Memberikan yang Terbaik

Senin, 03 Maret 2008

TAK pernah bermimpi menjadi wali kota dan ketika dipercaya mengemban jabatan tersebut, tekadnya hanya satu, yakni memberikan yang terbaik. Itulah Wali Kota Batam, Drs Ahmad Dahlan yang genap menjabat dua tahun sebagai Wali Kota Batam, awal Maret ini.

“Saya tidak pernah bermimpi jadi wali kota, saya hanya berusaha memberikan yang terbaik. Sama halnya ketika dipercaya menjabat sebagai kepala dinas,” kata Ahmad Dahlan dalam sebuah silaturahmi dua tahun kepemimpinan Ahmad Dahlan-Ria Saptarika, beberapa waktu lalu.

Meski tidak bermimpi menjadi wali kota, Ahmad Dahlan mengaku bangga karena bisa menjadi pemimpin di tanah kelahirannya sendiri. “Saya bangga karena Batam dipimpin putra daerah sendiri. Saya bangga karena Batam sudah memberi dua hal yang terbaik bagi bangsa Indonesia,” ujar Ahmad Dahlan.

Dua hal itu, yakni Batam ikut memberi kontribusi ketika perang Vietnam berkecamuk. Batam memberi tempat bagi penampungan pengungsi Vietnam di Pulau Galang. Kedua, Batam menjadi tempat berbagai orang dari penjuru negeri untuk bekerja, berkarya, dan mengabdi.

“Karena itulah, mari kita jaga Batam bersama-sama karena di sini tempat kita mengabdi, mencari rezeki, dan berkarya,” ujarnya.

Diakuinya, ketika menerima amanat menjadi Wali Kota Batam bersama Ria Saptarika sebagai wakil wali kota, banyak persoalan yang harus diselesaikan. Mulai dari predikat kota paling kotor, pertambahan penduduk yang sangat tinggi, banjir di sana-sini, dan sebagainya.

Persoalan demi persoalan itu sedikit demi sedikit mulai bisa diatasi. Predikat Kota Terkotor kini tidak lagi disandang setelah Batam mendapat Piala Adipura. Persoalan banjir mulai teratasi meski diakui belum seluruh wilayah Batam bebas banjir.

Sementara terkait pertumbuhan penduduk, menurut Ahmad Dahlan, hal itu disebabkan banyak orang yang mengadu nasib ke Batam dan akibat pertumbuhan alami. Diharapkan dengan perda kependudukan, seluruh penduduk Batam bisa terdata dengan baik.

“Kalau pertumbuhan alami memang harus dimaklumi karena penduduk Batam lebih banyak penduduk produktif dan muda sehingga angka kelahiran cukup tinggi,” ujar dia.(rud)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s