Bidik Suara Suku Tionghoa

Senin, 10 Maret 2008BATAM, TRIBUN – Keberadaan suku Tionghoa di Batam dinilai mampu memberikan suara tersendiri dalam Pemilu 2009 nanti. Partai Demokrasi Kebangsaan (DPK) membidik golongan ini dengan memberikan porsi kesempatan bagi mereka sebesar 30 persen.

“Langkah ini telah dipikirkan pimpinan mengingat keberadaan partai kita yang ingin mengembangkan keberagaman di tubuh pengurus partai. Artinya selain mengandalkan simpatisan dari warga Sulawesi suku Bugis, dengan keberagaaman dari warga Tionghoa tentu akan lebih kuat lagi,” ujar Tamsyir, Ketua PDK Kota Batam, Minggu (9/3).

Ditambahkan Tamsyir, keberhasilan partainya lulus langsung beserta 16 partai lainnya itu karena PDK sangat kuat dalam pengumpulan suara di Indonesia Timur. Meski dalam pertarungan panggung politik pada Pemilu tahun lalu, PDK tidak mendapatkan kursi di DPRD Kota Batam, namun untuk PDK di Kepri berhasil merebut 2 kursi. Dan secara nasional, lanjutnya, PDK berhasil memperoleh 300 di DPRD daerah serta DPR RI.

“Warga Tionghoa belum banyak mendapatkan tempat di partai lain padahal kantong suaranya cukup memadai. Untuk itu kita berikan kuota yang cukup menjanjikan. Tentu semua melalui seleksi dan tingkat loyalitasnya,” ujar Tamsyir.

Warga yang ingin mendaftar menjadi kader PDK sangat mudah. Datang ke kantor PDK di kompleks pertokoan Citra Batam. Nantinya masyarakat hanya mengisi formulir dan memberikan identitas diri untuk mendapatkan kartu keanggotaan.

PDK sendiri menjadi partai pendukung pasangan Ahmad Dahlan-Ria Saptarika pada Pilkada lalu. Saat ini pengurus yang baru sesuai dengan keputusan Dewan Pimpinan Nasional (DPN) PDK yang ditandatangani Ryaas Rasyid. PDK sudah menyusun kepenguruan di 12 kecamatan yang ada.(ded)

One thought on “Bidik Suara Suku Tionghoa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s