Hari Ini, Polisi Periksa Camat Dasrul Azwir

Rabu, 12 Maret 2008
BATAM (BP) – Mantan Camat Lubukbaja yang kini menjabat Camat Batam Kota Dasrul Azwir, bakal diperiksa hari ini sebagai saksi dalam kasus pemalsuan dokumen warga negara Singapura, Jeffridin. Dasrul dijadikan saksi karena kartu tanda penduduk yang dimiliki tersangka ditekennya saat menjabat Camat Lubukbaja.“Besok (hari ini, red) dia diperiksa. Statusnya saksi. Dasrul yang meneken KTP tersangka,” jelas Kasat Reskrim Poltabes Barelang Kompol Herry Heryawan, kemarin.
Pemeriksaan dilakukan di Unit I Sat Reskrim Poltabes Barelang. Kata Herry, pihaknya sudah mengirim sudah pemanggilan kepada Dasrul. Saksi, katanya bisa memberikan penjelasan terbitnya KTP atas nama Muhammad Taufiq yang ternyata nama tersebut bukan nama sebenarnya.
Informasi yang diperoleh Batam Pos, pengurusan KTP tersebut tak langsung dilakukan sendiri oleh tersangka. KTP tersebut diurus oleh calo. Istri tersangka, Yesmi yang mengurus KTP tersebut pada calo dengan biaya Rp500 ribu.
Hingga saat ini, calo yang mengurus KTP tersebut belum ditahan Poltabes Barelang. “Kita masih menyelidiki. Apakah benar istrinya yang mengurus KTP tersebut atau orang lain,” ujar Herry.
Dasrul sendiri mengaku siap memenuhi panggilan polisi. Ia sendiri ingin memastikan apakah KTP tersebut asli atau palsu. Ia juga belum tahu apakah benar dirinya yang meneken KTP atas nama Muhammad Taufiq. “Kapan pun dipanggil, saya siap memberikan keterangan,” ujarnya.Sebelumnya, Dasrul sudah memenuhi panggilan Wakil Wali Kota Batam, Ria Saptarika.

Dalam pertemuan dengan Wawako, Dasrul menyebutkan, ia ingin melihat dulu KTP atas nama Muhammad Taufiq tersebut. Kasus ini mencuat setelah Jeffridin diamankan Sat Reskrim Poltabes Barelang karena kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT), Sabtu (1/3) lalu. Ia dilaporkan istrinya, Yesmi Yuliati ke Poltabes Barelang karena kasus KDRT ini.
Di KTP Batam yang dimiliki pelaku, ia bernama Muhammad Taufiq. KTP Batam yang dimiliki pelaku dikeluarkan Kecamatan Lubukbaja tanggal 8 Mei 2007 dan ditandatangani Camat Lubukbaja saat itu, Dasrul Azwir. Adapun alamat yang tertera di KTP di Perumahan Taman Kota Baloi, Kelurahan Tanjunguma. (dea)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s