Teruskan Program Puskesmas Gratis

Rabu, 27 Pebruari 2008
BATAM (BP) – Salah satu lompatan besar program Wali Kota Batam Ahmad Dahlan-Wakil Wali Kota Ria Saptarika di bidang kesehatan adalah menggratiskan berobat di Puskesmas. Program Puskesmas gratis yang mereka canangkan di tahun kedua memimpin Batam itu, terus berlanjut sampai sekarang.Program di awal tahun 2007 itu, tentu saja langsung diserbu warga. Kunjungan ke Puskesmas yang biasanya hanya 50 pasien per hari, sejak digratiskan melonjak jadi 150 pasien per hari.
Tentu saja subsidi yang diberikan Pemko juga terus meningkat.
Namun, menurut Wali Kota Ahmad Dahlan, program Puskesmas gratis itu akan terus berlanjut, meski APBD Batam berkurang.
“Kita akan tetap lanjutkan berobat gratis di Puskemas, sambil terus memperbaiki pelayanannya kepada masyarakat,” kata Ahmad Dahlan.
Untuk memperbaiki pelayananan kepada masyarakat, tahun 2007 lalu, Pemko Batam membangun satu unit Puskesmas Kabil, lima Puskemas pembantu (Pustu) di Tiban Koperasi, Tanjungbuntung, Tankiseribu, Pancurbaru, dan Pulau Cengkui serta satu Polindes di Seiraya.
Pemko Batam juga membangun rumah dinas dokter yang terdiri dari satu unit rumah dinas dokter Puskesmas Lubukbaja, dua unit rumah dinas dokter Puskesmas Batuaji, dua unit rumah dinas paramedik Puskesmas Batuaji, dua unit rumah dinas dokter dan paramedik Puskesmas Kabil.
Selain itu, Pemko juga merehabilitasi tiga Puskesmas yakni Puskesmas Belakang Padang, Seipancur dan Seipanas. Lima Pustu yakni di Telukpandan, Tanjunguma, Bagan, Batubesar dan Dapur 12, serta Polindes di Pulau Nguan juga ikut direhabilitasi.
Semua program fisik itu, termasuk kegiatan pembangunan sarana dan prasarana di bidang kesehatan yang dilakukan di tahun kedua kepemimpinan Ahmad Dahlan-Ria Saptarika.
Di akhir kepemimpinan mereka, yakni di tahun 2011, Pemko menargetkan membangun 22 Puskesmas, 64 Pustu dan 64 Polindes. (med)

4 thoughts on “Teruskan Program Puskesmas Gratis

  1. semoga ALLAH SWT tetep menjaga pak Ria dalam menjalankan amanah kepemimpinan ini. teruslah berkarya untuk rakyat pak.

  2. Salam hormat untuk pak Ria.

    Beberapa tahun yang lalu saya sempat ke Batam untuk memberikan pelatihan software Simpus untuk puskesmas. Sampai saat ini program telah cukup banyak mengalami upgrade dan pengembangan. Saya bermaksud untuk memberikan upgrade software ke Dinas Kesehatan tapi tidak tahu kepada siapa saya menghubungi, juga belum tahu bagaimana kondisi Simpus sekarang di Batam. Mohon bantuan bapak untuk informasinya. Staf dinkes yang dulu sempat mengundang saya sekarang menurut informasi telah pindah ke Prop. Kepri.

    terima kasih saya haturkan sebelumnya..
    ———-
    Hi Mas Jojok, Assalammu’alaikum wrwb.
    Terimaksih atas perhatian, silahkan kontak saya, baik melalui email atau danlainnya, silahkan lihat di “Contact” di weblog ini.

    Demikian dan terimakasih.
    Wassalam
    Ria

  3. saya sangat mendukung program puskesmas gratis apalagi bantuan dana dari pemerintah untuk warga, kemarin saya baca harian batam pos tertanggan 26 oktober 2008 seorang anak mengidap hydropespalus mereka memohon bantuan para dermawan untuk mengulurkan dana bantuan nya…
    mereka bukan hanya mengharapkan bantuan dana tetapi bantuan socara moral dan spiritual dan yang terpenting pengobatan gratis
    sebagai warga saya yakin pak walikota dan pak ria beserta jajarannya sanggup menangani permasalahan warga batam khususnya warga yang kurang mampu agar dapat mendapatkan pengobatan gratis..
    yang selama ini saya tahu pihak rumah sakit di indonesia selalu mendapat perlakuan yang kurang memuaskan untuk warga yang kurang mampu..
    sebelum dan sesudahnya saya minta maaf atas kekurangan kata yang tidak berkenan di hati bapak ,saya ucapkan banyak terima kasih
    wassalam
    ———
    Hi Mas Uki, Terimakasih atas masukan dan dukungannya.
    Kami memang masih merasa masih banyak kekurangan dari pelayan yg ada, demikian juga jumlah masyarakat yg terakomodir dengan pelayanan kesehatan rawat inap melalui program Jamkesmas.
    Tapi Insya Allah melalui APBD 2009 ini dan beberapa updating data yg kami lakukan Insya Allah ditahun depan jumlah kepesertaannya akan ditambah.

    Demikian informasinya semoga bermanfaat.
    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. Di beberapa daerah yang telah berhasil menggratiskan layanan kesehatan di tingkat puskesmas, permasalahan seperti ini sering terjadi. Standar pelayanan kesehatan yang tadinya sudah berjalan cukup baik, lambat laun semakin turun, dan menjauhi standar yang seharusnya.

    Dari sisi anggaran, kebijakan menggratiskan layanan kesehatan bagi seluruh warga di puskesmas ini harus sejalan dengan upaya antisipasi melonjaknya jumlah pasien. Jangan sampai estimasi pembiayaannya tak sesuai dengan kondisi riil di lapangan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s