Malaysia Tawarkan Teknologi Informasi

Kamis, 20 Maret 2008BATAM, TRIBUN – Fakultas Ilmu Komputer dan Konsultan Informasi Teknologi (IT) Universitas Teknologi Malaysia (UTM) Johor Bahru menawarkan sistem e-government kepada Pemko Batam. Sistem tersebut menyerupai sistem yang dipasang di Dewan Banda Raya Kuala Lumpur dan portal resmi Departemen Pertahanan (Dephan) Negara Kerajaan Malaysia.

Dalam pertemuannya dengan Wakil Wali Kota Batam Ria Saptarika di Pemko Batam, Selasa (18/3), mereka ingin mengembangkan jaringan e-gov Pemko Batam.

Ria Saptarika menyambut baik gagasan yang disampaikan konsultan IT UTM tersebut. Pertemuan yang berlangsung di kantor pemko Batam itu dihadiri Kepala Badan Kominfo Kota Batam, Muramis SE, Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Sadri Kairuddin serta Kepala Dinas Perindag Ahmad Hijazi serta Kabag Humas Pemerintah Kota Batam Yusfa Hendri. Sedangkan dari pihak UTM terdiri dari Prof Hannan, Dr Hariluddin dan Raja Khairuddin.

“Framework yang kami tawarkan ini sudah diimplementasikan sesuai standard informasi strategis di Malaysia. Khusus pengembangan e-gov di Batam, kami siap untuk mengubah dan menyesuaikannya dengan kepentingan sektor swasta yang ada di daerah ini,” jelas Mohammad Isa bin Desa, konsultan IT UTM di Johor Bahru Malaysia.

“Malaysia butuh waktu lima tahun untuk mengubah perilaku masyarakatnya. Tapi karena sedikit dipaksa, akhirnya, sistem ini telah begitu familiar digunakan. Termasuk dalam transaksi bisnis, izin kerajaan, keimigrasian, kepolisian, hingga data kependudukan warga negara Malaysia,” jelas Isa.

Setelah menerima berbagai masukan yang disampaikan, Wakil Wali Kota mengaku puas atas penjelasan yang disampaikan pakar IT UTM. Bahkan Ria menyebutkan bahwa komitmen pemerintah daerah sudah cukup jelas dan tegas, karena sesuai visi, bersama Wali Kota bertekad untuk menjadikan Batam sebagai Bandar Madani berbasis IT dan terintegrasi dengan sistem pengembangan wilayah.

“Saya berterimakasih atas masukan Anda. Soal komitmen itu jelas. Kami akan memantapkan bidang ini, minimal dalam peningkatan kualitas pelayanan publik. Kendala yang berat itu hanya soal kemampuan anggaran dan kemampuan SDM saja,” sebut Ria.(hat)

4 thoughts on “Malaysia Tawarkan Teknologi Informasi

  1. Pak Ria
    Penawaran ini gratis atau ada proyek pengadaan perangkat lunak ? Klo uda berbicara proyek pasti kaintannya sama budget dan APBD. Mohon diperjelas komitmen dan visi Batam sebagai kota cyber yang sering didengung2kan.
    Kampus dari malaysia nawaring product IT, lha dari kampus indonesia mana nich ?
    ———-
    Hi Pak Younan, apa kabar?
    BTW: Menanggapi commentnya… ya kedua-duanya tuh jawabnya… sharing pengalaman dan juga menawarkan kerjasama consultant secara profesional.🙂
    Thanks & Wassalam
    Ria

  2. Salam Pak Ria..

    Ini postingan saya yg pertama di Blog Bapak.
    Moga2 terus berlanjut Postingan saya🙂

    Kalau saya adain proyek pengadaan perangkat lunak juga ke Pemko Batam bagaimana..

    Bisakan.. gak kalah kok sama Universitas Teknologi Malaysia.😉

    Hidup Batam dengan E-Goverment nya

  3. Pak Ria di dalam website nya sisipin dong lowongan pekerjaan…………
    dan juga cara belajar IT.

    ten-kyu pak……………..ria
    ———–
    Hi Utuh, Terimakasih atas masukannya!🙂
    Inysa Allah nanti kalau ada.

    Wassalam
    Ria

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s