KTP SIAK Mulus 2009

Rabu, 05 Maret 2008
BATAMCENTRE- Wakil Walikota Batam (Wawako) Ria Saptarika menargetkan pengurusan KTP Siak bisa mulus pada tahun 2009 mendatang. Saat ini, baru lima kecematan yang baru online, selebihnya masih diusahakan. “Untuk itu saya mengharapkan masyarakat bisa bersabar. Pemerintah senantiasa berupaya mengoptimalkan pelayanan,” ujar Ria dalam sebuah konfrensi pers di Gedung Pemko Batam, Selasa (4/3) di Batam Centre.Kelima Kecamatan yang telah online tersebut yakni, Kecamatan Sekupang, Kecamatan Batu Aji, Kecamatan Sei Beduk, Kecamatan Bengkong, dan Kecamatan Nongsa. Sementara itu, kecamatan lainnya belum bisa online sendiri, dan harus selalu dientrikan di Dinas Kependudukan terlebih dahulu.

Menurut Ria, pembuatan KTP SIAK di kecamatan yang telah online, jika telah dientrikan ke data base Disduk sudah bisa lansung diprint. Namun untuk KK SIAK, harus diberikan ke dinas kependudukan untuk ditandatangani dengan tinta basah oleh Kadisduk.

Sementara untuk pembuatan KTP SIAK di kecamatan yang belum online, sebut Ria, prosesnya bisa lebih dari dua minggu, atau bisa juga kurang. Tergantung entri data berdasarkan data yang telah dientrikan sebelumnya melalui blanko kependudukan.

“Jika data sudah ada diserver, maka di disduk hanya tinggal print, tetapi jika belum ada, maka prosesnya akan memakan waktu lama,” sebut Ria.

Untuk itu, ia sangat berharap kepada masyarakat agar memahami masa transisi yang sedang dilakukan oleh Pemko Batam tersebut. Karena untuk mewujudkan validasi data, dari data yang tak menentu, alias semberawut, menjadi sebuah data yang terkontrol, perlu waktu.

Selama ini, lanjut Ria, yang saat konferensi pers didampingi Kadisduk Sadri Khairudin, Kepala Badan Infokom Muramis, dan Kabag Humas Pemko Batam Yusfa Hendri, masyarakat secara pribadi telah memojokkannya sistim yang telah diterapkan sejak akhir 2006 lalu tersebut. Penilaian itu tidak tidak beralasan.

Karena sistim yang diterapkan oleh Pemko Batam tersebut berdasarkan UU No.12/2006 tentang Kewarganegaraan RI, UU No.23/2006 tentang Administrasi Kependudukan yang mengatur PP No 37/2005 tentang Petunjuk Pelaksanaan dan UU No.28/2005 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil di daerah.

Untuk itu, dia sangat berharap masyarakat bisa lebih memahami masa perubahan yang dilakukan oleh Pemko Batam ini. (sm/04)

One thought on “KTP SIAK Mulus 2009

  1. KTP SIAK pengurusannya lama,jadi menimbulkan orang-orang pencaker harus menganggur lebih lama karena menunggu keluarnya KTP SIAK untuk di gunakan sebagai persyaratan mencari pegerjaan di KOTA BATAM (melamar di perusahaan).ini juga bisa menimbulkan tindak kejahatan bagi sebagian orang yg sudah tidak tahan lgi tanpa penghasialan.
    —-
    Mas Aswan, Terimakasih atas kesabarannya… percayalah, kami sedang bekerja kereas untuk mewujudkannya.
    Jawaban Comment ini dapat dilihat pada jawaban comment Mas Wawan lainnya.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s