Saya Belum Puas

Jumat, 29 Pebruari 2008
Wako Soal Dua Tahun Kepemimpinannya
BATAM (BP) – “Saya belum puas”. Begitu pengakuan Wali Kota Ahmad Dahlan saat ditanya masa dua tahunnya memimpin Kota Batam. Sebab menjadi wali kota, diakuinya bukan impian, tapi bentuk tanggungjawab sebagai anak bangsa.“Sebagai anak bangsa, saya bertanggungjawab membangun bangsa,” katanya menjawab Reynold, pembawa acara dialog dua tahun kepemimpinan Dahlan-Ria di Batam TV, kemarin malam.
Kalau soal keberhasilan, walikota pertama Batam yang dipilih langsung warga ini, menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat. Yang penting, katanya, tidak boleh berputus asa. “(Semangat) ini yang akan mendorong masyarakat untuk maju,” katanya.
Apakah Bapak pernah mengalami kecewa luar biasa? Pancing pembawa acara lagi. Didahului dengan tarikan nafas agak panjang, Dahlan menjawab diplomatis. “Kalau kritikan, diterima dengan besar hati. Karena itu untuk perbaikan dan membuat kita lebih baik,” katanya serius.
Pertanyaan demi pertanyaan yang diberikan, mulai dari pengobatam gratsi, pendidikan masyarakat, KTP SIAK, sampai adipura, dijawab Dahlan dengan tenang. Sesekali dialog diwarnai juga dengan gelak tawa. Misalnya saat interaktif, seorang warga Umar menanyakan, kebijakan pemerintah menekan jumlah penduduk seolah mengatur ibu-ibu hamil. “Ha…ha…ha…Tidak juga,” katanya.
Sesudahnya Dahlan pun bercerita saat ia dan Ria Saptarika menjabat pasangan pimpinan di Batam, penduduk Batam hanya 600 ribu orang. Bahkan di tahun 70-an, katanya yang seorang warga tempatan ini, penduduk Batam hanya 2 ribuan. “Angka kelahiran hampir mencapai seribu pertahun ini, sedikit mengkhawatirkan,” katanya.
Dahlan menyebut mengkhawatirkan karena pertumbuhan penduduk memerlukan pembangunan berbagai sarana. “Kita berlomba anatara pertumbuhan penduduk dengan pembangunan infrastruktur,” tutupnya. (cr6)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s