak sedikit kegiatan di bidang pendidikan yang telah mereka lakukan. Antara lain, pemerataan dan akses pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi pendidikan serta percepatan pembangunan pendidikan daerah hinterland.
Di bidang pemerataan akses pendidikan, Pemko Batam menggarap penyelenggaraan wajib belajar (WAJAR) pendidikan dasar sembilan tahun dengan membebaskan biaya bagi penduduk miskin serta penambahan sarana dan prasarana pendidikan untuk meningkatkan daya tampung serta daya jangkau pendidikan dasar.
Kemudian, melakukan perluasan dan pemerataan pendidikan menengah jalur formal dan non formal untuk meningkatkan daya tampung dan daya jangkau pendidikan menengah, memberikan subsidi biaya penyelenggaraan pendidikan (SBPP) bagi siswa SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA dan SMK serta beasiswa prestasi bagi siswa negeri dan swasta.
Untuk meningkatkan mutu pendidikan, Pemko Batam memberikan subsidi bantuan dana pendidikan bagi guru yang berprestasi, menyediakan alat media pembelajaran, mendirikan sekolah – sekolah berstandan nasional dan internasional serta pelatihan terhada siswa SMA.
Di kawasan hinterland, Pemko melaksanakan pembangunan SD/SMP satu atap bagi pulau-pulau terpencil, menyediakan alat transportasi bagi guru dan siswa, memberikan penghargaan bagi guru-guru daerah terpencil dan menyediakan asrama siswa dan guru bagi daerah terpencil.
Hingga akhir tahun 2007, jumlah sekolah negeri dan swasta mulai TK hingga SMA tercatat sebanyak 645 sekolah. Dibandingkan jumlah penduduk, angka ini belum berimbang. Siswa sekolah di Batam sendiri tercatat sebanyak 125,166 siswa.
Sedangkan jumlah gurunya sebanyak 7,003 orang. Dari jumlah itu, dari 892 orang guru SD/MI negeri, 50 persen di antaranya sudah lulus program penyetaraan Diploma II PGSD. Juga ada enam guru yang sudah SII.
Sepanjang tahun 2007, Pemko Batam telah membangun 62 ruang kelas baru dari SD hingga SMA. Pemko juga membangun tiga asrama yakni dua asrama siswa dan satu asrama guru, merevitalisasi dua SD, merehabilitasi sebelas SD dan satu MI dengan jumlah ruang kelas yang diperbaiki sebanyak 60 kelas. Sedangkan, untuk SMK ada delapan ruang kelas dan empat bengkel sekolah.
Pemko juga mengadakan 30 set alat pendingin ruangan (AC), 31 set komputer siswa, pengadaan 9 set alat laboratorium, pengadaan 76 set alat peraga untuk siswa, dan pengadaan sebanyak 39.555 eksemplar buku wajib penunjang kegiatan proses belajar mengajar guru dan siswa.
Ada juga pengadaan meubiller untuk SD hingga SMA yang terdiri dari 19.614 set meja dan kursi, 2.071 lemari, dan sepuluh paket perabot penunjang kegiatan siswa, guru dan kepala sekolah.
Untuk rumah dinas, sepanjang tahun 2007, Pemko membangun rumah dinas 26 unit untuk kepala sekolah, guru dan pengawas sekolah. JUga ada pematangan lahan untuk 22 sekolah.
Untuk pembangunan sekolah baru, tahun 2007 lalu, Pemko membangun TK Pembina di Bengkong Sadai, satu SD Negeri di Tembesi, satu SD Negeri di Tanjung Buntung, satu SD Negeri di Kampung Jabi, satu SMP Negeri di Kampung Jabi, satu SMA Negeri di Batu Merah, dan pembangunan satu paket SMA bertaraf internasional yang proses pembangunannya dilanjutkan pada tahun 2008. (med)

Advertisements

11 thoughts on “Benahi Sekolah, Berikan Beasiswa

  1. Ass wwb,
    P.Ria…, mohon informasi mengenai program beasisiwa bagi siswa yang berprestasi, beasiswa dari departemen pemerintah atau BUMN dan dari swasta.
    Trimaksih, Wassalam
    ——–
    Hi Pak Joni, Terimaksih atas kunjungan dan pertanyaannya.
    Sejauh ini beasiswa yg Pemko Batam lakukan berikan baru untuk masyarakat hinterland, sedangkan beasiswa dari Institusi lain seperti Pemerintah Pusat dan BUMN, kami belum mendapatkan infonya tapi saya kira dapat meng akses situs-situs mereka untuk mendapatkan informasi itu.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. sy butuh bea siswah nie…!!!

    tolong donk…

    ortua sy uda ga kerja lagi 3 thn belekang

    para donatur…
    tolong ya…

    kalau mau di uji kemempuan sy,boleh lahh…!!!!!

    sy cm mau nerusin kuliah di batam
    ———
    Semoga ada sponsor yg membaca comment anda.
    Sementara ini Pemko Batam baru dapat memberikan beasiswa kepada Anak-anak Hinterland kelahiran Batam.

    Demikian & wassalam
    Ria

  3. ass.pak nama saya Rozikin sekarang sedang menempuhkuliah di jogja semester 8 jurusan teknik lingkungan saya punya rencana melanjutkan S2 tapi orang tuasaya tidak mampu, karena beliau cuma bekerja sebagai nelayan saya asli anak hinterland di kelurahan kasu kecamatan belakang padang, saya ingin sekali melanjutkan S2 saya, kemulian hati bapak sangat diharapkn untuk memberikan informasi baik prosedur mendapatkan beasiswa S2 ataupun bantuan dari para donatur, tolong ya pak.
    ——–
    Silahkan sampaikan permohonannya beserta biodata lengkap ke BKD dan tembuskan kepada saya.
    Demikian & Wassalam
    Ria

  4. Apakah Pemko Batam dan juga sekolah-sekolah setingkat SMU / SMK juga menyediakan beasiswa untuk anak-anak yang ingin melanjutkan sekolah SMU / SMK?
    Mohon infonya untuk saudara-saudara kami yang kesulitan dana untuk menlanjutkan sekolah.

  5. Ass Wb.

    Saya ingin mengajukan pengadaan Alat Peraga Untuk Sekolah di Batam antara lain KIT IPA, KIT Bhs. Indonesia, KIT Bhs. Inggris, KIT Matematika, KIT Peraga IPBA, KIT Mekanika, KIT Magnet dan Listrik, KIT Optika, KIT Panas & Hidrostatika dll. harga sangat murah, kualitas standar sekolah nasional, buatan home industri.

    untuk keterangan lebih lanjut hub. 0813 847 15 874

  6. assalamualaikum
    ap kbrnya pk Ria sy mau tanya
    bh gk sy ngantar proposal d pemko
    sy anak interland udh 1thn lbh kuliah di UNRIKA
    minta tolong untuk dpt beasiswanya.krn sy sangat butuh pertolongannya tlng ya pk gimana caranya
    wassalam

  7. Pak, kapan pengumuman BEASISWA dipemko batam BUAT ANAK Hinterland yang kuliah s1.s2.s3 di Riau daran (Pekanbaru). kami sangat membutuhkan bantuan tersebut. untuk itulah kami sangat mengharapkan bantuan beasiswa yang ada di pekanbaru, maksih

  8. Assalamualaikum..

    Kpd Yth,
    Bpk. Ria S
    Di tempat

    Mohon bantuanya pak jika ada info beasiswa terbaru,
    soalnya saya sangat memerlukannya..
    πŸ™‚
    mohon dikirimkan kepada alamat email saya ya pak..

    Atau mungkin juga pengunjung yang mengetahuinya,
    mohon bantuannya,,
    πŸ™‚

    terimakasih..

    wassalam,
    .-= Subur H´s last blog ..1001 Motivation Articles- Renungan Hidup =-.

  9. Assalamu’alaikum wr.wb
    Kepada yth, Bapak Ria Saptarika
    Mudah-mudahan Bapak & keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT.
    saya fairus, asal dari pulau kasu kec belakang padang, kota batam.
    saya berasal dari sekolah sma n 7 pulau kasu angkatan 2007. sampai saat ini belum berkuliah.
    Sangat sangat bersyukur, akhirnya saya dapat mencari informasi mengenai bapak yang begitu perhatian terhadp dunia pendidikan khususnya di daerah hinterland.
    juga terimkasih saya terhadap pemko batam yang begitu perhatian jg dalam masalah ini.
    saya mohon bantuan dari Bapak mudah mudahan ada peluang saya buat melanjutkan pendidikan ke jenjng perkuliahan, karena keterbatasan ekonomi maka sudah tiga tahun saya belum juga dpat berkuliah.
    saya juga terglg anak yang memiliki prestasi akademik di sekolah, mudah mudahan pertemuan kali ini membawa keberkhan bagi kita semua.
    mudah2an saya juga dapat ikut andil dalam memajukan daerah hinterland,, umumnya untuk kta batam. Besar harapan saya, agar dapat dimaklumi,
    trimakaih atas perhatiannya, mohon maaf atas kesalahannya.
    Fairus : 0831 8415 7909

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s