Kepsek Jangan Selewengkan Dana SBPP, Rp27 Ribu Per Murid

Senin, 17 Maret 2008
BATAM CENTRE-Wakil Walikota Batam Ria Saptarika mengingatkan Kepala Sekolah (Kepsek) untuk tidak menyelewengkan dana Sumbangan Bantuan Penyelenggaran Pendidikan (SBPM), sebesar Rp27 ribu per murid. Karena itu sebut Ria, sebelum dana yang dianggarkan sekitar Rp5,5 miliar melalui APBD Kota Batam tahun 2008 dikucurkan kepada 125 sekolah, seluruh kepsek harus dikumpulkan terlebih dahulu untuk mendapat penjelasan secara detail. Bahwa dana SBPP adalah untuk mendukung kelancaran kegiatan operasional sekolah.”Pihak sekolah dilarang keras untuk menyalahgunakan dana bantuan murid ini. Saya tidak mau kepsek menyalahgunakan wewenangnya dengan melakukan tindak korupsi. Jika dana ini untuk kelancaran operaional sekolah, gunakan sesuai fungsinya,” ujar Ria.

Namun diakui Ria, hingga saat ini dirinya memang belum mengetahui secara rinci terkait pendistribusian dana SBPP tersebut. Untuk itu, dirinya akan melakukan pertemuan dengan Dinas Pendidikan (Diknas) Kota Batam terkait informasi lebih lengkap lagi.

Jika memang kedapatan ada kepsek maupun guru lainnya yang menyalahgunakan wewenang, Ria mengatakan dirinya tidak segan-segan untuk memberikan sanksi secara tegas. Ssuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Adanya bantuan dana seperti ini, menjadi salah satu dukungan kepada masyarakat Batam untuk merasakan pendidikan. Karena kita sadari, masih banyak masyarakat Batam yang kurang mampu, sehingga akan sangat terbantukan dengan adanya dana seperti ini. Kita menginginkan tidak ada anak yang putus sekolah. Terlebih lagi tidak sekolah,” kata Ria menegaskan.

Sementara itu, Kepala Diknas Kota Batam Muslim Bidin menyebutkan paling lambat awal April 2008 mendatang sudah bisa dikucurkan dana SBPP untuk 125 sekolah itu. Dimulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA sederajat.

SBPP Kota Batam ini akan disalurkan setiap bulannya secara langsung ke sekolah bersangkutan, selama satu tahun. Untuk bulan Januari-Maret 2008, akan disalurkan sekaligus pada bulan April nantinya. Program ini sudah disalurkan sejak tahun 2007 lalu, hanya saja namanya bukan SPBM. Melainkan beasiswa.

“Tujuan dari program ini tidak lain untuk memajukan dunia pendidikan di Batam. Kita berharap tidak ada lagi anak-anak yang tidak sekolah, hanya karena berasal dari keluarga yang tidak mampu. Itu tujuan pemerintah menganggarkan bantuan ini,” kata Muslim. (sm/ra)

One thought on “Kepsek Jangan Selewengkan Dana SBPP, Rp27 Ribu Per Murid

  1. Kinerja Kepala sekolah salah satu SD di Sekupang Batam sangat jelek pak Sapta, masak kepala sekolah jarang masuk jadi kami ingin menemui beliau aja susah sekali spt mau jumpa Presiden aja, tolong dibenahi pak karena sptnya Kadis Diknas Batam Bpk. H. Muslim Bidin tau tapi tdk pernah bertindak, mungkin KKN kali ….. kalau memang ada Kepala sekolah yg jarang masuk berarti dia tidak mampu memimpin sekolah tsb kenapa masih dipertahankan lagi, seharusnya mutasi saja pak, bila perlu Muslim Bidin nya mMUTASI sekalian karena dia juga memang tidak mampu memimpin DIKNAS Kota BAtam !!!!!!
    ———–
    Hi Mas Rino,
    Terimakasih atas masukannya, mestinya anda menyebutkan SD berapa nya, sehingga dapat kami tindak lanjuti.

    Thanks & Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s