Wawako Tinjau Lokasi Banjir di Taman Asri Sekupang

taman-asri.jpgBATAM-Wakil Wali Kota Batam, Ir Ria Saptarika, Kamis (13/3) saat meninjau lokasi banjir di Perumahan Taman Asri, Tiban. Ia juga melihat langsung, lokasi danau dan bukit di belakang perumahan Golden View yang sudah ditimbun digunduli pengembang.

Akibat kondisi air hujan yang tidak tertampung pada danau yang ditimbun pengembang,air hujan yang bercampur dengan tanah kuning, meluap dan menggenangi perumahan warga yang tinggal di Taman Asri. Tidak hanya itu, deras aliran air juga menyebabkan, tembok pembatas perumahan taman asri pun roboh.

cut-and-filll.jpgMelihat kondisi tersebut, Wakil Wali Kota menyarankan supaya Dinas PU mengarahkan pengembang untuk membangun drainase air buang yang menuju saluran induk pinggir jalan. Dan kepada warga melalui Ketua RT dan RW Taman Asri, ia mengimbau agar usulan pembangunan drainase tersebut agar diperjuangkan lagi dalam forum Musrenbang tingkat Kota Batam yang berlangsung pada tanggal 24 Maret mendatang.

Sementara itu, saat berkunjung melihat titik banjir di perumahan Kodim Batu Aji, didepan warga dan Lurah Buliang, Drs Kasenda, Wakil Walikota berjanji akan membicarakan dalam waktu dekat, solusi penanganan banjir pada wilayah perumahan tersebut dengan Komandan Kodim 0316 Batam.(*)

One thought on “Wawako Tinjau Lokasi Banjir di Taman Asri Sekupang

  1. Ass, wr,wb.
    Pak Ria , yusran turut empati dengan apayang di alami oleh warga taman asri sekupang,
    Hal ini bisa terjadi dari beberapa aspek al;
    1. Tidak adanya perencanaan yang terintegrasi antara pembangunan ruko golden view dengan lingkungan , sehingga cut and fill dilakukan tanpa memperhatikan drainase dan elevasi tanah di sekitar perumahan warga.
    2. Master plan drainase kota bahkan pulau batam , belum ada , hal ini juga terjadi di batam center , sekitar lokasi gedung dispenda dan gedung dinas pemko batam yang sedang di bangun , sehingga pada saaat terjadi hujan lahan di sekitar gedung gas negara juga terjadi banjir.
    3. Perlu tinjauan mengenai tata ruang kota , peruntuk
    an tata ruang sehingga penggunaan lahan dapat diatur sesuai peruntukannya.
    4. Regulasi dari pemerintah kota batam akan perizinan bangunan perlu dipertegas mengenai peruntukan lokasi, Garis Sempadan Bangunan, Kepadatan bangunan dan ketinggian bangunan,
    5. Untuk mengurangi banjir dapat juga di berlakukan peraturan bagi pengembang membuat pond atau resapan air hujan dalam batasan luas lahan tertentu.
    Demikian masukan saya , pak ria selamat bertugas,
    wassalam
    yusran .
    ——
    Assalammu ‘alaikum Pak Yusran,
    Luar biasa, masukan-masukannya selalu bagus dan comprehensive… sy tertarik sekali itu ide membuat Pond, nampaknya masih jarang/belum ada di Batam.
    Sy akan jadikan masukan ini untuk bahan r apat internal pemko.
    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: