Peringatan HUT Satpol PP ke-58

Kamis, 06 Maret 2008
Lebih Terasa, dan Beda dari Sebelumnya
Waktu demi waktu berganti tanpa bisa ditunda. Seiring dengan itu, banyak hal yang telah dilewati manusia, termasuk Satuan Polisi Pamong Praja, yang kerap disebut Satpol PP. Satpol PP Indonesia, tertanggal 3 Maret 2008 lalu menginjak usia ke-58 tahun. Di kota Batam sendiri, peringatan ulang tahun Satpol PP baru dilakukan, Rabu (5/3), dengan menggelar upacara di Dataran Engku Putri Batam Centre. Acara yang dimulai sejak pukul 07.30 pagi tersebut, turut dihadiri sejumlah Muspida Kota Batam. Disamping itu, raut keceriaan tampak mampir di seluruh wajah anggota Satpol PP. Seperti salah seorang anggota Satpol PP bernama Afrizal. Ia merupakan salah seorang anggota Satpol PP yang kebagian tugas sebagai seksi perlengkapan semenjak hari sebelumnya.Sebagai seksi perlengkapan, dan turut langsung untuk mensukseskan acara tersebut, ia terbilang cukup sibuk. Namun dia mengatakan tidak menghiraukannya, asalkan bisa melihat hari bersejarah bagi kelompoknya tersebut berjalan mulus. Dan hal itu terbukti, usai acara, Satpol PP dipuji oleh Wakil Walikota Batam, Ria Saptarika akan kekompakan dan kerapian acaranya, yang tentu telah dipersiapkan dengan matang.

Selain itu, Afrizal mengaku ulang tahun kali ini jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Menurutnya, ulang tahun kali ini lebih terasa ada ulang tahunnya, hal tersebut nampak jelas dari apresiasi rekan-rekannya, dan ucapan yang datang dari instansi lainnya di Batam.

“Ini sepertinya hal yang sepele, tapi setidaknya dengan ucapan yang diberikan akan lebih terasa bahwa memang instansi kami sedang ulang tahun. Tahun ini lebih terasa, dan beda dengan tahun lalu,” sebutnya.

Menurut Afrizal, tahun lalu ucapan selamat dari instansi lain hanya ada satu, selain itu juga tidak ada umbul-umbul (papan iklan) yang bertuliskan bahwa Satpol PP sedang ulang tahun. Hambar, itulah sebutan Afrizal tentang ulang tahun lalu. Selain itu, ia juga mengatakan apresiasi yang diberikan oleh Wawako Batam, Ria Saptarika juga lebih berasa.
“Kami sangat senang dengan ulang tahun sekarang, apalagi muspida yang hadir turut mengenakan baju ala kami, dan kami merasakan mereka adalah bagian dari kami,” ujar teman Afrizal, Dodi.

Begitu senangnya, sejumlah anggota Satpol PP beberapa kali mengangkat Wawako ke udara dengan meneriakan ‘Hidup Satpol PP,’ ‘Hidup Wawako’, ‘Hidup Pak Ria’, dan sejenis yel-yel lainnya.

Mendapat apresiasi yang tidak diduganya tersebut, Ria mengatakan sangat senang dengan kinerja Satpol PP. Sehingga ia mengucapkan selamat beberapa kali kepada Kepala Satpol PP Kota Batam Azman yang selalu mendampinginya saat bersalaman dengan anggota Satpol PP.

Disebutkan Ria, penampilan sejumlah anggota Satpol PP dalam beberapa atraksinya di Dataran Engku Putri usai upacara. Sejumlah atraksi ditampilkan berupa senam ala Satpol PP, atraksi karate, hingga peragaan anggota anti huru-hara Satpol PP dengan baju khas anti huru-haranya.

Penampilan ini dinilai Ria sebagai penampilan terbaik Satpol PP, sehingga dengan melihat persiapan yang dilakukan Satpol PP dengan sangat matang tersebut, ia sangat yakin Satpol PP bisa melakukan pengamanan dalam Pemilu 2009 mendatang.

Untuk itu, dalam memperingati momentum ulang tahun tersebut ia menyampaikan tujuh hal, yakni meningkatkan tugas dan pengabdian dalam mensukseskan kebijakan pemerintah dalam menyelenggarakan ketentraman, ketertiban, dan keamanan masyarakat secara arif.

Meningkatkan motivasi, pengetahuan, keterampilan dan sikap kearah profesional guna mendukung kelancaran dan keberhasilan pelaksanaan tugas. Meningkatkan keikutsertaan masyarakat dalam menghadapi gangguan ketentraman dan ketertiban umum, sebagai aktualisasi profesionalisme modern. Meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menumbuhkan kesadaran, ketaatan, dan kebersamaan dalam menegakkan peraturan perundang-undangan.

Meningkatkan kemampuan temu cepat, tindak tepat, dan lapor cepat setiap adanya keresahan masyarakat maupun hal-hal yang dapat menimbulkan gangguan keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat. Meningkatkan koordinasi dengan instansi terkait, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan jajaran pemerintah daerah. Meningkatkan citra Satpol PP dalam ikut serta menciptakan situasi dan kondisi ketentraman dan ketertiban masyarakat yang kondusif jelang Pemilu 2009.

Mengingat pentingnya peranan Satpol PP dalam membantu kepala daerah dalam menyelenggarakan ketertiban umum, dan ketentraman mayarakat, maka ia berharap operasi Satpol PP kedepan lebih berorientasi pada tugas-tugas pemerintahan. Karena hal tersebut berkaitan dengan keamanan dan ketentraman Negara Kesatuan Republik Indonesia. (nana marlina)

2 thoughts on “Peringatan HUT Satpol PP ke-58

  1. DIRGAHAYU SATPOL PP REPUBLIK INDOENSIA KE – 58
    SEMOGA KE DEPAN LEBIH DEWASA DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN.
    DARI ANGGOTA SATPOL PP PROP. JATIM
    SUGENG RIYANTO SH.
    HIDUP SATPOL PP
    ——
    Dirgahayu…. Terima kasih atas ucapan nya Mas Sugeng Riyanto.

    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s