Lokasi Penggalian Pasir Legal Dirahasiakan

Senin, 25 Pebruari 2008
Tunggu Revisi Perda RTRW Kota BatamNONGSA-Kendati sudah menemukan pulau khusus yang bakal dijadikan lokasi penggalian pasir secara legal, namun Pemko Batam masih belum mau membeberkannya. Pemerintah masih menunggu revisi Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Batam selesai terlebih dahulu.
Wakil Walikota Batam Ria Saptarika mengatakan, tim pemko melakukan studi kelayakan atas lokasi yang dianggap tepat untuk aktifitas penggalian pasir secara legal sudah selesai bekerja. Dengan harapan, lokasi itu dapat menjadi solusi atas aktifitas penggalian pasir di kawasan Nongsa yang dilakukan secara ilegal.

“Untuk lokasi yang baru itu, memang terakomodir direvisi RTRW Kota Batam. Namun dimana itu, akan lebih tepat jika kita menunggu perda selesai terlebih dahulu,” ujar Ria.

Namun Ria tidak mau menyebutkan dimana lokasi khusus yang dimaksudkan itu. Bukan dikarenakan takut bocor dan diketahui para investor, sehingga akan langsung diburu. Tetapi akan menjadi lebih baik jika diinformasikan ke masyarakat setelah Perda RTRW Kota Batam yang baru disahkan.

“Kita hanya mau menunggu perda disahkan saja dulu,” jawabnya, Sabtu (23/2) di Batam Centre.

Wakil Walikota Batam Ria Sapatrika mengaku prihatin ketika melihat kubangan-kubangan yang ada di kawasan Nongsa, hasil penggalian pasir. Bahkan Ria merasakan heran, ketika mengetahui yang melakukan adalah masyarakat di kawasan itu sendiri.

Meskipun begitu, Ria menyadari bahwa tindakan itu terpaksa dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan ekonomi. Sementara keberadaan pasir mudah ditemui, dan sangat dibutuhkan di pasaran.

“Cukup menyedihkan ketika saya melihatnya. Tetapi saya sadar, masyarakat juga melakukan karena mencari uang itu sulit. Mereka juga melakukannya tidak sengaja. Pemerintah berharap solusi yang ada nantinya dapat mengurangi aktivitas yang dilakukan masyarakat saat ini,” kata Ria lagi.

Namun Ria tetap berharap, masyarakat yang hingga saat ini masih melakukan penggalian pasir secara legal di kawasan Nongsa dapat menghentikan aktivitas tersebut. Jangan sampai kerusakan alam menjadi tambah parah, yang kemudian berdampak pada terganggunya kehidupan masyarakat lainnya. (sm/ra)

2 thoughts on “Lokasi Penggalian Pasir Legal Dirahasiakan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s