Gagas Batam Cyber City

Ria SaptarikaSenin, 03 Maret 2008Ada ide menarik yang tercetus dari pemikiran Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika. Ria ingin membiasakan warga Batam untuk menggunakan internet.

Sederhana tapi banyak kegunaannya mengingat perkembangan teknologi informasi memang baru blooming. “Harapan kita, kebiasaan berinternet harus terus dibudayakan. Sehingga sasaran pemerintah untuk menjadikan Batam Cyber City bisa terwujud,” kata Ria.

Buktinya, sejak Kamis (31/1), warga Batam sudah bisa mendapatkan layanan internet gratis di dataran Engku Putri. Fasilitas ini merupakan kerja sama antara Pemko Batam dengan PT Telkom Riau Kepulauan.

Ria Saptarika mengungkapkan, layanan hotspot ini untuk mengakomodir keinginan masyarakat. Nantinya pelajar dan warga bisa memanfaatkan layanan internet gratis selama 24 jam.

Menurut Ria, di era teknologi informasi ini, ia ingin memberikan warna tersendiri dalam mengembangkan fasilitas umum di Kota Batam. “Dasar pemikiran saya sederhana saja yaitu pengetahuan atas teknologi informasi harus diimbangi dengan penyediaan fasilitas yang baik. Salah satu bentuknya, menyiapkan jaringan hotspot di area bermain bagi seluruh warga kota, sehingga masyarakat akan semakin terbiasa untuk menggunakan internet,” kata Ria.

Ke depan, pemko ingin mengajak provider-provider yang lain seperti Telkomsel dan Indosat, untuk bersama-sama merealisasikan langkah serupa, yaitu menyediakan hotspot gratis di tempat-tempat lain.

Keinginan Ria ini juga mulai bergayung sambut. Seperti kota besar lainnya, layanan hotspot di Batam juga telah merambah kafe, hotel, dan berbagai ruang publik. Kendati demikian, masih perlu adanya peningkatan ruang-ruang publik sehingga cita-cita Batam Ciber Cty dapat terwujud.(ath)

4 thoughts on “Gagas Batam Cyber City

  1. ass, komen lagi waah lama sy jadi fans pak ria neeh haa haa
    tapi spt kt pak Ria go ahead go goo goo goo !!!!!!!! cita-cita Batam Ciber Cty bisa tercapai tuuh pak coz pertama di tiba di batam 6 bulan lalu ketemunya juga orang IT Pinggiran , ( tambahain pake kampanye soft be legal )
    kemarin sempat main ke pemko waaah waah byk sekali yg pake MS pirated 😛

  2. wow mantab pak, btw di mukakuning katanya saat kopdar maren mau dipasangi hotspot juga pak, kapan ?
    dah terlanjur cerita ke teman teman, wuih malah nagihnya ke saya pulak 🙂
    —-
    Sabar Mas Geblek, yang di engkuputri pun masih dalam perbaikan.. 🙂

    Thanks & Wasslam
    Ria

  3. Terus majukan kota Batam pak..
    Saya terkesan dengan ide bapak. Sebagai mahasiswa Sistem Informasi saya berharap agar terwujudnya Batam Cyber City.
    Saya ada membuat paper mengenai perekrutan sukarelawan secara online mengingat anak muda di kota Batam ini sarat teknologi. Presentasinya akan dilaksanakan di kopertis di Padang Senin ini. Saya berharap inovasi dalam perekrutan sukarelawan online ini dapat terwujud. Adapun tujuannya adalah untuk memajukan pendidikan di Pulau Subang Mas di mana para sukarelawan muda tingkat SMA dan univ akan diperbantukan untuk menjadi part time teacher di Pulau Subang Mas.

    Batam terus maju!!!
    ————
    Hi Yuanna,
    Terimakasih banyak atas kunjugan dan dukungan moral nya
    Semoga ini menjadikan motivasi bagi kami untuk terus mengembangkan Batam Cyber Island.

    Thanks & Wassalam
    Ria

  4. wah harus itu pak.. kita harus mengutamakan informasi sebagai ujung tombak pembangunan, sebab siapa yang ingin mengusai dunia maka harus mengusai informasi, makanya batam jadi cyber city itu satu keharusan, di kota lain saja yang perkembangannya ngadat :d korupsi kali yach.. it mereka sangat maju, misalnya kota tarakan, dan beberapa kota lain..
    maju terussssssssssss….. cyber city
    ———
    Hi Ahriady, Terimakasih atas kunjungan dan motivasinya.
    Insya Allah kami akan terus majukan ICT Batam dengan Batam Digital Island nya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s