Lambat Urus KTP, Akan Didenda

Kamis, 06 Maret 2008
Khusus Perpanjangan KTP
BATAM CENTRE-Bagi masyarakat Kota Batam yang terlambat mengurus perpanjangan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dari batas waktu yang ditetapkan, akan dikenakan denda dalam bentuk uang yang ditarik secara langsung. Kebijakan ini akan diatur dalam Perdaduk Kota Batam yang akan segera direvisi. Demikian disampaikan Wakil Walikota Batam Ria Saptarika menjawab Sijori Mandiri usai memimpin upacara HUT Satpol PP ke-53 di Kantor Walikota Batam, Rabu (5/3).Dalam KTP yang diterbitkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam, ditetapkan bahwa selambat-lambatnya dalam jangka waktu 14 hari sejak masa berlaku habis, penduduk yang bersangkutan diwajibkan mengajukan kembali permohonan untuk memperoleh KTP yang baru. Pelanggaran terhadap peraturan ini, diancam dengan pidana kurungan atau denda.

Namun pada kenyataannya di lapangan dan diakui Ria, masih terdapat sejumlah masyarakat Kota Batam yang teledor untuk mengurus perpanjangan KTP sesuai peraturan yang berlaku itu. Masih ditemukan masyarakat baru mengurus KTP setelah hampir satu tahun masa habis berlaku, seperti yang ditemukan saat sidak di Kecamatan Batam Kota beberapa waktu lalu.

“Akan kita kenakan denda bagi masyarakat yang teledor seperti ini. Soal denda ini akan kita atur dalam revisi Perdaduk Batam. Kita akan mengusulkan masalah ini nantinya,” ujar Ria.

Menurutnya, pemberlakuan denda kepada masyarakat Kota Batam yang terlambat mengurus KTP sesuai ketentuan yang telah ditetapkan itu tidak bertujuan mencari potensi pendapatan daerah. Melainkan sebagai bentuk penegakkan disiplin semata.

Karena itu sebut Ria, perlu diterapkan punishment bagi yang melanggar aturan. Selama ini, pemerintah tidak memberikan apapun sanksi kepada masyarakat yang terlambat mengurus perpanjangan KTP. Meskipun masa berlaku KTP sudah habis sejak satu tahun yang lalu.

“Paling masyarakat mendapat teguran ketika ada razia, bahwa masa berlaku sudah habis. Sementara punishment tidak ada. Akibatnya masyarakat juga malas-malasan mengurus KTP lagi. Kita hanya ingin ada penegakkan disiplin bagi masyarakat,” kata Ria. (sm/ra)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s