Genjot Terus Kualitas SDM

Minggu, 02 Maret 2008
ImageSadar memiliki sumber daya manusia yang masih tertinggal dari daerah lain, Walikota Batam Drs. Ahmad Dahlan dan Wakilnya Ria Saptarika terus memberikan perhatian pada sektor pendidikan.
Tak tanggung-tanggung, anggaran 20 persen dunia pendidikan pun sudah digelontorkan. Guru-guru yang menjadi ujung tombak untuk menghasilkan siswa yang berkualitas, terus diup grade kemampuannya. Bahkan pemerintah kota Batam menargetkan kalau guru-guru mesti S1 sampai 2010.Sekolah-sekolah pun dibangun sesuai kebutuhan masyarakat. Walau saat ini banyak terkendala oleh minimnya lahan di Batam. Tapi pemerintah tidak patah arang untuk berusaha meningkatkan kemampuan SDM masyarakat Batam.

Terlahir sebagai orang Batam, Drs. Ahmad Dahlan pun memberikan perhatian lebih pada masyarakat hinterland di dunia pendidikan ini. Selain disiapkan sarana sekolah, siswa di hinterland disiapkan transportasi gratis. Pemerintahan Dahlan-Ria tidak mau masyarakat hinterland putus sekolah, mereka harus bersekolah.

Sementara untuk mempersiapkan SDM siswa unggulan, Pemerintahan Dahlan-Ria merencanakan membangunan SMU unggulan (magnet school). Sekolah yang nantinya dipersiapkan menghasilkan siswa unggulan, sehingga bisa bersaing secara nasional. Miliayaran rupiah pun siap digelontorkan untuk mendukung program ini.

Tak puas dengan hanya membangun lembaga formal untuk meningkatkan SDM orang Batam, Dahlan-Ria pun bercita-cita untuk membangun perpustakaan umum mentereng. Tidak hanya sekedar gengsi-gengsian, perpustakaan yang bakal menyedot anggaran sebesar Rp29.258.132.000 diperuntukkan untuk mendorong minat baca masyarakat.

Kepala Bagian (Kabag) Pembangunan Pemko Batam Gintoyono menyebutkan, perpustakaan termegah itu akan dibangun di atas lahan seluas 8.430 meter. Terdiri dari empat lantai, dengan tersedianya fasilitas basement dan escalator (selain tangga).

Perpustakaan itu pun disetting untuk menampung seribu pengunjung tiap hari. Dengan waktu pelayanan selama sembilan jam. Sementara itu, ribuan koleksi buku disuguhkan untuk menambah pengetahuan masyarakat.

“Konsep dari perpustakaan umum ini adalah memberikan pelayanan yang maksimal kepada publik. Dimana masyarakat, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa akan mudah mendapatkan informasi. Tidak lagi ada kesulitan untuk mengakses informasi melalui sarana buku. Kita berharap bisa terwujud tahun 2009,” ungkap Gintoyono.

Sementara itu, dalam rangka mendorong masyarakat untuk mengakses informasi dari dunia digital, pemerintah lebih awal sudah membangun hotspot internet gratis di taman Engku Putri Batam Centre. Masyarakat dapat memanfaatkannya selama 24 jam tiap hari.

Tanggal 31 Januari 2008 lalu sudah diresmikan operasinya. Wakil Walikota Batam Ria Saptarika mengatakan, hotspot internet sebagai wujud perhatian pemerintah terhadap perkembangan teknologi informasi. Program itu juga dalam rangka memotivasi masyarakat untuk bisa senantiasa mendapatkan informasi.

“Makin banyak informasi diserap, maka warga makin banyak tahu. Banyak tahu berarti wawasan dan kedewasaan masyarakat kian bertambah,” tutur Ria dalam suatu kesempatan. (sm/rg/ra)

5 thoughts on “Genjot Terus Kualitas SDM

  1. Assalamualaikum pak Ria,
    1. Saya sangat sutuju sekali dengan peningkatan sumber daya manusia (SDM) terutama Guru, sebab guru merupakan pencetak generasi yang akan datang. Oya kalau dapat guru yang sudah terlanjur jadi pegawai negeri diberi pelatihan Penggunaan intenet gratis Sebab di Internet banyak sekali ilmu dan dapat saling membagi ilmu.
    2. Oya saya dengar bulan kemarin Pelatihan wawasan guru dan kepala sekolah tentang ” Persiapan Sekolah menghadapai FTZ” di batam bulan kemarin di gedung Poltek. Dapat dana dari pemko cuma 10-15 jutaaan, sedangkan mereka tekor, sehingga guru/kepala sekolah harus bayar Rp. 500.000 perkepala. Walaupun nantinya dapat diambil dari sekolah dengan memotong dana anggaran sekolah. Jadi sangat lucu sekali kalau memang dana 20 % APBD dikucurkan tetapi untuk dan seminar itu aja tidak ada. Padahal saya dengar Untuk beberapa OKP/LSM yang melakukan acara bisa dapat dana jutaan rupiah dari pemerintah. Baik Pemprov maupun pemko.
    3. Oya pak sesuai dengan Topik membangun SDM. berarti kami minta tolong bapak lebih serius membangun SDM, jadi kalau dapat guru-guru lebih banyak diberi pelatihan. Jadi jangan sampai guru hanya mengejar ijazah S1 ( Beli ijah / terdaftar dikampus tetapi tidak pernah kuliah tapi dapat ijazah ). Jadi harus diimbangi dengan Pelatihan guru-guru dengan perkembangan yang terbaru.
    Wassalam
    iqbal
    Ketua Pemuda Muhammadiyah Kota Batam

  2. Perpustakaan, wah…What a brilliant idea….sekalian bikin “national arcieve” pak. Kita harus berikan yang terbaik untuk generasi setelah kita, yang jelas dunianya sedang kita pinjam. Best for DRS..!

  3. Pak Ria
    Saya sangat respek dan mendukung dengan langkah pemko batam. Menjunjung program pendidikan dan memasyarakatkan budaya membaca dengan membentuk Perpustakaan.
    Memang fenomena budaya membaca di Indonesia sangat minim, itu bisa dilihat di Kampus2, yang notabene dilingkungan intelek, tapi suasana perpust sepi pengunjung.
    Tetapi perencanaan di bidang pendidikan harus dikonsep dengan baik. Baik Manusianya maupun Bangunannya.

    Yuks kita membaca apa aja,
    Budayakan membaca sejak dini.
    Jangan melihat saja, tapi baca apa yang kau lihat.

  4. @dev: colek dulu ah:)
    eh pertamax tapi kok keduwa yah🙂

    eniwe BBC yuk kita dukung rame rame,
    ——–
    Setuju!!!!!!!!

    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s