Bakal Terapkan KTP Musiman

Selasa, 04 Maret 2008

BATAM, TRIBUN – Pemko Batam akan merevisi Perda nomor 2 tahun 2001 tentang Kependudukan. Satu poin pentingnya yakni penerapan kartu tanda penduduk (KTP) musiman bagi pendatang yang belum menetap selama enam bulan.
Hasil kunjungan kerja ke Pontianak pekan lalu, pendatang baru di Pontianak tidak langsung diberikan KTP, melainkan KTP musiman.

“Mereka benar-benar selektif terhadap pendatang. Apabila pendatang ingin menetap di sana dan punya pekerjaan baru diberikan KTP. Itupun setelah lewat dari 6 bulan,” jelas Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika usai mengikuti paripurna perpanjangan masa kerja Pansus RTRW di gedung DPRD Batam, Senin (3/3).

Ria menambahkan, akan mengggalakkan pembuatan KTP musiman di Batam kepada mereka yang hanya tinggal sementara. “Kalau mereka tinggal sementara cukup menggunakan KTP sementara. Selama ini tidak ada dilakukan KTP sementara ini di Batam,” tambahnya.

Revisi perda tersebut juga bakal mengatur tentang uang jaminan. Jika selama enam bulan tidak diambil, uang jaminan akan masuk ke kas daerah. “Walau direvisi, uang jaminan tetap dipertahankan untuk menggenjot laju pertumbuhan penduduk ke Batam,” ujar Ria

Saat ini, setiap pendatang yang masuk ke Batam dikenakan uang jaminan itu senilai tiket.”Kita ingin menekan pendatang baru masuk ke Batam. Apabila uang jaminan dihapus, mereka akan berbondong-bondong masuk ke Batam sehingga menimbulkan permasalahan baru di Batam,” kata Ria.

Saat ini mengenai penggunaan uang jaminan belum diatur di Perdaduk. Oleh karena itu petugas Perdaduk masih menyimpan di rekening khusus. “Kita akan atur, apabila dalam enam bulan tidak diambil uang jaminannya itu akan langsung masung ke kas daerah,” ungkapnya.

Sekretaris Komisi I DPRD Batam, H Zakaria mendukung langkah Pemko ingin merevisi Perdaduk itu. “Kita mendukung revisi itu. Mengenai penggunaan uang jaminan itu agar diatur dengan biak. Apabila selama enam bulan tidak diambil siempunya, maka uang itu otomatis masuk kas daerah,” kata Zakaria.(hat)

One thought on “Bakal Terapkan KTP Musiman

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s