Batam Lepas Predikat Kota Terkotor

Rabu, 27 Pebruari 2008Batam Lepas Predikat Kota TerkotorJUNI 2007, nama Batam kian moncer di tingkat nasional. Bukan hanya di bidang investasi yang menjadi motor penggerak ekonomi nasional, Batam mampu membuat terobosan di bidang kebersihan.

Ya, Batam mampu memboyong Piala Adipura yang menjadi simbol kota terbersih di tanah air. Bahkan kebersihan Batam melejit menjadi peringkat ke-3 secara nasional di bawah Pekanbaru dan Padang.

Terlepas dari kritik dan saran membangun, tentunya capaian ini menjadi kebanggaan tersendiri. Padahal, sejak tahun 2005 hingga 2006 lalu, Batam masih berpredikat sebagai kota terkotor se-Indonesia.

Piala bergengsi tersebut diserahkan langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Istana Negara, kepada para kepala daerah, Rabu (6/6/2007) sekitar pukul 10.00 WIB. Kota Batam diwakili Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika didampingi Azwan selaku Kadis Pasar dan Kebersihan Kota Batam dan beberapa staf Pemko Batam.

Capaian ini tentu saja bukan semata prestasi Ahmda Dahlan dan Ria Saptarika. Namun lebih ke capaian seluruh warga Batam. “Terimakasih kepada masyarakat Batam yang telah berpartisipasi ikut menjadikan Batam sebagai kota yang bersih,” papar Dahlan.

Ia menambahkan, dalam membersihkan Kota Batam, Adipura memang bukan menjadi tujuan utama. Namun, jika memang dipercaya mendapatkannya, merupakan suatu anugerah yang sangat menggembirakan.

Memang benar, Adipura menjadi cambuk bagi Batam untuk terus bersolek. Dahlan pun tidak segan meminta agar Otorita Batam mengalokasikan lahan untuk pembuatan taman kota dan areal terbuka.

Penataan taman kota dilakukan mulai sepanjang jalan menuju Bandar Udara Hang Nadim Otorita Batam hingga jalan Jenderal Sudirman. Terbaru, taman kota yang terus digalakkan yakni di Simpang Jam Baloi. Perlahan namun pasti, Batam akan menjadi kota yang asri di tengah pertumbuhan ekonomi yang memadai.

Program-program penghijauan pun semakin genjar dilakukan. Dahlan menelurkan program tanam pohon. Targetnya hingga 2015, Batam menjadi hijau. “Tanpa dukungan masyarakat, program ini niscaya akan berhasil. Jadi kami ajak masyarakat untuk berpartisipasi untuk mewujudkan Batam hijau,” paparnya.

Terobosan lain yang mendukung kemajuan teknologi informasi yakni gratis pemakaian internet di dataran Engku Putri. Untuk mendukungnya, Pemko Batam menggandeng PT Telkom Riau Kepulauan untuk menyediakan layanan hot spot.
“Harapan kita, kebiasaan berinternet harus terus dibudayakan. Sehingga sasaran pemerintah untuk menjadikan Batam Cyber City bisa terwujud,” kata Ria.

Nantinya pelajar dan warga bisa memanfaatkan layanan internet gratis selama 24 jam. Menurut Ria, di era teknologi informasi ini, ia ingin memberikan warna tersendiri dalam mengembangkan fasilitas umum di Kota Batam.

“Dasar pemikiran saya sederhana saja yaitu pengetahuan atas teknologi informasi harus diimbangi dengan penyediaan fasilitas yang baik,” kata Ria.

Tahapan-tahapan pembenahan ini merupakan bagian dari rangkain program Visit Batam Year 2010. Ahmad Dahlan mengajak semua pelaku pariwisata untuk menyamakan visi terkait rencana Visit Batam Year 2010. Dia yakin program itu akan sukses mendatangkan banyak wisatawan asing.

“Saya yakin ini bisa tercapai karena Batam ini sudah dikenal dunia. Ketika saya menumpang pesawat tujuan Arab Saudi, pesawat yang saya tumpangi itu punya rute ke Batam. Padahal rata-rata tujuan pesawat tersebut ke ibukota negara, tapi Batam masuk di dalamnya. Ini menunjukkan Batam sudah mendunia,” kata Dahlan.

Ada beberapa paket andalan seperti kamp pengungsi Vietnam di Galang. Dalam waktu dekat Pemko bersama OB akan memperbaiki lokasi tersebut termasuk gereja dan viharanya akan diperbaiki sehingga menjadi layak jual ke wisatawan.

Batam juga masih memiliki gugusan pulau dengan kekayaan kandungan perairan. Konsep marine tourism sudah sepatutnya dikembangkan. Keindahan terumbu karang di Perairan Pulau Abang setidaknya menjadi semangat baru untuk usaha pariwisata.(agus tri harsanto)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s