KBIH Tetap Rekrut JCH untuk Manasik Haji

Selasa, 18 Maret 2008
Pasca Surat Teguran Depag Batam
BATAM (BP) – Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang ada di Kota Batam tetap merekrut calon jamaah haji (JCH) untuk dibimbing manasik (bimbingan) haji, meski ada surat teguran yang dikeluarkan Departemen Agama (Depag) Kota Batam yang melarang KBIH melakukan aktivitas tersebut, sehubungan dengan masa berlaku izin KBIH yang ada di Batam habis.Seperti diketahui, di Batam ada tujuh KBIH, yakni LIPA, Al Hasani, Baitul Hikmah, Al-Quswah Cemerlang, Al-muna Nahdatul Ulama, Ar Ridho dan Aisyyah. Rata-rata KBIH tersebut telah eksis dalam melaksanakan manasik (bimbingan) ibadah haji kepada para calon jamaah haji.
KBIH tetap melaksanakan aktivitas manasik haji itu, setelah konsultasi dengan Kasubdit Bimbingan Jamaah Depag RI Asnawi Muhammadiyah, saat KBIH LIPA (Lembaga Ilmu Pengetahuan Al-quran) mengundangnya dalam sebuah acara diskusi di Hotel lanet Holiday Batam beberapa waktu lalu.
“UU yang mengatur tentang haji tidak melarang KBIH melakukan manasik haji bagi para calon haji.

UU-nya juga belum diamandemen, sehingga tidak ada alasan Depag Kota Batam melarang KBIH melakukan manasik haji, apalagi keberadaan KBIH selama ini sangat membantu kelancaran pelaksanaan ibadah haji, mulai dari tanah air hingga ke tanah suci, bahkan sampai kembali lagi ke tanah air,” ujar Ketua Umum KBIH LIPA Kastalani, kepada Batam Pos, Sabtu (15/3).
Kastalani juga mengungkapkan, surat teguran yang dilayangkan oleh Depag menjadi tanda tanya, karena secara resmi surat itu tidak dilayangkan ke masing-masing KBIH. KBIH baru mengetahui dari beberapa jamaah yang menemukan surat tersebut.
Jika masa berlaku izin KBIH dianggap habis sehingga tidak bisa lagi merekrut jamaah, Kastalani mengatakan, hal itu keliru. Karena, tidak ada larangan dari pemerintah pusat (Depag RI). Manasik haji masih tetap boleh dilakukan, sambil proses perpanjangan izin dilakukan.
“Proses perpanjangan izin sudah kita lakukan, dan beberapa tahun lalu tidak ada masalah. Tahun ini sudah kita perpanjang, tapi rekomendasi Kanwil Depag Provinsi Kepri yang lambat, padahal syarat sudah lengkap. Kami sudah mendatangi Depag Pusat, mereka mengizinkan kami tetap jalan (tetap melakukan manasik, red) sembari proses perpanjangan izin dilakukan. Jadi sekali lagi, tak ada dasar melarang KBIH melakukan manasik haji,” ungkap Kastalani.
Ia menyangkan beredarnya surat teguran itu ke masyarakat, khususnya calon jamaah haji, karena meresahkan JCH. Padahal, manasih haji itu sangat penting untuk mempersiapkan jamaah menjalani ibadah haji.
“Perlu diingat juga bahwa KBIH di Batam tak pernah ada masalah. Contohnya KBIH LIPA, musim haji tahun lalu mendapatkan pengakuan dari Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika dan sekitar 250 JCH lainnya yang dimbimbing bahwa kinerjanya membimbing jamaah sangat baik,” ungkap Kastalani.
Terkait kisruh surat teguran tersebut, KBIH LIPA sudah melayangkan surat ke Menteri Agama. Tak hanya itu, KBIH LIPA juga tengah mempersiapkan gugatan (PTUN) atas surat teguran Depag Kota Batam tersebut yang dinilai meresahkan calon jamaah haji dan merugikan KBIH.
Terkait manasik haji yang akan diambil alih oleh Departemen Agama, Kastalani mengungkapkan, rencana itu memang ada. Kasubdit Bimbingan Jamaah Haji Depag Pusat Asnawi Muhammadiah juga membenarkan hal itu. Rencana itu dalam rangka meningkatkan peran aktif Kator Urusan Agama (KUA) di seluruh Indonesia hingga tingkat kecamatan. Namun, manasik haji itu tidak gratis, semua biaya yang timbul dari bimbingan ibadah haji yang rencananya digelar Depag, dibebankan kepada JCH. (nur)

Advertisements

One thought on “KBIH Tetap Rekrut JCH untuk Manasik Haji

  1. bumiputera syariah pekanbaru memiliki program mitra mabrur+talangan haji. mendapatka porsi keberangkatan haji juga memiliki nilai investasi dan proteksi jiwa calon jamaah haji.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s